6 Langkah Cara Instal Driver Tanpa CD di Komputer / Laptop Windows Paling Mudah

Langkah Cara Instal Driver Tanpa CD di Komputer / Laptop Windows Paling Mudah. Untuk komputer dan laptop, tidak peduli apa sistem operasi komputer yang Anda gunakan, salah satu hal yang paling penting adalah pengemudi. Tanpa driver, komputer Anda tidak akan berfungsi sebaik yang Anda impikan. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui cara menemukan driver mana yang tidak diinstal pada Windows 10 atau pada sistem operasi lain untuk menginstal driver pada laptop atau komputer Anda.

Masalahnya adalah, cara menginstal driver? Apakah Anda pernah mencobanya? Bagaimana Anda menginstal driver yang tidak Anda miliki karena CD default dari perangkat keras Anda hilang dan tidak dapat ditemukan? Bagaimana Anda menginstal driver tanpa CD?

6 Langkah Cara Instal Driver Tanpa CD di Komputer / Laptop Windows Paling Mudah

Penasaran apakah Anda ingin tahu caranya? Mari kita bahas cara menginstal driver tanpa CD berikut ya!

Menginstal Driver Tanpa CD

Berikut ini beberapa cara untuk menginstal driver tanpa CD yang dapat Anda lakukan mulai sekarang. Dengan menggunakan langkah-langkah di bawah ini Anda pasti dapat menginstal driver komputer atau laptop yang Anda butuhkan dengan mudah dan cepat. Semoga berhasil!

1. Mengunduh driver yang diperlukan di internet

Bahkan tanpa CD driver, masih banyak cara Anda dapat menginstal untuk membuat driver yang Anda butuhkan untuk diinstal dengan benar di laptop atau komputer Anda. Ada banyak cara Anda dapat memperbaiki atau mengatasi masalah instalasi driver, salah satunya adalah dengan mengunduhnya melalui internet.

Dengan mengunduh driver melalui internet, tentu Anda membutuhkan kuota yang cukup sehingga file driver yang Anda butuhkan dapat diunduh dengan baik. Biasanya driver untuk VGA atau kartu grafis memerlukan kuota yang besar karena mereka juga memiliki ukuran yang besar, sementara driver printer atau keyboard dan driver lain biasanya membutuhkan kuota yang kecil.

Anda dapat mengunjungi situs web penyedia driver online di internet yang dapat Anda cari alamatnya melalui Google atau situs pencarian lainnya. Atau jika Anda tidak ingin ribet, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pencarian driver otomatis tanpa koneksi internet. Sesuaikan model perangkat keras dan juga jenis sistem operasi ya.

2. Mengekstrak driver unduhan

Setelah Anda mengunduh file driver dari internet, Anda biasanya perlu mengekstraknya terlebih dahulu sehingga Anda dapat memulai instalasi dari file setup yang disediakan oleh driver. Langkah-langkahnya cukup sederhana, Anda hanya perlu menggunakan 7zip, WinRAR, dan sejenisnya untuk mengekstrak file yang Anda unduh.

Dalam beberapa kasus, mungkin file yang Anda unduh secara langsung berbentuk sebagai aplikasi, jadi Anda hanya perlu menginstalnya tanpa perlu mengekstraknya. Perhatikan bahwa instalasi driver per OS berbeda, jadi Anda harus mengikuti instruksi yang diberikan dalam perangkat lunak sehingga Anda dapat menginstalnya dengan benar dan tepat.

3. Menginstall driver

Langkah ini adalah langkah yang paling penting, karena tanpa instalasi tentu saja driver tidak terpasang. Untuk menginstal driver, Anda harus mengikuti instruksi yang biasanya disertakan dalam aplikasi instalasi yang Anda unduh. Untuk menginstal driver, di laptop atau di komputer, itu sangat ditentukan oleh sistem operasi yang Anda miliki.
Di windows, biasanya menginstal driver tidak sama dengan menginstal aplikasi secara umum. Anda hanya perlu mengklik dua kali aplikasi instalasi dan kemudian Anda dapat mengikuti instruksi yang diberikan. Itulah salah satu kelebihan Windows, yang juga termasuk salah satu kelebihan dan kekurangan Windows XP. Sementara untuk OS lain selain Windows biasanya harus mengikuti instruksi yang berbeda.

Tidak peduli apa sistem operasi yang Anda gunakan, pastikan Anda mengikuti instruksi yang tepat sehingga Anda dapat menginstal driver perangkat keras Anda dengan benar dan benar.

4. Hidupkan ulang komputer

Setelah Anda menginstal driver di laptop atau komputer Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah me-restart komputer Anda sehingga driver yang telah Anda instal dapat digunakan dengan benar dan benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam beberapa kasus, sering laptop atau komputer Anda tidak perlu di-restart untuk menggunakan driver. Namun, seringkali perangkat keras yang kita miliki membutuhkan restart agar bisa digunakan dengan maksimal. Sebagai bentuk antisipasi, Anda dapat memulai ulang untuk memastikan bahwa driver laptop Anda dapat digunakan. Ini juga efektif untuk mengatasi masalah headset yang tidak terdeteksi di laptop Anda.

5. Coba drivernya

Setelah Anda me-restart, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menguji driver yang Anda miliki. Triknya juga cukup mudah kok. Anda hanya perlu mencoba menggunakan perangkat keras baru yang Anda miliki. Dengan mencoba itu kita bisa tahu apakah laptop atau komputer Anda berfungsi dengan baik atau tidak.

Beberapa perangkat keras seperti printer biasanya memerlukan eksperimen seperti kepala yang bersih, dan sebagainya. Sementara itu, perangkat keras seperti kartu suara Anda dapat mencoba memainkan musik yang Anda inginkan. Coba juga uji dengan musik yang memiliki gaya berbeda untuk melihat apakah kartu suara Anda dapat memproses semuanya dengan baik. Sementara di perangkat lain Anda bisa menyesuaikan diri.

6. Menggunakan Driver Pack

Selain menggunakan beberapa cara atau langkah di atas, Anda juga dapat menginstal driver yang Anda miliki dengan langkah yang relatif lebih sederhana, meskipun mengonsumsi kuota yang cukup besar. Bagaimana caranya? Anda dapat memanfaatkan banyak paket driver yang tersedia di internet.
Aplikasi paket driver pada dasarnya adalah aplikasi basis data yang menyediakan ribuan dan mungkin jutaan driver yang dapat Anda gunakan untuk menginstal berbagai driver yang Anda butuhkan di internet. Dengan driverpack, langkah-langkah di atas sebenarnya juga Anda terapkan, itu hanya dibuat lebih mudah dengan bantuan aplikasi paket driver yang akan melakukan semuanya untuk Anda dalam satu klik (kecuali restart dan coba driver).

Oleh karena itu menggunakan paket driver termasuk salah satu cara menginstal driver tanpa CD yang layak dipertimbangkan bahkan jika membutuhkan kuota yang sangat besar. Dengan Paket Driver akan ada banyak masalah yang dapat dipecahkan, termasuk cara memperbaiki laptop tanpa suara.

7. Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menginstal driver tanpa perlu CD driver. Dengan melakukan beberapa langkah di atas, maka Anda dapat menginstal driver perangkat keras yang Anda miliki tanpa harus bingung dan kesulitan tentang cara Anda menginstal driver. Menginstal driver akan membantu Anda dalam cara mengatasi suara PC yang tidak berbunyi pada Windows 7 dan juga cara mengatasi layar hitam di Windows 7 atau masalah terkait driver lainnya.

Dengan langkah manual atau langkah instan menggunakan paket driver, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Itu di tangan Anda yang diputuskan. Jadi, selamat menginstall driver tanpa CD sesuai langkah di atas ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel