Cara Membuat Kabel VGA to RCA Lengkap Dengan Langkahnya

Kabel VGA ke RCA adalah kabel yang dapat menghubungkan TV dengan komputer atau laptop. Saat ini peralatan kabel VGA ke RCA dapat dengan mudah ditemukan dan harganya juga cukup terjangkau. Kabel ini dapat membantu menghubungkan tv ke proyektor.

Anda juga dapat membuat kabel ini dengan peralatan yang mudah diakses. Dengan kemampuannya untuk dapat menghubungkan TV dengan proyektor, tentu saja ini akan menambah fungsi proyektor LCD.

Berikut ini beberapa langkah untuk cara membuat VGA ke kabel RCA.

Persiapan

Untuk membuat kabel konverter ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Hal-hal yang harus disiapkan termasuk kabel VGA dan juga steker RCA. Jika memungkinkan juga memberikan pemotong kawat dan stripper kawat. Jangan lupa siapkan solder untuk menghubungkan steker RCA dengan kabel yang telah disiapkan. Solder yang ideal untuk menghubungkan kabel dapat berkisar dari 20 watt hingga 40 watt.
Cara Membuat Kabel VGA to RCA Lengkap Dengan Langkahnya

Untuk membuat VGA ke kabel RCA akan diperlukan untuk menghubungkan antara kabel VGA dengan Jack dari RCA. Ketika selesai, Jack adalah salah satu yang dapat dipasangkan ke koneksi yang ada dari panel audio video pada HDTV atau panel TV.

Membuat Koneksi Kabel VGA ke RC


  1. Sebelum memulai, pastikan kabel yang akan digunakan tidak sedang tersambung pada perangkat apapun ataupun pada komputer.
  2. Ambil wire clipper dan lepaskan plug VGA pada ujung salah satu kabel VGA yang digunakan.
  3. Gunakan wire stripper untuk mengupas kabel yang akan digunakan. Nantinya dengan terkelupasnya kabel akan memunculkan bagian dalam dari kabel yang terdiri atas kabel warna biru, hijau, dan merah. Yang masing – masingnya juga terselimuti sama seperti kabel bagian luarnya.
  4. Kupas bagian terluar dari masing -masing kaberl berwarna tadi sekitar 3 cm dari ujungnya untuk memperlihatkan bagian kabel tembaganya.
  5. Jika sudah dilakukan siapkan solder yang akan digunakan.
  6. Jangan lupa untuk memanaskan sedikit timah yang hendak digunakan kemudian lap bagian tersebut dengan menggunakan kain untuk membersihkannya.Proses ini akan mempersiapkan timah dan solder yang akan digunakan.
  7. Sambungkan kabel VGA dengan jack RCA dan kemudian lilit agar tidak mudah terlepas. Perlu diingat jika sambungannya tidak terlalu baik nantinya akan kabel ini akan menjadi salah satu penyebab monitor berkedip.
  8. Setelah itu solder menggunakan timah yang sudah disiapkan
  9. Memastikan Sambungan yang tepat


Dalam penyambungan kabel VGA to RCA, ada hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan sambungan yang tepat.


  1. Kabel yang berwarna biru nantinya perlu untuk disambungkan dengan jack yang berwarna biru,
  2. kabel yang berwarna merah nantinya perlu  untuk disambungkan dengan jack yang berwarna merah,
  3. kabel yang berwarna hijau nantinya juga pelru disambungkan dengan jack yang berwarna hijau.
  4. untuk perletakkannya pada jack, juga tidak boleh dilakukan secara sembarang, untuk kabel sinyalnya perlu diletakkan pada bagian tengah jack.
  5. sedangkan yang lainnya berada disampingnya.
  6. jika terdapat kesalahan dalam pembuatan sambungan nantinya dapat menjadi salah satu penyebab monitor no signal detected

Sentuhan Akhir dari Sambungan Kabel VGA to RCA

Untuk bagian akhir menghubungkan kabel VGA ke RCA gunakan selotip atau bahan isolasi yang baik untuk menutupi kabel. Ini dilakukan untuk menutup setiap jenis - jenis koneksi yang telah dibuat. Dengan melakukan ini, akan membantu dalam membatasi terjadinya kesalahan dapat terjadi pada sinyal kacau yang dapat disebabkan oleh kontak kabel yang telah dibuat.

Jika semua sudah selesai, harap pasang kabel yang baru dibuat di komputer dan tv dengan menghubungkan jack VGA pada port VGA komputer dan jack RCA pada port TV untuk menguji apakah kabel berfungsi dengan benar.

Itu adalah diskusi tentang cara membuat kabel VGA ke RCA. Menggunakan VGA Anda ke kabel RCA membantu menghubungkan TV Anda dengan komputer Anda. Namun perlu diingat juga jangan sampai ini membuat Anda ketagihan di depan laptop terlalu lama mengingat bahaya komputer ke mata. Sampai ketemu lagi nanti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel