5 Cara Menghapus Virus Autorun.inf, RECYCLER, dan shortcut Secara Permanen

Virus Autorun.inf, RECYCLER, dan shortcut adalah salah satu jenis virus yang paling sering menginfeksi atau menyerang berbagai komputer dan flash. Virus yang satu ini biasanya akan membuat folder menjadi terhidden, berbagai shortcut muncul di flash yang tidak jelas, menginfeksi segera setelah flash dimasukkan dan menjalankan fitur autorun, dan lain sebagainya. Karena itu, virus yang satu ini cukup mengganggu dan harus dihapus secara permanen.

Apakah Anda sudah tahu cara menghapus virus autorun secara permanen? Jika Anda tidak mengetahuinya, maka beruntung karena dalam kesempatan ini kita akan membahas cara menghapus virus autorun secara permanen! Jadi, tentu saja Anda akan tahu cara menghapus virus autorun secara permanen dan dapat menerapkannya untuk membasmi virus autorun yang mungkin telah menginfeksi laptop, komputer, dan flash yang Anda miliki.
5 Cara Menghapus Virus Autorun.inf dan shortcut Secara Permanen

Menghapus VirusAutorun.inf, RECYCLER, dan shortcut Secara Permanen

Bagaimana cara menghapus virus autorun secara permanen dari laptop, komputer atau flash yang Anda miliki? Berikut beberapa cara alternatif untuk menghapus virus autorun yang mungkin Anda coba.

1.Menggunakan beberapa antivirus

Satu antivirus mungkin dapat mengatasi satu jenis virus yang memanfaatkan fitur autorun. Namun, agar Anda memastikan bahwa virus autorun telah dihapus ke root, Anda dapat menginstal berbagai aplikasi atau perangkat lunak antivirus / antimalware dan seterusnya untuk memindai virus yang terdapat di flashdisk atau laptop dan komputer Anda.

Walaupun cara ini membutuhkan banyak modal, dalam arti perlu menginstal aplikasi, mengunduh, dan tentu saja mengambil ruang kosong pada hard drive Anda dengan cukup banyak, tetapi cara ini bisa menjadi salah satu alternatif jika Anda benar-benar ingin memastikan kebersihan laptopmu dari berbagai virus termasuk virus autorun secara permanen.

Anda tidak perlu menginstal semua aplikasi antivirus yang tersedia di internet, cukup pilih sekitar tiga yang terbaik untuk menentukan apakah masih ada virus di laptop Anda atau flash atau tidak.

2. Memformat ulang flashdisk

Cara selanjutnya diklasifikasikan sebagai cara yang sederhana namun cukup efektif, terutama jika virus di flashdot Anda belum pindah ke laptop. Dengan kata lain, cara ini adalah cara yang sangat bagus untuk menghapus virus yang hanya menginfeksi flashdisk yang Anda miliki.

Memformat ulang flash dapat menghapus file virus yang ada di flash secara permanen. Jika Anda ingin lebih pasti, Anda juga dapat menulis ruang kosong pada flash dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti CCleaner untuk membuat ruang kosong pada flash Anda benar-benar kosong. Dengan kata lain, semua data dalam flashdisk akan dihapus sampai benar-benar dimasukkan dalam tabel partisi sebelumnya.

Jadi, cara menghapus virus autorun secara permanen yang satu ini cukup efektif untuk digunakan dalam menghapus virus autorun yang hanya tinggal di flash saja. Dalam konteks lain, Anda juga dapat melakukan hal yang sama, tetapi perlu diketahui bahwa cara yang satu ini akan membuat semua file pada drive yang Anda format akan hilang dan tidak dapat dipulihkan lagi.

3. Membuat flashdisk kebal virus dengan CMD

Cara membuat virus imun flash dengan CMD telah dibahas di artikel sebelumnya. Namun, yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah bahwa satu langkah ini digunakan untuk membuat flash Anda kebal dari virus autorun setelah Anda menghapus virus autorun. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa cara ini termasuk salah satu cara yang harus Anda lakukan paska menghapus virus autorun dalam upaya memastikan bahwa virus autorun tidak akan menyerang balik flashdisk yang Anda miliki. Cara menghapus virus dengan CMD juga bisa Anda lakukan sebelum membuat flashdisk Anda kebal dari virus.

Sebelumnya Anda juga bisa langsung membuat flash imun terhadap virus meskipun masih ada file yang ada di flashdisk Anda. Ini karena untuk membuat flash sehingga kebal terhadap virus autorun, kita tidak perlu menjadikan flashdisk menjadi kosong terlebih dahulu. Hanya perlu dicatat bahwa jika virus telah menginfeksi autorun, maka Anda harus membasmi atau menghapus folder autorun yang telah dibuat oleh virus terlebih dahulu sehingga Anda dapat membuat folder baru yang bebas dari virus. Dengan demikian flashdisk yang Anda miliki bisa menjadi lebih kebal dari berbagai serangan virus yang mungkin dialami. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencoba cara membuat flash menjadi antivirus ya.

4. Menonaktifkan fitur autorun

Untuk membuat flashdisk yang Anda miliki dapat kebal dari virus autorun, salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah menonaktifkan fitur autorun pada Windows atau pada flashdisk yang Anda miliki. Dengan menonaktifkan fitur autorun, virus tidak akan dapat memanfaatkan fitur autorun untuk menjalankan aksinya. Dengan demikian, secara tidak langsung kita telah berhasil membuat flash atau laptop yang kita miliki kebal dari virus autorun.

Dengan cara ini, kita dapat menghapus folder-folder yang berkaitan dengan autorun virus secara permanen karena folder tersebut tidak akan langsung terbuka di belakang layar, dan kita bisa mengedit sebebasnya.

5. Instal ulang

Cara berikutnya untuk menghapus virus autorun secara permanen adalah menginstal ulang sistem operasi Anda. Menginstal ulang sistem operasi yang Anda miliki tentu membutuhkan kerja keras dan waktu yang lama. Namun, dengan menginstal ulang sistem operasi Anda, semua file virus autorun, terutama yang ada di folder atau drive C: tempat Anda menginstal Windows, akan dihapus secara permanen.

Namun, penting untuk menyadari bahwa cara yang satu ini tidak akan menyebabkan virus pada drive lain selain dari drive di mana instalasi Windows Anda akan dihapus. Jadi, virus yang berada di hard drive, flash, atau drive lainnya, Anda harus menghapus lagi dengan cara lain. Baru setelah itu laptop atau flash yang Anda miliki, bisa bebas dari virus autorun yang telah mengganggu Anda. Cara yang sama dapat Anda gunakan sebagai cara menghapus shortcut virus lo.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk menghapus virus autorun secara permanen yang dapat Anda coba untuk menghapus virus autorun yang telah menginfeksi laptop, komputer, atau flash yang Anda miliki. Namun, jangan lupa bahwa tidak peduli seberapa baik Anda menghapus virus autorun secara permanen, itu tidak akan begitu penting jika Anda terus memiliki infeksi virus autorun. Karena itu, Anda harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat agar virus autorun tidak lagi menyerang laptop atau flash yang Anda miliki. Jika itu menyerang laptop atau komputer Anda tidak hanya virus autorun tetapi trojan, Anda juga perlu mengetahui cara menghapus trojan virus secara manual ya.

Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu Anda untuk menghapus virus autorun secara permanen ya. Selamat mencoba menghapus virus autorun yang menginfeksi laptop Anda!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel