8 Cara Menghapus Virus di Laptop / Komputer Tanpa Instal Ulang

8 Cara Menghapus Virus di Laptop / Komputer Tanpa Instal Ulang
8 Cara Menghapus Virus di Laptop / Komputer Tanpa Instal Ulang
8 Cara Menghilangkan Virus di Laptop / Komputer Tanpa Instal Ulang. Bagi sebagian besar pengguna komputer saat ini tentu tidak akan asing dengan istilah virus komputer. Program yang telah memberikan kerugian banyak orang merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari era teknologi komputer saat ini. Perkembangan teknologi semakin canggih dan kompleks diikuti dengan berkembangnya virus komputer yang juga semakin memberikan dampak buruk bagi para korban yang telah mengalami infeksi.

Jika Anda menjadi korban infeksi virus komputer, pasti akan ada banyak ketidaknyamanan dan kerugian yang dapat Anda rasakan dari program ini. Virus komputer memiliki berbagai karakteristik yang hampir seluruhnya dibuat untuk mencapai tujuan tertentu agar bermanfaat bagi pembuatnya. Tujuan-tujuan ini memiliki niat baik terhadap yang buruk bagi kehidupan orang-orang. Dalam diskusi ini kita akan membahas cara menghapus virus di laptop tanpa menginstal ulang. Namun sebelum kita membahasnya, kita akan membahas tentang apa itu virus komputer.

8 Cara Menghapus Virus di Laptop / Komputer Tanpa Instal Ulang


Apa itu Virus Komputer?

Virus komputer adalah program malware yang dapat menyebar antara satu perangkat komputer atau laptop dengan komputer lain. Ini dapat mengakibatkan membuat pekerjaan operasi komputer yang dimiliki oleh komputer yang terinfeksi tidak dapat memberikan kinerja maksimal.

Virus komputer juga bisa membuat data penting yang ada di komputer Anda terhapus atau menjadi rusak sehingga tidak bisa lagi digunakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan virus komputer adalah mengunci hard drive yang digunakan oleh korban, mengubah konfigurasi komputer yang terinfeksi, dan juga mencuri data penting yang ada pada pemilik komputer yang telah terinfeksi.

Virus komputer / Laptop yang sering ditemukan

Virus komputer sering menyebar melalui media aplikasi email, atau media lain dan saat ini internet adalah media yang paling sering digunakan untuk menyebarkan virus komputer. Untuk penyebaran virus komputer melalui media email, virus komputer umumnya menyembunyikan dirinya sebagai pengajuan lampiran file dalam aplikasi, tautan URL di internet. Sebagian besar virus komputer yang menginfeksi perangkat komputer adalah penyebab RAM PC penuh.

Ini juga dapat terjadi pada berbagai jenis perangkat selain komputer atau laptop seperti smartphone. Ada beberapa jenis virus komputer yang umum ditemukan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut

Worm

Worm adalah jenis virus komputer yang dapat menyebar tanpa memerlukan interaksi khusus dari penggunanya. Sebagian besar jenis cacing berasal dari infeksi yang berasal dari pengiriman lampiran email yang diterima oleh pengguna komputer, ketika file dijalankan maka jenis virus komputer worm ini mulai menyebar di komputer pengguna. Dengan mengetahui cacing setidaknya Anda dapat membedakan jenis virus ini dengan virus lain.

Trojan

Virus Trojan adalah virus komputer yang memiliki kemampuan untuk menyembunyikan dirinya di program lain yang ada di dalam komputer. Virus ini memiliki kemampuan untuk memasuki komputer Anda tanpa perlu memiliki interaksi penuh dari penggunanya. Mengetahui arti trojan setidaknya akan membuat Anda mengenali perbedaan antara jenis virus ini dengan jenis virus lainnya.

Spyware

Spyware adalah program virus yang dapat menginstal sendiri pada komputer yang telah terinfeksi tanpa sepengetahuan korban. Jenis program ini dapat mengambil tindakan untuk mengubah konfigurasi komputer atau mengumpulkan data pribadi milik korban.

Menghapus Virus di Laptop Tanpa Instal Ulang

Ada beberapa asumsi yang menyarankan untuk menghapus virus di laptop dapat dilakukan dengan hanya melalui proses instal ulang. Ini bisa dilakukan tetapi sangat tidak efisien, dengan menginstal ulang setiap kali komputer atau laptop Anda terinfeksi oleh virus akan membuat data yang tersimpan di komputer Anda menjadi rentan terhadap crash karena proses partisi.

Selain menginstal ulang pada laptop cukup memakan waktu dan juga cukup merepotkan. Oleh karena itu lebih baik membersihkan virus dengan menginstal ulang laptop dilakukan sebagai langkah terakhir jika tidak ada lagi cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan laptop Anda dari infeksi virus.

Kali ini saya akan mencoba membagikan cara menghapus virus di laptop tanpa menginstal ulang. Dengan mengikuti metode yang akan dibahas selanjutnya, Anda akan dapat sedikit lebih bebas dari bahaya virus komputer yang menginfeksi komputer Anda.

Langkah-langkah untuk Menghapus Virus di Laptop Instal Ulang

Untuk menghapus virus di laptop tanpa menginstal ulang bukanlah hal yang sulit, terutama jika dibandingkan dengan proses instal ulang. Berkat pengembangan perangkat lunak penghapusan virus yang semakin canggih dan semakin mudah diakses. Saat ini ada beberapa perangkat lunak yang dapat membantu Anda menghapus virus di komputer atau laptop Anda. Plus untuk dapat menggunakannya gratis dan tersedia secara gratis. Salah satu dari banyak aplikasi yang digunakan oleh orang untuk membersihkan komputer mereka adalah MalwareBytes Anti-Malware.

Langkah - langkah menghapus virus di laptop dengan menggunakan MalwareBytes Anti-Malware yang dapat Anda ikuti dalam pembahasan di bawah ini.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh Malwarebytes software / aplikasi Anti-Malware untuk versi PC di situs resminya.
  2. Setelah Anda mengunduh aplikasi ini, jangan lupa untuk menginstal aplikasi di komputer Anda.
  3. Jika sudah diinstal, jalankan aplikasi. Pastikan Anda menjalankannya dengan mode Administrator.
  4. Mulai proses pemindaian secara menyeluruh di komputer Anda untuk membersihkan virus yang ada di laptop Anda.
  5. Proses pemindaian ini akan memakan waktu lama tergantung pada jumlah file yang ada di komputer Anda. Ini tidak jauh berbeda dengan proses pemindaian pada antivirus biasa. Namun, dengan menggunakan aplikasi Malwarbytes Anti-Malware ini, tingkat deteksi dan juga databasenya akan membantu komputer Anda menemukan virus komputer yang umumnya tidak dapat terdeteksi oleh sebagian besar antivirus.
  6. Jika virus komputer telah terdeteksi nantinya program ini akan mengambil tindakan sesuai dengan masukan yang diberikan oleh pengguna. Jika Anda tidak tahu harus berbuat apa. Anda harus mengikuti tindakan yang direkomendasikan oleh program ini.
  7. Setelah proses pemindaian selesai tutup aplikasi dan lakukan proses restart untuk memastikan proses pembersihan komputer Anda benar-benar selesai.
  8. Menghapus antivirus memang bisa dilakukan dengan mudah tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk membuat laptop Anda bebas dari virus adalah dengan mengambil tindakan pencegahan. Dengan mengikuti cara mencegah komputer agar tidak terinfeksi virus, Anda dapat membuat komputer atau laptop Anda terlindungi dari virus.

Itu adalah diskusi tentang cara menghapus virus laptop tanpa menginstal ulang. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.