8 Cara Mengatasi Laptop Macet Saat Dihidupkan Atau Dinyalakan Paling Mudah

Cara Mengatasi Laptop Macet Saat Dihidupkan Atau Dinyalakan Paling Mudah. Masalah laptop bermasalah saat dihidupkan akan sering membuat kita menjadi tidak nyaman menggunakan laptop kita. Ada banyak penyebab laptop menjadi macet ketika dihidupkan baik dari masalah hardware dan software yang ada di laptop.

Indikasi awal masalah ini adalah ketika Anda mencoba menyalakan laptop Anda maka awalnya laptop Anda akan terlihat seperti biasa, tetapi ketika laptop dinyalakan dan ketika komputer masuk bagian startup dan akan mulai bekerja biasanya di sini bagian dari laptop menjadi macet. Laptop tidak dapat mengakses semua program dengan lancar, dan kesempatan terburuk pada akhirnya akan memaksa Anda untuk memaksa shutdown dengan menekan tombol daya.
8 Cara Mengatasi Laptop Macet Saat Dihidupkan Atau Dinyalakan Paling Mudah

Langkah awal untuk memecahkan masalah ini sebenarnya dapat dimulai dengan mencoba mempercepat cara mempercepat kinerja laptop. Namun, jika masalah tidak dapat dipecahkan kita dapat mencoba cara-cara berikut yang akan dapat memecahkan masalah laptop yang macet sesuai dengan penyebab kejadian.

Penyebab Laptop Macet Saat dihidupkan dan Cara Mengatasinya

Dalam diskusi selanjutnya kita akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi kemacetan laptop ketika dihidupkan. Jadi hanya yang berikut adalah diskusi.

1. Laptop macet karena Sistem Operasi Laptop telah terinfeksi virus

Sebagian besar virus akan membuat laptop atau komputer bekerja lebih banyak dan ada juga beberapa virus yang dapat memberikan kerusakan pada media penyimpanan hard disk baik di laptop atau di komputer. Beberapa masalah ini dapat membuat laptop menjadi macet ketika dihidupkan. Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang macet karena sistem operasi laptop terinfeksi virus.

  • Untuk memperbaikinya Anda bisa mencoba cara menghapus virus yang mirip dengan cara menghapus virus di windows 7 laptop.
  • Perlindungan terhadap laptop atau virus komputer juga harus dilakukan terus menerus. Jangan lupa untuk selalu memperbarui database antivirus Anda dengan database terbaru. Dengan memperhatikan hal-hal ini Anda dapat mengatasi masalah laptop yang macet karena sistem operasi laptop yang sudah terinfeksi oleh virus.


2. Laptop macet karena masalah dengan sistem operasi laptop

Salah satu penyebab laptop menjadi macet adalah karena masalah yang ada pada sistem operasi laptop. Masalah yang ada pada sistem operasi laptop dapat terjadi karena infeksi virus, masalah pemasangan aplikasi, atau kesalahan dalam mengelola pengaturan di sistem operasi. Khusus untuk Windows Anda tidak perlu khawatir, karena sistem operasi ini telah menyediakan fitur yang mampu membuat sistem operasi di komputer Anda kembali seperti sebelumnya sesuai dengan situasi di mana sistem operasi Anda masih dalam kondisi baik. Fitur ini disebut sebagai System Restore

Untuk dapat mengaktifkan fitur pemulihan sistem berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

  • Untuk dapat menggunakan fitur pemulihan sistem Windows, Anda dapat menekan tombol Win + R.
  • Setelah itu sistem restore window akan muncul dari situ cukup pilih situasi dimana laptop Anda masih dalam kondisi baik.
  • Perlu diingat Anda hanya dapat menggunakan fitur pemulihan sistem windows jika Anda telah membuat pengaturan terhadap persiapan untuk membuat pengaturan awal pemulihan sistem di Windows. Jika Anda belum melakukannya, Anda dapat mencoba cara melewati panduan di Internet.


3. Laptop macet karena masalah hard disk error / bad sector

Masalah yang ada pada hard drive bisa menjadi salah satu faktor yang membuat laptop terjebak ketika dihidupkan. Seiring berjalannya waktu, hard drive sering kehilangan kemampuan mereka untuk melakukan proses penyimpanan yang dapat membuat komputer berfungsi sebagaimana mestinya. Belum lagi masalah seperti fragmentasi penyimpanan data pada hard disk yang juga bisa berkembang seiring waktu. Ini akan mempengaruhi kinerja hard drive.

Untuk mengatasi masalah yang ada pada hard disk yang terfragmentasi Anda dapat menggunakan fitur Disk Defragmenter yang telah disediakan oleh Sistem Operasi Windows. Jika Anda tidak menggunakan Windows, ada banyak perangkat lunak alternatif yang dapat Anda gunakan untuk melakukan Disk Defragment. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil.


  • Jika anda menggunakan Windows 8, atau Windows 10 untuk mengaktifkan fitur disk defragment anda dapat membukanya lewat windows explorer.
  • Dari sana pilih salah satu harddisk yang terpasang pada laptop anda.
  • Kemudian klik kanan dan buka properties.
  • Setelah jendela properties terbuka, kemudian pilih tab Tools. Didalamnya nanti ada pilihan Error Checking serta Optimize and Defragment Drive.
  • Kemudian pilihlah Optimize, ikuti langkah selanjutnya dan tunggu hingga proses defragmentnya selesai.

5. Laptop Macet karena RAM yang kurang mencukupi dan bermasalah

Kerusakan RAM (Random Access Memory) dan juga RAM yang tidak mencukupi, akan membuat laptop atau komputer tidak dapat bekerja dengan maksimal seperti yang Anda harapkan. RAM adalah salah satu komponen terpenting yang membuat laptop atau komputer dapat berjalan dengan baik. Kondisi RAM yang kecil dan juga bermasalah akan membuat laptop menjadi lambat baik ketika dihidupkan atau ketika dijalankan. Karakteristik RAM komputer yang rusak juga dapat ditemukan dalam masalah RAM yang rusak pada laptop

Untuk mengatasinya Anda perlu melakukan proses penambahan atau penggantian RAM yang bermasalah pada laptop Anda. Untuk melakukan proses penggantian kapasitas RAM atau penambahan RAM, Anda perlu membuka laptop Anda dan menambah atau mengganti RAM yang terpasang pada slot RAM yang ada di papan motherboard laptop Anda.

6. Laptop Macet karena komponen laptop yang berdebu

Komponen laptop yang berdebu akan membuat laptop Anda bekerja dengan lebih banyak dari biasanya. Laptop yang bekerja lebih banyak dari itu biasanya seiring waktu akan mengalami kemacetan dalam kinerja seiring berjalannya waktu. Masalah laptop yang berdebu juga akan menjadi penyebab masalah laptop cepat panas - masalah ini akhirnya akan menjadi penyebab laptop menjadi macet ketika dihidupkan atau dijalankan. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga komponen laptop Anda bebas dari debu sehingga komponen Anda bisa.

Untuk bisa merawat laptop yang macet karena komponen laptop yang berdebu Anda bisa mulai dengan membersihkan bagian dalam laptop Anda yang berdebu dan juga memperhatikan cara merawat laptop yang jarang digunakan. Dengan memperhatikan kedua hal ini maka Anda bisa menyelesaikan masalah laptop macet karena komponen laptop berdebu.

7. Laptop Macet karena banyaknya aplikasi yang terinstall

Aplikasi yang terlalu banyak dipasang di laptop akan memakan banyak kapasitas memori yang digunakan untuk mengakomodasi aplikasi ini. Selain membutuhkan banyak kapasitas memori, laptop juga akan menjadi macet karena dapat juga mempengaruhi kinerja laptop dalam menjalankan sistem operasi yang terpasang di dalamnya.

Oleh karena itu untuk mengatasi laptop yang macet karena aplikasi laptop yang terlalu banyak terinstal maka Anda perlu melakukan penguinstallan memproses beberapa aplikasi yang dipasang. Dengan begitu Anda laptop Anda akan memiliki lebih banyak ruang yang dapat membantu laptop Anda bekerja lebih baik. Anda dapat memulai dengan menghapus aplikasi yang jarang atau benar-benar tidak pernah terdengar.

8. Laptop macet karena terlalu banyak startup program yang dihidupkan

Sama halnya dengan situasi di mana terlalu banyak aplikasi laptop yang dicolokkan di laptop dapat membuat laptop macet. Terlalu banyak program startup yang dihidupkan akan membuat laptop menjadi macet juga ketika dinyalakan. Program Startup adalah program yang secara otomatis berjalan ketika komputer dihidupkan dan biasanya bekerja di belakang layar. Ketika program startup dihidupkan, program-program ini akan menggunakan kapasitas RAM yang tersedia. Jika terlalu banyak startup yang dijalankan secara bersamaan ini akan memberikan efek terhadap kinerja yang dimiliki oleh laptop.

Untuk merawat laptop yang macet karena terlalu banyak program startup dialakakn Anda dapat mematikan beberapa program startup. Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini

  • Anda bisa memulainya dengan membuka Win + R .
  • Dari sana kemudian ketikkan msconfig
  • Kemudian pilih menu service,
  • Hilangkan tanda centang pada startup program yang anda ingin matikan.
  • Setelah anda melakukannya jangan lupa menekan tombol OK


Itu adalah diskusi tentang 9 penyebab dan bagaimana cara mengatasi kemacetan laptop ketika dihidupkan. Semoga diskusi berikut akan membantu. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel