5 Cara Mengatasi Layar Hitam (Blackscreen) Pada Laptop Windows Terbaru Paling Mudah

Layar hitam yang muncul di Windows 8 atau sistem operasi Windows lainnya, adalah salah satu jenis masalah yang mungkin dialami oleh pengguna sistem operasi Windows 8. Jika tidak ditangani dengan cara yang benar, tentu ini akan mengganggu proses penggunaan komputer. menginstal sistem Windows. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa hal terkait dengan layar hitam yang muncul pada Windows 8, termasuk tentang apa penyebabnya serta cara mengatasinya.

Apakah Anda sudah tahu apa yang menyebabkan Windows 8 memunculkan layar hitam atau bagaimana memecahkan masalah? Jika Anda tidak mengetahuinya, tenang saja. Dengan membaca artikel yang satu ini sampai akhir, Anda akan memiliki pengetahuan baru tentang apa yang menyebabkan munculnya layar hitam pada laptop Windows 8 serta bagaimana menyelesaikan masalah dengan mudah dan tepat. Tentu saja jika alasannya adalah karena kerusakan pada perangkat layar, Anda mungkin perlu bantuan dari orang lain.
5 Cara Mengatasi Layar Hitam (Blackscreen) Pada Laptop Windows Terbaru Paling Mudah

Tanpa perbaikan lagi, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8?

Penyebab Layar Hitam

Ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu tentang penyebab laptop layar hitam di Windows 8. Dengan mengetahui apa yang menyebabkan layar laptop jadi hitam, maka kita dapat menghindari munculnya masalah layar hitam pada laptop sekaligus mengantisipasi jika beberapa gejala atau penyebab yang kita alami. Dengan demikian, kita dapat mencegah terjadinya layar hitam pada laptop Windows 8 yang kita miliki dengan cara yang mudah dan tepat.

Adapun beberapa jenis penyebab layar hitam atau penyebab layar laptop kosong di Windows 8 diantaranya adalah:

  • Monitor rusak
  • Driver VGA bermasalah
  • Kesalahan sistem Windows
  • Kabel konektor layar rusak
  • Pin konektor rusak
  • RAM rusak
  • HDD rusak
  • Aplikasi macet atau error

Itulah beberapa alasan mengapa layar hitam dapat muncul di Windows 8.

Cara Mengatasi Layar Hitam

Lalu bagaimana cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8? Bagi Anda yang mengalami masalah ini, beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8 antara lain sebagai berikut:

1.Mengganti monitor

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah layar hitam pada Windows 8 adalah mengganti layar laptop. Memang ini akan membutuhkan banyak uang serta upaya yang sulit, oleh karena itu baik jika Anda menggunakan para ahli untuk melakukannya, kecuali Anda memiliki kemampuan untuk melakukannya.

Mengganti layar perlu dilakukan jika tata letak Anda yang rusak. Untuk mendeteksi apakah layar Anda rusak atau tidak, Anda dapat membawanya ke bengkel terdekat untuk melihat kondisi fisiknya secara langsung. Dengan demikian Anda bisa tahu pasti apakah layar laptop Anda rusak.

2. Mengubah konektor / pin layar laptop

Ada kalanya kerusakan adalah konektor layar laptop yang Anda miliki. Ini bisa terjadi karena kondisi konektor layar rusak secara fisik akibat benturan, terjepit, dan sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu menggantinya sehingga dapat terhubung kembali dengan benar di layar laptop Anda. Jika ini sudah diatasi, maka kemungkinan besar layar laptop Anda akan pulih dan bisa berfungsi seperti biasa. Dengan cara ini Anda juga dapat menggunakan sebagai cara untuk memperbaiki layar laptop bergaris Anda.

3. Menginstal ulang Windows

Dalam beberapa kasus, layar laptop yang menghitam adalah hasil dari sistem Windows 8 yang rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakannya misalnya karena file sistem yang rusak, kerusakan driver, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah menginstal ulang Windows 8. Dengan melakukan ini, maka Anda bisa mendapatkan sistem Windows yang bersih dan baik seperti biasanya. Metode ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7.

4. Ganti RAM atau HDD

Penyebab lain dari layar hitam pada laptop Windows 8 adalah karena RAM rusak atau masalah HDD. Jika RAM rusak, maka prosesor tidak akan dapat memproses input dengan benar, HDD yang rusak juga membuat sistem tidak dapat membaca file sistem Windows dengan benar, sehingga yang terjadi adalah layar-kosong yang dapat menunjukkan bahwa tidak ada input pada prosesor atau tidak ada sistem yang dapat dimuat oleh komputer Anda saat itu.

Untuk memeriksa apakah RAM atau HDD rusak atau tidak, Anda dapat melakukannya dengan memasukkan RAM atau HDD ke laptop lain. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah RAM atau HDD Anda rusak atau tidak cepat. Jika Anda tidak memiliki laptop lain, maka Anda dapat membawanya ke tukang servis terdekat. Masalah ini juga bisa menjadi salah satu masalah yang menyebabkan laptop tidak mau menyalakan lampu indikator hanya berkedip.

Jika masalah ini Anda hadapi, maka tidak ada cara lain selain mengganti RAM atau HDD yang sudah rusak. Ada banyak jenis RAM dan HDD yang dapat Anda pilih di luar sana, jadi keputusan untuk memilih RAM atau HDD yang akan Anda pilih tentu saja merupakan keputusan yang harus Anda pilih secara mandiri.

5. Menginstal ulang driver VGA

Jika penyebab layar yang menghitam adalah karena driver VGA yang tidak cocok atau rusak, maka Anda dapat memperbaikinya dengan menginstal ulang driver VGA yang Anda miliki. Dengan melakukan ini, Anda dapat memperbaiki driver VGA yang rusak agar dapat berfungsi kembali dengan benar. Tapi ingat, Anda harus memastikan bahwa yang rusak bukan layarnya, dengan memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah fitur karakteristik dari lcd laptop yang rusak.

Jika Anda tidak dapat menggunakan komputer sama sekali karena layar kosong ketika Anda memasuki Windows, maka Anda dapat mencoba untuk memperbaiki layar Anda dengan masuk ke mode aman Windows 8 yang dapat Anda akses dengan menekan F8 atau mengganggu selama boot ke Windows. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang mode aman di artikel lain. Pada prinsipnya, dengan masuk ke mode aman, Anda dapat menonaktifkan driver yang rusak dan kemudian menghapusnya untuk masuk ke Windows dan kemudian menginstal driver baru dengan cara yang benar.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8 yang dapat Anda lakukan. Semoga dengan beberapa cara di atas Anda dapat mengatasi masalah layar laptop yang rusak dengan lebih mudah dan tepat ya. Tentunya Anda dapat meminta bantuan dari para ahli yang sudah memiliki bukti bahwa ia adalah ahli untuk mengatasi masalah layar laptop yang rusak jika Anda tidak bisa atau tidak sempat menyelesaikan masalah layar laptop Anda secara mandiri.

Semoga layar laptop Anda akan berfungsi kembali segera, selamat atas peningkatan komputer Anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel