6 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows Terbaru Wajib Dicoba

Virus adalah salah satu yang paling bermasalah dan tidak bisa dihindari oleh semua orang yang ingin dapat melakukan pekerjaannya dengan nyaman. Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang sering menjadi sasaran infeksi virus yang dilakukan oleh berbagai orang. Ada yang mencoba merusak sistem, menanam trojan, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, virus digunakan oleh pembuatnya untuk mencapai tujuan tertentu, baik mendapatkan data atau memiliki sumber daya baru untuk mendapatkan akses ke komputer untuk berbagai keperluan yang dimiliki.

Lalu bagaimana cara menghapus virus pada laptop Windows? Bisakah kita melakukannya secara mandiri tanpa perlu memberikan komputer kita ke pusat layanan terdekat? Tentu saja jawabannya. Meskipun kami tidak memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang dunia virus dan penanganannya, tetapi dengan melakukan beberapa langkah sederhana kami dapat menghapus virus di laptop Windows. Bahkan, saat ini semakin banyak aplikasi tambahan yang dapat memudahkan kita dalam menghapus virus dari Windows 10 laptop.
6 Cara Menghilangkan Virus di Laptop Windows Terbaru Wajib Dicoba

Lalu, bagaimana cara kita menghilangkan virus di Windows 7 laptop secara mandiri? Bagi Anda yang ingin tahu caranya, maka artikel saat ini sangat penting untuk dibaca hingga selesai! Jadi bagaimana? Silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!

1. Menggunakan Windows Defender

Windows Defender adalah salah satu antivirus bawaan yang dimiliki oleh Windows 7. Aplikasi yang satu ini dapat digunakan untuk melakukan scan virus dan menghapus virus pada laptop yang memiliki sistem operasi Windows 7. Jadi, kita tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan hanya untuk menghapus virus dari laptop yang kita instal Windows 7.

Cara menggunakan Windows Defender juga cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi ini melalui start menu dan mencari Windows Defender. Di jendela Windows Defender yang muncul, Anda dapat memilih pemindaian untuk mulai mencari sistem operasi yang Anda miliki. Jika sistem operasi Windows 7 Anda mengandung virus yang diidentifikasi oleh Windows Defender, maka hasilnya akan terlihat dari laporan atau hasil terhadap pencarian virus yang dilakukan oleh Windows Defender.

Setelah hasil pencarian virus habis, maka Anda bisa memilih untuk karantina, memperbaiki file yang sudah terinfeksi, dan tentu saja menghapus virus yang ada di laptop Anda. Jika ini terasa kurang ketika berhadapan dengan trojan, Anda bisa mencoba cara menghapus trojan virus secara manual ya.

2. Menggunakan software Antivirus

Windows Defender memang salah satu aplikasi antivirus bawaan Windows bawaan. Namun, dalam beberapa kasus, kemungkinan bahwa virus pada laptop Anda tidak terdeteksi juga. Ini karena keterbatasan database yang dimiliki oleh Windows Defender. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda dapat menginstal aplikasi antivirus lain sebagai perangkat lunak perangkap untuk membantu mendeteksi virus yang mungkin diinstal pada laptop Anda.

Menggunakan antivirus eksternal sangat layak dilakukan terutama jika Anda merasa bahwa laptop Anda bekerja sangat lambat, muncul iklan yang tidak jelas dan sebagainya yang sangat mengganggu pekerjaan yang Anda lakukan. Jika Anda memasang aplikasi antivirus eksternal tepercaya, hasil yang lebih memuaskan juga bisa terjadi mengingat database aplikasi dapat lebih lengkap atau sistem deteksi yang digunakan lebih baik daripada Windows Defender bawaan Windows 7. Misalnya dalam cara menghapus virus autorun.

3. Format partisi

Cara menghapus virus di laptop Windows 7 berikutnya yang bisa Anda coba adalah memformat partisi yang sudah dicurigai terkena virus. Satu cara ini berisiko dan tidak menjamin kesuksesan yang dapat Anda raih. Namun, ini dapat dicoba terutama jika virus yang Anda alami adalah virus yang berada atau berada dalam kartu flash atau memori. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencoba cara membuat flash menjadi antivirus ya.

4. Hapus manual

Selain menggunakan antivirus, Anda juga dapat menggunakan cara manual untuk menghapus virus di Windows  laptop. Namun, untuk melakukan ini Anda harus memiliki kepastian bahwa file yang ingin Anda hapus sebenarnya adalah file virus. Metode ini biasanya perlu dilakukan jika file virus yang ditemukan oleh antivirus Anda tidak dapat dihapus secara langsung, atau karena file-file virus yang terdapat pada laptop Anda telah Anda ketahui dengan pasti bahwa itu adalah virus sehingga Anda tidak perlu membuang waktu lagi untuk instal dan cari melalui antivirus.

Saat melakukan penghapusan manual, Anda juga harus memastikan bahwa file registri virus juga telah dihapus. Caranya adalah dengan melihat aplikasi registry editor dan mencari entri yang terkait dengan file virus pada hard disk yang Anda hapus. Dengan demikian, file virus benar-benar bersih baik dari hard drive atau dari entri registry yang dapat membuat file virus masih bisa masuk ke memori atau RAM yang dimiliki oleh laptop Anda. Anda dapat menggunakan Cara menghapus virus dengan CMD untuk melakukan penghapusan manual.

5. Instal ulang

Langkah lain yang dapat Anda lakukan untuk menghapus virus di laptop Anda dan mungkin menjadi salah satu cara untuk menjadi pilihan terakhir adalah menginstal ulang Windows 7 laptop yang Anda miliki. Instal ulang yang bisa Anda lakukan jika infeksi yang terjadi di Windowsmu sudah begitu parah sehingga bahkan aplikasi antivirus pun tidak bisa menanganinya dengan baik. Oleh karena itu, cara yang satu ini adalah pilihan terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah infeksi virus pada laptop Windows 7 yang Anda miliki.

Sebelum memutuskan untuk melakukan ini, pastikan Anda sudah memiliki cadangan data penting dari laptop Anda. Dengan demikian, ketika Anda menginstal ulang, data penting pada laptop Anda tidak akan terhapus. Melakukan penginstalan ulang tentu membutuhkan banyak upaya, karena Anda juga perlu menginstal driver dan berbagai aplikasi lain yang diperlukan agar Anda dapat bekerja kembali dengan baik setelah instalasi Windows 7 selesai. Cara yang sama dapat Anda gunakan sebagai cara menghapus shortcut virus lo.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghapus virus pada laptop Windows 7 Anda yang Anda miliki. Jika cara-cara di atas telah Anda lakukan tetapi Anda belum berhasil mengatasi masalah virus di laptop Anda, maka mungkin sudah waktunya untuk membawa laptop Windows 7 Anda ke pusat layanan terdekat untuk diperiksa secara lebih detail apa yang menyebabkan virus pada sistem operasi Anda memiliki tidak bisa dihilangkan dengan baik. Semoga dengan beberapa langkah diatas Anda bisa menyelesaikan masalah virus di laptop Anda ya!

Jangan lupa baca berbagai artikel lain ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel