8 Cara Mengetahui Dan Menghapus Virus / Malware di iPhone Paling Mudah

8 Cara Mengetahui Dan Menghapus Virus / Malware di iPhone Paling Mudah
8 Cara Mengetahui Dan Menghapus Virus / Malware di iPhone Paling Mudah
8 Cara Mengetahui Dan Menghapus Virus / Malware di iPhone Paling Mudah. Kebanyakan orang berpikir bahwa gadget Apple memiliki sistem operasi yang cukup tahan terhadap serangan virus atau malware lainnya. Namun sayangnya itu tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah. Dalam beberapa tahun terakhir para peretas atau pembuat virus telah mulai mengalihkan perhatian mereka ke sistem operasi ini sebagai target tujuan berikutnya. Sebagian besar masalah malware ini biasanya disebabkan oleh tindakan pengguna yang mencoba mendapatkan kontrol lebih besar atas gadget mereka melalui jailbreak.

Siapa pun yang pernah menggunakan gadget Apple pasti sudah tahu bahwa Apple memiliki sistem operasi yang memiliki lingkungan yang cukup aman di perangkat keras Apple. Ini berarti hanya aplikasi atau perangkat lunak yang telah disetujui oleh vendor Apple yang tersedia dari App Store yang dapat Anda instal di gadget iPhone. Namun, ini tidak akan berlaku jika smartphone Anda adalah jenis iPhone yang telah mengalami proses jailbreak. Jika Anda melakukan itu, Anda akan berisiko menghadapi bahaya virus komputer atau virus iPhone.

8 Cara Mengetahui Dan Menghapus Virus / Malware di iPhone Paling Mudah


Apa itu Jailbreak?

Secara singkat jailbreak adalah tindakan yang memungkinkan smartphone atau dalam hal ini iPhone melakukan pengaturan - pengaturan yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Ini akan memungkinkan Anda untuk memiliki akses penuh ke iPhone iPhone Anda.

Namun, harap perhatikan bahwa proses jailbreak pada iPhone HP benar-benar memberikan lebih banyak dampak negatif jika dibandingkan dengan dampak positif. Jailbreak akan membuat HP Anda rentan terhadap virus komputer atau malware lainnya. Gadget iPhone yang telah mengalami jailbreak sangat rentan terhadap infeksi virus atau malware - malware lain yang dapat membahayakan pengguna iPhone. Infeksi virus ini dapat menyebabkan pencurian data, perubahan pengaturan pada iPhone dan bahkan pencurian data pribadi pada iPhone oleh peretas.

Kabar baiknya, virus iPhone sangat jarang ditemukan dalam penggunaan gadget secara umum. Sangat sulit untuk iPhone atau gadget lain yang memiliki sistem operasi iOS untuk terinfeksi oleh virus karena tingkat keamanan yang telah dibuat secara default dari Apple. Sayangnya proses jailbreak yang telah digunakan oleh banyak orang memungkinkan melemahnya tingkat keamanan pada gadget yang inilah yang dapat memberi kemungkinan lebih tinggi terhadap infeksi virus.

Virus di iPhone

Di iOS, setiap aplikasi yang diinstal akan dibatasi dalam sistem kotak pasir. Sistem ini akan membuat setiap aplikasi, pengaturannya dan juga data yang terkait dengan aplikasi tertentu terbatas pada lokasi unik yang ada di sistem file dan tidak ada aplikasi yang dapat mengakses pengaturan atau data aplikasi lainnya di iOS. Selain itu, aplikasi apa pun yang berjalan di iOS hanya dapat menjalankan kunci rantai produknya sendiri. Jadi tidak mudah bagi virus untuk dapat menginfeksi sistem operasi iOS juga berlaku untuk virus yang merupakan kelas virus android paling berbahaya.

Karena aplikasi atau program apa pun di iOS dibatasi oleh sistem kotak pasir, data yang Anda miliki, pengaturannya atau yang lainnya tidak mudah dibaca, atau dimodifikasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Karena itu jika Anda tidak menggunakan iPhone yang telah di jailbreak Anda tidak perlu khawatir tentang bahaya virus tertentu seperti ransomware atau melakukan tindakan bagaimana cara menghapus virus ransomware yang dapat merugikan waktu Anda.

Bagaimana saya bisa tahu apakah iPhone yang Anda gunakan telah terinfeksi oleh virus?

Jika gadget Anda telah mengalami proses jailbreak, Anda harus memperhatikan gejala atau tanda berikut.

  1. Penggunaan data yang tidak terkontrol. Salah satu hal yang akan Anda lihat di gadget iPhone Anda yang telah terinfeksi virus adalah peningkatan dalam penggunaan data. Virus akan sangat mudah untuk mengkonsumsi data kuota internet, oleh karena itu Anda harus memperhatikan penggunaan kuota data pada HP Anda untuk mengetahui apakah ponsel Anda telah terinfeksi virus. Jika Anda melihat peningkatan data yang Anda tidak tahu berasal, maka kemungkinan besar gadget Anda telah terinfeksi oleh virus.
  2. Aplikasi yang mudah mogok. Jika gadget Anda telah terinfeksi virus maka kemungkinan besar ada beberapa aplikasi yang mulai tidak berfungsi normal. Aplikasi tersebut akan mulai mogok secara berkelanjutan ketika Anda ingin menggunakannya.
  3. Munculnya Pop Ups yang menjengkelkan. Saat Anda menjelajah online menggunakan browser Anda. Jika gadget Anda telah terinfeksi oleh virus, Anda akan melihat iklan pop yang menjengkelkan yang merupakan tanda bahwa gadget Anda telah terinfeksi oleh virus. Gejala ini agak mirip dengan karakteristik peramban yang terinfeksi virus.


Cara Menghapus Virus di iPhone

Jika Anda menduga bahwa gadget iPad atau iPhone Anda telah terinfeksi oleh malware, jangan panik. Untuk membersihkan virus pada iPhone yang Anda curigai telah terinfeksi oleh virus ikuti langkah-langkah ini. Metode ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak jauh berbeda dengan cara menghapus virus peramban.

  1. Gunakan iCloud untuk mencadangkan semua data dan pengaturan yang ada di gadget Anda.
  2. Pergi ke bagian Pengaturan, kemudian General, kemudian ke bagian Reset untuk mengembalikan iPhone Anda kembali ke pengaturan aslinya.
  3. Ketuk bagian Hapus Semua Konten dan Pengaturan untuk menghapus semua aplikasi dan data di telepon Anda. Karena ini akan membersihkan semua aplikasi dan data di HP Anda, penting untuk mem-backup data penting sebelum Anda memulai proses penghapusan.
  4. Saat selesai, hidupkan ulang Perangkat iPhone Anda dan nyalakan ulang ponsel Anda.
  5. Setelah selesai restart iPhone Anda dan kembali ke aplikasi iCloud untuk mengembalikan data cadangan yang telah Anda atur sebelumnya.
  6. Jika diperlukan unduh aplikasi yang Anda inginkan dari Apps Store.
  7. Anda juga dapat menghubungkan iPhone atau iPad Anda ke Mac dan menggunakan "Pulihkan fitur iPhone / iPad di iTunes untuk memulihkan perangkat Anda ke pengaturan pabrik.
  8. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, HP Anda akan dibersihkan dari semua program tambahan termasuk malware, yang mungkin sudah menginfeksi HP Anda. Data dan file yang ada harus tetap da, meskipun beberapa pengaturan mungkin telah hilang.


Cara membuat iPhone Anda aman dari Virus Infeksi

Memang, dengan mengetahui cara menghapus virus di iPhone Anda akan terasa sedikit lebih aman. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda tahu cara mencegah iPhone Anda terbebas dari infeksi virus. Dengan sedikit tambahan pengetahuan Anda akan mencegah iPhone Anda terbebas dari infeksi virus. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan untuk membuat iPhone Anda bebas dari infeksi virus.

  1. Jangan pernah jailbreak iPhone Anda.
  2. Selalu simpan pengaturan iPhone Anda dalam keadaan terbaru dengan pembaruan terkini.

Begitulah diskusi tentang bagaimana 8 langkah mudah cara menghapus virus di iPhone. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.