7 Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus dengan CMD Lengkap Dan Mudah

Hari ini, flash telah menjadi salah satu perangkat penyimpanan data portabel yang paling banyak digunakan untuk mentransfer berbagai file penting untuk bekerja atau untuk kegiatan lainnya. Dengan menggunakan flash, aktivitas transfer file dapat dilakukan dengan relatif lebih cepat. Namun, itulah yang menyebabkan mengapa flashdisk bisa menjadi salah satu media yang paling sering digunakan untuk menyebarkan virus ke berbagai komputer. Jadi, idealnya bagi Anda yang menggunakan flashdisk, harus tahu cara membuat flash immune virus dengan CMD.

Apakah Anda sudah tahu cara membuat virus imun flash dengan CMD? Jadi mengapa menggunakan CMD dan tidak menggunakan yang lain? Jika Anda ingin tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, jangan khawatir! Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan membahasnya secara detail. Jadi, siap membicarakannya? Jika ya, silakan lanjutkan membaca di bawah ini ya!
7 Cara Membuat Flashdisk Kebal Virus dengan CMD Lengkap Dan Mudah


Mengapa CMD

Bagi sebagian orang, mungkin ada pertanyaan mengapa kami harus menggunakan CMD untuk membuat flash kami kebal dari virus. Apalagi, karena CMD ini pada umumnya kita jarang digunakan dalam aktivitas sehari-hari pada sistem operasi Windows. Lalu mengapa menggunakan CMD?

Salah satu alasan untuk menggunakan CMD adalah karena CMD adalah aplikasi internal yang dimiliki oleh Windows, jadi kita tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi lain untuk membuat flash kita kebal terhadap virus. Bahkan, CMD juga dapat digunakan untuk cara menghapus virus dengan CMD.

Selain itu, CMD sebenarnya cukup kuat dan sangat berguna jika kita bisa menggunakannya dengan benar. Misalnya, kita bisa melakukan cara meningkatkan koneksi WiFi menggunakan CMD. Bahkan, tak jarang aplikasi luar juga menjalankan perintah dengan menggunakan CMD untuk membuat flashdisk kebal terhadap virus. Jadi mengapa tidak menggunakan CMD saja untuk membuat flash Anda kebal terhadap virus di laptop Windows?

Langkah Membuat Flashdisk Kebal Virus Lewat CMD

Pada saat ini Anda harus dapat mempelajari mengapa CMD adalah pilihan yang baik untuk membuat flash kami menjadi kebal dari berbagai serangan virus potensial yang mungkin kita alami. Jadi pertanyaan selanjutnya yang perlu kita tanyakan adalah, bagaimana cara menggunakannya?

Bagi Anda yang ingin membuat flash Anda kebal dari virus dengan menggunakan CMD, di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Selamat mencobanya!

1. Memasukkan flashdisk ke laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows

Langkah pertama untuk membuat flashdisk kita bisa kebal dari virus adalah dengan melakukan editing pada flashdisk yang kita miliki. Tentu saja ini harus kita lakukan dengan mencolokkan atau memasukkan flash ke laptop atau ke komputer yang berjalan di atas sistem operasi Windows. Tanpa memasukkan flash ke dalamnya, tentu saja kita tidak akan bisa mengutak-atik atau membuat flashdisk yang kita miliki dapat kebal terhadap virus dengan CMD.

2. Menjalankan CMD

Setelah flashdisk Anda dideteksi oleh komputer Anda, maka langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah menjalankan aplikasi CMD yang akan kita gunakan untuk membuat flashdisk kita sehingga kebal terhadap virus. Bagaimana caranya? Anda dapat melakukan ini dengan menekan tombol WinKey (tombol dengan jendela logo pada keyboard) + R, yang akan membuka jendela jalankan. Di jendela itu, ketik CMD lalu masukkan, lalu setelah itu aplikasi CMD akan berhasil dibuka.

Selain menggunakan di atas, Anda juga dapat mengakses CMD melalui klik kanan pada jendela Windows Explorer atau di Desktop. Caranya juga cukup mudah, Anda hanya perlu klik kanan, lalu pilih menu Open Command Window Here. Jika menu tidak muncul, Anda dapat mencoba menekan tombol Shift sambil mengklik kanan pada mouse.

Jika Anda ingin mengetahui perintah CMD secara lebih lengkap, Anda dapat membaca perintah dasar CMD dan fungsinya ya.

3. Buat direktori baru di flashdisk

Setelah Anda berhasil membuka command prompt atau CMD, langkah selanjutnya adalah membuat direktori baru pada flash yang Anda miliki. Pastikan dulu apa nama slot flash drive Anda, apakah itu di G:, atau H:, atau sesuatu yang lain. Setelah Anda memastikan, maka Anda harus membuat direktori baru bernama autorun.inf.

Misalnya jika flash Anda ada di drive G, maka Anda harus mengetikkan mkdir G: \ autorun.inf, dan setelah itu Anda dapat menekan enter key. Jangan lupa untuk mengetikkan nama flash drive ya, karena itu berarti kita tidak akan berhasil dalam melakukan upaya proteksi pada flashdisk yang kita miliki.

4. Pindah ke direktori yang baru dibuat

Setelah direktori dibuat, langkah selanjutnya adalah pindah ke direktori itu. Langkahnya cukup sederhana, yaitu Anda mengetik flash drive nama pertama, lalu tekan enter. Setelah beralih ke direktori flash Anda, Anda hanya perlu mengetik autorun.inf cd, lalu tekan enter, dan Anda telah berhasil pindah ke direktori baru.

5. Buat direktori CON

Di direktori baru, Anda harus membuat direktori baru lagi dengan nama folder CON. Caranya cukup sederhana, yaitu cukup ketik "mkdir CON", lalu tekan enter, maka direktori baru dengan nama CON telah berhasil Anda buat. Untuk melihat apakah Anda berhasil membuat direktori, Anda dapat menggunakan perintah "ls". Perintah "ls" akan membuat CMD menampilkan semua file atau folder yang terdapat pada flash drive Anda. Dengan demikian Anda dapat memeriksa apakah folder CON dibuat atau tidak.

6. Buat direktori aux \ nul

Setelah langkah-langkah di atas berhasil Anda lakukan, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah membuat direktori baru bernama aux \ nul. Triknya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengetikkan "mkdir \\. \ [Nama kandar flash Anda]: \ autorun.inf \ con \ aux \ nul", dan setelah itu Anda hanya perlu menekan enter. Dan setelah ini, flash Anda kebal dari virus!

7 Kesimpulan

Dari beberapa langkah di atas, Anda dapat melihat bahwa flashdisk kita kebal dari virus dengan membuat folder autorun.inf yang tidak dapat diedit sama sekali, sehingga virus yang memanfaatkan fitur atau folder autorun.inf menjadi berkermbang tidak bisa bergerak. Tentu ini masih menyisakan kelemahan, yaitu Anda tidak dapat melindungi flash Anda dari teknik infeksi lain yang lebih kuat daripada hanya menggunakan folder autorun. Namun, untuk pemakaian sehari-hari, hal di atas sudah cukup untuk membantu Anda.

Jika Anda benar-benar ingin membuat flash Anda kebal terhadap virus, maka tindakan lain seperti berhati-hati dalam menyalin file, memilih laptop dan sebagainya, yang harus Anda lakukan. Jangan bergantung pada satu cara untuk membuat virus imun flash dengan CMD saja, atau bergantung pada perlindungan tunggal lainnya. Intinya adalah, Anda harus berhati-hati dan selalu waspada. Jangan lupa pelajari cara menghapus virus autorun, cara menghapus shortcut virus dan berbagai cara lain yang lebih teknik sesuai dengan jenis virus yang Anda hadapi.

Semoga beberapa informasi di atas dapat membantu Anda ya. Jangan lupa, baca artikel lain dari DosenIT sehingga Anda tahu hal penting lainnya tentang dunia teknologi dan informasi!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel