Cara Membersihkan Keyboard, Casing Dan Layar Laptop Yang Kotor

Langkah Cara Membersihkan Keyboard, Casing Dan Layar Laptop Yang Kotor Yang Benar Dan Mudah. Apakah Anda masih ingat kapan terakhir kali Anda membersihkan laptop? Apakah laptop Anda berdebu? Tentunya jika laptop Anda sudah memiliki debu yang menumpuk tentunya Anda akan merasa tidak nyaman dalam menggunakan laptop. Laptop yang sudah lama tidak dibersihkan akan memiliki banyak debu yang tentunya merupakan salah satu penyebab laptop cepat panas. Di sini saya akan berbagi tentang cara membersihkan laptop dengan mudah.

Dalam membersihkan laptop ada lima bagian dari laptop yang harus Anda perhatikan. Kelima bagian ini adalah bagian yang harus dibersihkan untuk memberikan kinerja yang baik untuk komputer Anda. Bagian ini merupakan bagian dari case laptop, layar lcd, keyboard laptop dan touchpad, port, dan kipas.

Untuk membersihkan laptop, Anda dapat membuka casing laptop dan menunjukkan bagian dalam laptop dan memfasilitasi proses pembersihan dari bagian dalam laptop. Namun ini tidak perlu dan juga perlu diingat jika Anda ingin membuka casing laptop, Anda harus benar-benar paham cara membukanya. Jika tidak ada kemungkinan Anda dapat merusak casing laptop karena Anda mencoba secara paksa.
Cara Membersihkan Keyboard, Casing Dan Layar Laptop Yang Kotor

Membersihkan bagian sistem pendingin laptop akan membantu Anda mengatasi masalah overheating yang sering dialami laptop. Ini juga akan mengurangi gejala - gejala yang menyebabkan laptop mati mendadak.

Sebelum Anda mulai membersihkan laptop Anda, jangan lupa untuk selalu memeriksa panduan perawatan laptop Anda. Setiap merek laptop pasti akan memberikan prosedur terbaik untuk membersihkan setiap laptop. Ini dapat dicari melalui internet.

Jika Anda sudah memahaminya mari kita lanjutkan ke langkah-langkah berikut untuk membersihkan laptop Anda dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya - langkah yang bisa Anda lakukan.

Persiapan

Sebelum kita mulai mempersiapkan pembersihan laptop, dari debu - debu yang sudah ditumpuk ada beberapa hal yang perlu kita siapkan. Inilah persiapannya.


  1. Pastikan laptop anda sudah mati dan tercabut dari sumber daya yang ada, dan jangan lupa untuk melepaskan baterai dari laptop anda.
  2. Siapkan cairan pembersih khusus laptop
  3. Siapkan air kompresor kalengan yang dapat dibeli pada toko komputer.
  4. Siapkan kain pembersih yang halus, tanpa memiliki serabut. Buat kain pembersih yang anda gunakan menjadi sedikit lembap dengan cairan pembersih yang sudah disiapkan. Jangan sampai kain tersebut menjadi basah, hanya perlu sedikit lembap
  5. Perlu diingat nantinya dalam pembersihan jangan menyemprotkan cairan apapun secara langsung kepada bagian apa saja yang ada di laptop. Untuk melakukan pembersihan cukup disemprotkan ke bagian kainnya saja.


Membersihkan Case Laptop.

Jika anda sudah mempersiapkan dan memahami hal -hal yang disebutkan sebelumnya, berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan untuk membersihkan case laptop.


  1. Pertama anda perlu membersihkan case laptop dengan menggunakan kain pembersih terlebih dahulu untuk menghilangkan laptop anda dari debu -debu yang melekat. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan kain biasa.
  2. Setelah itu gunakan kain pembersih yang sudah disiapkan dengan cairan pembersih untuk membersihkan case laptop bagian exteriornya.
  3. Lakukan dengan melap bagian – bagian yang kotor.
  4. Setelah bagian exteriornya bersih silahkan lanjutkan pembersihan ke bagian dalamnya dengan membuka penutup laptop dan bersihkan area disekitar keyboard anda.


Membersihkan Layar LCD

Setelah bagian case laptop selesai dibersihkan sekarang kita berpindah menuju bagian layar lcd. Cara membersihkan lcd laptop tidak jauh berbeda dengan cara untuk membersihkan case laptop. Hanya saja dalam hal ini diperlukan perhatian yang lebih dalam membersihkan layar LCD. Berikut merupakan langkah – langkahnya.


  1. Sebelum membersihkan layar lcd bersihkan dulu layar lcd dari debu -debu yang melekat.
  2. Setelah itu lap layar lcd dengan menggunakan kain yang sudah disiapkan sebelumnya. Jika kain yang digunakan tidak terlalu kotor anda bisa menggunakannya kembali, tapi jika tidak anda perlu untuk membersihkannya atau mengganti kain tersebut.
  3. Gunakan kain yang sudah disiapkan untuk membersihkan layar lcd laptop dengan gerakan yang searah untuk melap layar lcd tersebut.
  4. Lap dengan perlahan dengan tidak menekan layar lcd. Jika anda tidak berhati – hati dan melakukan pembersihan secara kasar anda dapat membuat lcd laptop pecah.
  5. Membersihkan Keyboard dan Touchpad Laptop


Setelah membersihkan layar LCD sekarang kita lanjut untuk membersihkan keyboard dan touchpad laptop. Berikut merupakan langkah – langkahnya.


  1. Gunakan kompressor udara kalengan untuk meniup dan menghilangkan debu – debu maupun benda lainnya yang mungkin terselip di bagian tombol keyboard. Cara alternatifnya anda bisa membalikkan laptop anda dan dan gerakan secara halus untuk melepaskan debu – debu atau benda asing yang terjebak di laptop anda.
  2. Jika anda memiliki keyboard yang sangat kotor. Anda dapat membuka tombol keyboardnya secara individual dan melap bagian bawahnya dengan kain yang sudah disiapkan. (Jangan lupa untuk mengecek manual yang ada karena tidak setiap laptop dapat dilepaskan tombol keyboardnya.)
  3. Bersihkan bagian touchpadnya dengan menggunakan kain yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Membersihkan Port dan Kipas Angin


Yang terakhir adalah membersihkan port dan kipas angin. Berikut merupakan langkah – langkah yang dapat anda lakukan.


  1. Gunakan kompressor udara kalengan untuk membersihkan debu – debu yang berada di bagian bukaan kipas angin dan juga bagian bukaan port. Semprotkan dari sudut tertentu sehingga debu -debu yang ada terhembus ke bagian luar laptop bukan kebagian dalamnya.
  2. Perlu diingat juga berhati-hatilah ketika anda menyemprotkan kompressor udara tersebut. Jika anda menyemprotkan terlalu kuat cairan yang ada bisa masuk ke dalam piringan kipas angin yang ada didalam komputer
  3. Untuk mencegah kipas angin bergerak ketika anda menyemprotkan air kompressor kalengan, anda bisa menggunakan tusuk gigi, atau cotton bud untuk mengganjal kipas angin agar tidak bergerak. Jika anda tidak melakukan hal ini ada kemungkinan anda dapat merusak kipas angin yang ada didalam laptop.


Jika Anda telah melakukan semua langkah di atas langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menunggu cairan yang mungkin ada di laptop menjadi benar-benar kering. Setelah semuanya benar-benar kering Anda dapat memasang kembali baterai Anda dan menyalakan laptop Anda.

Itu adalah diskusi tentang cara membersihkan laptop dengan mudah. Metode ini adalah bagian dari cara menjaga agar laptop tidak cepat rusak. Jika Anda tidak ingin laptop Anda menjadi tahan lama dan dapat digunakan untuk waktu yang lama Anda tidak boleh melupakan ini. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel