5 Cara Mengatasi Laptop Macet Hang Tidak Bergerak Saat Baru Dinyalakan

5 Cara Mengatasi Laptop Macet Hang Tidak Bergerak Saat Baru Dinyalakan
5 Cara Mengatasi Laptop Macet Hang Tidak Bergerak Saat Baru Dinyalakan
Cara Mengatasi Laptop Macet Hang Tidak Bergerak Saat Baru Dinyalakan. Laptop adalah salah satu barang paling berharga bagi kebanyakan orang. Dari orang dewasa, hingga remaja, hari ini telah menggunakan laptop sebagai salah satu barang harian paling penting untuk kegiatan sehari-hari mereka. Berbagai pekerjaan dapat dilakukan dengan laptop, ditambah dengan kemudahan dibawa kemana-mana, membuat laptop menjadi satu perangkat yang tidak mungkin dipisahkan dari kehidupan kebanyakan orang saat ini.

Jika laptop Anda hang ketika hanya dihidupkan, dan itu sering terjadi, itu akan sangat mengganggu dan dapat menghambat pekerjaan yang harus Anda lakukan. Apakah Anda sudah bekerja atau masih dalam masa belajar, tentu saja Anda harus bisa mengatasi masalah yang mungkin menghantam laptop Anda. Karena itu, Anda juga perlu tahu cara mengatasi laptop hang ketika baru dihidupkan. Dengan mengetahui hal ini, tentunya Anda dapat mengurangi biaya layanan serta mendapatkan wawasan baru yang lebih matang tentang laptop Anda dan cara merawatnya.
5 Cara Mengatasi Laptop Macet Hang Tidak Bergerak Saat Baru Dinyalakan

Oleh karena itu, dalam artikel berikut ini kami akan membahas beberapa cara untuk mengatasi laptop hang ketika Anda baru saja menyalakannya yang dapat Anda lakukan secara mandiri atau dengan bantuan beberapa orang seperti saudara perempuan atau saudara Anda untuk membantu membongkar atau mengatasi kerusakan yang dialami oleh laptop Anda. Pada dasaranya cara mengatasi laptop tidak berbeda dengan cara mengatasi kesalahan laptop yang memuat sistem operasi atau cara mengatasi laptop restart secara terus-menerus Windows 10, atau bisa juga cara mengatasi laptop yang macet di logo. Beberapa cara untuk mengatasi laptop hang saat baru dihidupkan, antara lain sebagai berikut.

1. Masuk ke mode aman/ safe mode

Jika sistem operasi yang Anda gunakan di laptop Anda adalah sistem operasi Windows, maka salah satu cara untuk mengatasi laptop yang hang saat baru dihidupkan dengan masuk ke mode aman. Mode aman adalah opsi untuk mengaktifkan sistem operasi hanya dengan menggunakan driver dan aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan untuk memulihkan atau memulihkan Windows Anda ke keadaan yang baik. Memasuki mode aman, terkadang itu bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin menyelesaikan masalah ketika laptop hang hanya dihidupkan, terutama disebabkan oleh driver yang tidak sesuai atau kerusakan pada file Windows yang perlu diperbaiki dengan menggantinya dengan file baru.

2. Menguninstall driver yang tidak cocok

Driver yang tidak sesuai dengan jenis sistem operasi dan juga perangkat keras yang terpasang di laptop Anda dapat menyebabkan masalah macet ketika dinyalakan. Oleh karena itu, jika laptop Anda hang ketika baru dinyalakan karena driver yang tidak cocok, maka cara mengatasinya adalah mencopot driver yang tidak sesuai dari laptop Anda. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan untuk menghindari masalah ini adalah mencari tahu laptop mana yang cocok dengan driver yang ingin Anda instal, atau dengan kata lain tahu bagaimana menemukan laptop atau komputer yang benar.

Untuk menemukan driver yang tidak cocok, cara melakukannya adalah dengan melihat Device Manager, perangkat apa pun dengan tanda baca atau tanda silang atau tanda khusus lainnya yang menunjukkan bahwa driver yang diinstal tidak sesuai atau bahkan tidak ada driver yang diinstal untuk perangkat keras tersebut. Anda juga dapat mengingat tentang driver apa pun yang Anda instal sebelumnya, yang menyebabkan laptop Anda hang ketika baru dihidupkan. Menghapus driver yang tidak cocok adalah salah satu cara untuk mengatasi laptop yang hang ketika dihidupkan, yang dapat Anda coba.

3. Menginstal ulang sistem operasi

Jika laptop Anda hang ketika dihidupkan, dan muncul kesalahan yang pada dasarnya menunjukkan bahwa Windows Anda telah rusak karena beberapa file Windows yang rusak dan semacamnya, ini menunjukkan bahwa Anda perlu memperbaiki file Windows yang rusak sehingga Windows Anda dapat berjalan kembali dengan normal .

Masalahnya, tidak jarang restorasi tidak bisa dilakukan dengan benar, bahkan jika berhasil, tetap tidak bisa menyelesaikan masalah Windows yang hang ketika baru dihidupkan. Oleh karena itu, cara yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang hang ketika hanya dihidupkan dengan sistem operasi Windows adalah menginstal ulang. Meskipun penginstalan ulang cukup lama dan mungkin terlihat rumit, tetapi ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah laptop yang menggantung saat baru dihidupkan.

4. Mengganti RAM

RAM atau Random Access Memory adalah salah satu perangkat keras yang dibutuhkan laptop Anda untuk bekerja dengan maksimal. Kerusakan RAM, akan membuat kerja sistem laptop Anda menjadi terhambat. Bahkan RAM yang rusak akan membawa banyak masalah, seperti laptop yang sering error, komputer sering hang, dan sebagainya. Oleh karena itu, jika laptop Anda sering hang saat baru dihidupkan, salah satu hal yang mungkin terjadi saat itu adalah karena RAM yang rusak, dan ketika diakses atau digunakan oleh prosesor Anda tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga hang.

Jika sudah pasti bahwa komputer Anda rusak dalam RAM, maka hal yang perlu Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah adalah dengan mengganti RAM yang terpasang di laptop Anda. Anda tidak perlu khawatir, karena mengganti atau memasang RAM relatif mudah, sedangkan harga RAM saat ini juga relatif murah. Anda dapat mempelajarinya sendiri dari berbagai tutorial yang ditemukan di internet sesuai dengan jenis laptop yang Anda miliki. Dengan mengganti RAM, maka laptop Anda yang hang saat baru dinyalakan, jika benar-benar disebabkan oleh masalah RAM yang sudah rusak, pasti akan dapat berjalan lancar seperti yang Anda harapkan.

5. Mengganti penyimpanan atau storage (HDD/SSD)

Selain masalah RAM, laptop yang sering mengalami kesalahan juga bisa disebabkan karena masalah dalam penyimpanan data yang dimiliki oleh laptop Anda. Penyimpanan data yang dimaksud mengacu pada media penyimpanan dalam bentuk hard drive atau SSD yang umum digunakan saat ini di laptop, termasuk salah satunya mungkin laptop Anda. Masalah pada satu bagian hard drive atau SSD dapat menyebabkan masalah saat membaca data, jadi pada suatu titik, masalahnya sampai menyebabkan laptop Anda hang ketika dihidupkan.

Untuk memeriksa kesehatan HDD atau SSD Anda, Anda dapat menggunakan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan Anda dapat mengunduhnya kapan saja dan kemudian menggunakannya untuk melihat apakah HDD atau SSD Anda rusak atau tidak. Jika yakin bahwa HDD atau SSD Anda rusak, maka apa yang perlu Anda lakukan selanjutnya tentu saja untuk menggantikannya dengan perangkat penyimpanan baru sehingga Anda dapat mengatasi laptop yang hang ketika baru dihidupkan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop hang ketika Anda baru saja menyalakan yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Tapi ingat jika yang rusak adalah motherboard, maka Anda harus memperbaikinya dengan memperbaiki motherboard laptop yang sudah mati total atau cara memperbaiki motherboard komputer. Dengan menggunakan beberapa hal di atas, maka masalah laptop Anda yang hang saat bertenaga baru itu pasti bisa diselesaikan dengan baik. Selamat memperbaiki laptop Anda!