5 Cara Menginstal Microsoft Office Di Laptop Dan Komputer

5 Cara Menginstal Microsoft Office Di Laptop Dan Komputer
5 Cara Menginstal Microsoft Office Di Laptop Dan Komputer
Cara Menginstal Microsoft Office Di Laptop Dan Komputer. Microsoft Office adalah paket perangkat lunak perkantoran yang dikembangkan oleh Microsoft (sebenarnya selain perangkat lunak Microsoft Office juga menyediakan layanan dan server). Selama bertahun-tahun, Microsoft Office telah tumbuh secara substansial, pada 10 Juli 2012 dilaporkan bahwa Microsoft Office digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Microsoft Office diproduksi dalam beberapa versi yang ditargetkan untuk pengguna akhir dan lingkungan komputasi yang berbeda. Versi asli, dan yang paling banyak digunakan, adalah versi desktop, tersedia untuk komputer yang menjalankan sistem operasi Windows dan macOS. Versi desktop terbaru adalah Office 2016 untuk Windows dan macOS, dirilis pada 22 September 2015 dan 9 Juli 2015.

Microsoft Office 2016 termasuk paket Word, PowerPoint, Excel, Access, Publisher, dan lebih banyak aplikasi, cocok untuk berbagai kebutuhan seperti membuat brosur dengan membuat brosur dengan Microsoft Word, daftar isi dokumen dengan membuat daftar isi di Microsoft Word, membuat presentasi yang menarik dengan Microsoft PowerPoint, membuat database dengan Microsoft Access dan sebagainya ..
5 Cara Menginstal Microsoft Office Di Laptop Dan Komputer

Apakah Anda tertarik menggunakan Microsoft Office 2016 di komputer Anda? Di sini kami membahas cara menginstal Microsoft Office 2016, dalam diskusi ini kami menganggap Anda sudah memiliki file penginstal Microsoft Office 2016, jika tidak silakan dapatkan Microsoft Office 2016 CD / DVD dari distributor resmi Microsoft langsung atau online, Anda juga dapat mengunduh file (biasanya ISO diformat) dari situs web resmi Microsoft atau situs lain yang didukung oleh Microsoft.

1. Untuk kinerja optimal, pastikan komputer Anda memenuhi Persyaratan Sistem

Kebutuhan Sistem adalah spesifikasi sistem yang harus diisi untuk dapat menginstal perangkat lunak, sama seperti ketika Anda ingin menginstal Microsoft Office 2016, komputer yang Anda gunakan harus memenuhi persyaratan berikut:


  • Prosesor : minimal 1 gigahertz (GHz) atau lebih dengan arsitektur x86-bit atau x64-bit dengan set instruksi SSE2.
  • Memori : 2 GB atau lebih, dapat bekerja dengan memori 1 GB namun tidak optimal.
  • Hard disk : 3.0 GB atau lebih.
  • Resolusi Layar : 1024 x 768.
  • Fitur Grafik : DirectX 10.
  • Sistem Operasi : Windows 10, Windows 8.1, Windows 8, Windows 7 Service Pack 1, Windows Server 2016, Windows Server 2012 R2, Windows Server 2012, atau Windows Server 2008 R2 (gunakan versi terbaru sistem operasi apa pun untuk hasil terbaik). 
  • Browser : Versi terbaru Internet Explorer, Microsoft Edge, Safari, Chrome, atau Firefox.
  • Versi .NET : Microsoft .NET Framework 3.5 di perlukan, beberapa fitur mungkin juga memerlukan penginstalan .NET 4.0, 4.5, atau 4.6 CLR.
  • Lainnya : Fungsi Internet memerlukan koneksi Internet. Perangkat dengan layar sentuh diperlukan untuk menggunakan fungsionalitas multi sentuh. Namun, semua fitur dan fungsi selalu tersedia dengan menggunakan keyboard, mouse, atau perangkat input standar lainnya. Ingat bahwa fitur sentuh di optimalkan untuk menggunakannya dengan Windows 8, Windows 8.1, atau Windows 10.


2. Jika Anda pernah menginstal Microsoft Office sebelumnya, hapus instalannya terlebih dahulu.

Langkah ini penting, meskipun saya telah mencoba menginstal Microsoft Office 2016 dan Microsoft Office 2010 bersebelahan dalam satu sistem dan tidak memiliki masalah, tetapi disarankan untuk menginstal hanya satu versi Microsoft Office dalam satu sistem.

Jadi jika Anda sebelumnya telah menginstal Microsoft Office 2003 (Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010, atau Microsoft Office 2013), uninstall terlebih dahulu melalui fitur 'Tambah atau Hapus Program' atau perangkat lunak uninstaller favorit Anda.

Restart komputer setelah proses pencopotan selesai jika mungkin, tidak wajib tetapi sangat disarankan. Jika Anda belum pernah menginstal Microsoft Office sebelumnya, lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya.


3. Jika Anda menggunakan installer berformat ISO, extract atau mount terlebih dahulu

Anda dapat menggunakan 7-Zip, WinRAR, WinZIP, dan lainnya untuk mengekstrak file ISO, atau menggunakan Daemon Tool, PowerISO, UltraISO dan perangkat lunak yang serupa untuk me-mount file ISO ke virtual ODD (Optical Disk Drive), pada Windows 10 Anda hanya perlu menggandakan -klik file ISO dan secara otomatis akan dipasang sebagai ODD virtual dengan fitur bawaan Windows 10.

Jika Anda memiliki file penginstal Microsoft Office di folder (terstruktur), lewati langkah ini dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Temukan file setup.exe (atau 'setup' hanya jika ekstensi file tidak ditampilkan) untuk menginstal Microsoft Office

Setup atau setup.exe file dengan logo Office dengan warna oranye, klik dua kali file kemudian klik 'Ya' ketika kotak dialog 'Kontrol Akun Pengguna' muncul, proses instalasi akan dilanjutkan, jendela pertama hanya akan berisi "Instal Sekarang" dan "Coztumize", klik tombol "Instal Sekarang" untuk menginstal versi lengkap Microsoft Office 2016.

Jika Anda ingin menyesuaikan instalasi, klik tombol "Costumize" untuk menghapus bagian apa pun dari paket instalasi Microsoft Office 2016 yang tidak Anda perlukan, misalnya Anda tidak ingin menginstal Microsoft Office Outlook 2016, Microsoft Office Outlook 2016, Microsoft Office Publisher 2016 atau mungkin layanan dari Microsoft Office 2016 yang tidak Anda butuhkan.

Setelah proses instalasi selesai, klik tombol "Tutup" dan Microsoft Office 2016 dapat digunakan, ikuti langkah aktivasi seperti yang diinstruksikan, Anda juga dapat masuk menggunakan Akun Microsoft seperti Outlook.com atau Hotmail.com untuk mendapatkan dukungan penuh dari pihak-pihak Microsoft.

5. Jika Anda tidak memiliki file ISO penginstal Microsoft Office 2016, lakukan stream dari Office.com

Langkah ini dilakukan jika Anda tidak memiliki penginstal file offline (apakah itu file ISO atau folder terstruktur), jika tidak langkah ini sangat efektif untuk memastikan Microsoft Office yang Anda pasang adalah versi terbaru (dengan pembaruan), konsekuensinya apakah internet yang terhubung ke komputer yang bersangkutan harus stabil dan cepat, jika Anda tidak kesulitan dengannya silahkan buka tautan https://products.office.com/en-gb/home.

Unduh penginstal Windows 32-bit atau 64-bit, Anda tahu perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit, pastikan Anda mengunduh versi installer yang sesuai dengan arsitektur sistem operasi yang digunakan komputer (32-bit atau 64 -bit, tidak masalah jika Anda menginstal Microsoft Office 2016 32-bit pada komputer 64-bit, tetapi tidak optimal).

Oh ya, jangan kaget jika file yang Anda unduh relatif kecil, karena ini adalah penginstal klik untuk menjalankan yang berfungsi untuk mengunduh file instalasi dan menginstal Microsoft Office ke komputer Anda langsung dari server Office.com (atau delegasinya) .

Klik dua kali pada file klik-untuk-menjalankan installer yang diunduh untuk mulai mengunduh file yang diperlukan dalam proses instalasi, setelah pengunduhan selesai, Microsoft Office 2016 akan secara otomatis melanjutkan ke proses instalasi di latar belakang, selama proses instalasi Anda masih dapat menggunakan aplikasi di komputer Anda tanpa masalah.

Setelah proses instalasi Microsoft Office 2016 selesai, pesan "Instalasi selesai" muncul, pintas Microsoft Office 2016 akan tersedia di menu mulai, silakan buka salah satu aplikasi Microsoft Office 2016, misalnya Word 2016, saat pertama kali menjalankan Microsoft Office 2016 akan meminta Anda untuk memasukkan "kunci produk".

Jika Anda memiliki kunci produk dari Microsoft untuk Office 2016, silakan masukkan kunci produk Anda, jika tidak Anda dapat menggunakan produk kunci "NKGG6-WBPCC-HXWMY-6DQGJ-CPQVG" untuk mengaktifkan Microsoft Office 2016, sayangnya kunci produk di atas hanya untuk Edisi pratinjau.

Selain itu, beberapa perangkat lunak alternatif kantor gratis dipublikasikan secara luas oleh perusahaan atau organisasi seperti WPS Office Free, OpenOffice, LibreOffice dan banyak lagi, atau Anda dapat menggunakan Pratinjau Microsoft Office 2016 seperti yang dibahas di atas, dan penting untuk Anda mengetahui kelebihan dan kelebihannya. kerugian OpenOffice, LibreOffice atau perangkat lunak alternatif lainnya sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Jadi pembahasan cara menginstal Microsoft Office 2016, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan, walaupun menyediakan beberapa fitur dan / atau edisi gratis tetapi Microsoft Office adalah perangkat lunak berbayar, hindari menginstal Microsoft Office "bajakan" untuk menghindari bahaya penggunaan perangkat lunak bajakan, semoga berhasil, dan sampai jumpa dalam diskusi lain.