Cara Memperbaiki Kartu Memori (Memory Card) Yang Rusak Tanpa Memformat / Menghapus data

Cara Memperbaiki Kartu Memori (Memory Card) Yang Rusak Tanpa Memformat / Menghapus data
Cara Memperbaiki Kartu Memori (Memory Card) Yang Rusak Tanpa Memformat / Menghapus data
Cara Memperbaiki Kartu Memori (Memory Card) Yang Rusak Tanpa Memformat / Menghapus data. Kartu memori adalah salah satu komponen penting dalam perangkat seluler. Dengan kartu memori, Anda dapat meningkatkan kapasitas penyimpanan pada ponsel Anda yang biasanya terbatas. Dengan demikian, Anda dapat menyimpan berbagai file foto, video, dan file besar lainnya, tanpa khawatir mengurangi kapasitas penyimpanan internal ponsel Anda.

Selain ponsel, kartu memori juga merupakan komponen penting untuk berbagai perangkat, seperti kamera digital, kamera DSLR, mikrokontroler, dan perangkat lainnya. Oleh karena itu, kartu memori harus dalam kondisi prima agar dapat terus digunakan.

Namun, terkadang kartu memori mungkin mengalami gangguan yang dapat menyebabkan kerusakan. Kerusakan ini pada akhirnya mengharuskan Anda memformat semua data yang tersimpan di kartu memori Anda. Dalam hal ini, bisa jadi pada kartu memori tersimpan beberapa file penting Anda.

Cara Memperbaiki Kartu Memori (Memory Card) Yang Rusak Tanpa Memformat / Menghapus data

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Cara-cara yang akan kami jelaskan dalam artikel ini cukup mudah dilakukan sendiri. Kami memulai diskusi:

Cara Mudah Memperbaiki Kartu Memori yang Rusak Tanpa Memformat

1. Bersihkan kartu memori

Tujuan pembersihan pada titik ini berarti Anda benar-benar membersihkan kartu memori Anda secara manual. Bagaimana caranya? Pertama, keluarkan kartu memori dari ponsel Anda. Lihatlah lempengan tembaga emas di bagian bawah kartu memori Anda. Kadang-kadang jika potongan itu kotor, itu akan mengakibatkan kesulitan kartu memori Anda terdeteksi oleh telepon.

Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan penghapus pensil putih atau warna terang. Kemudian, gosok bagian piring dengan perlahan agar terlihat bersih dan berkilau. Kemudian, coba masukkan kembali kartu memori Anda ke slot yang tersedia dan nyalakan ponsel Anda. Periksa apakah kartu memori Anda dapat dibaca oleh ponsel Anda atau masih tidak dapat dibaca.

2. Bersihkan bad sector pada kartu memori

Salah satu cara untuk memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan sektor buruk di kartu memori menggunakan PC atau komputer laptop. Bad sector juga merupakan salah satu penyebab kerusakan hard disk pada komputer. Jadi, jangan biarkan kartu memori Anda memiliki bad sector.

Caranya, pertama-tama hubungkan kartu memori yang rusak ke komputer melalui card reader (internal pada komputer / laptop atau pembaca kartu USB tipe eksternal). Kemudian, klik kanan pada nama kartu memori yang dibaca di Windows Explorer. Kemudian pilih Properties> Tools> Periksa sekarang. Periksa "Secara otomatis memperbaiki kesalahan sistem file" dan "Pindai dan coba pemulihan bad sector". Klik tombol Start untuk memulai proses pembersihan bad sector. Selain memperbaiki kartu memori, cara ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki USB flash yang rusak.

3. Menggunakan Command Prompt

Cara berikutnya untuk menangani kartu memori yang salah tanpa memformat adalah dengan menggunakan fitur yang tersedia secara default pada Windows, yaitu Command Prompt. Cara membuka Command Prompt untuk Anda yang menggunakan OS Windows 7 ke atas, klik Start Menu> ketikkan "cmd" (tanpa tanda kutip) di kotak pencarian. Bagi Anda yang menggunakan OS Windows XP, klik Start, lalu pilih Run. Kemudian ketik "cmd" (tanpa tanda kutip), dan terakhir tekan Enter pada keyboard. Selanjutnya, jendela Command Prompt akan terbuka.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, periksa dulu partisi yang dibaca pada kartu memori Anda menggunakan Windows Explorer. Sebagai contoh, kartu memori yang dapat dibaca adalah G: partisi. Sekarang, di jendela Command Prompt, ketik "chkdsk <partisi kartu memori Anda>: / f" (tanpa tanda kutip), lalu tekan Enter pada keyboard. Dengan contoh, ketik "chkdsk g: / f". Tunggu beberapa saat hingga Windows mendeteksi masalah yang ada pada kartu memori Anda. Jika di layar komputer Anda tertulis "Windows Telah Membuat Koreksi Pada Sistem File", itu berarti kartu memori Anda telah berhasil diperbaiki. Metode ini juga bisa diterapkan untuk memperbaiki flash yang rusak.

4. Scan dengan Antivirus

Langkah ini agak terkait dengan langkah sebelumnya. Saat memeriksa kartu memori melalui komputer, Anda bisa saat memindai virus yang mungkin ada di kartu memori Anda menggunakan antivirus. Anda tidak dapat membaca kartu memori Anda karena beberapa virus Android paling berbahaya yang menyerang kartu memori yang memblokir kartu akses untuk dibaca di telepon.

Cara melakukan scanning virus pada kartu memori ini bisa menggunakan berbagai jenis antivirus yang terpasang di komputer Anda, mulai dari Avira, Smadav, AVG, dan lainnya. Jika setelah proses pemindaian selesai, ternyata kartu memori Anda benar-benar terserang oleh virus, segera bersihkan virus. Saat itu pasang kartu memori kembali ke telepon.

5. Format kartu memori Anda

Loh, mengapa harus diformat, tetapi Anda tidak ingin memformat kartu memori? Di satu sisi, format ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan kartu memori Anda ketika tidak dapat ditangani dengan cara-cara sebelumnya yang telah kita diskusikan.

Salah satu cara memformat kartu memori di Android adalah masuk ke menu Pengaturan di Android Anda. Kemudian pilih Storage. Pada opsi yang tersedia, pilih "Hapus Kartu SD". Sistem Android Anda akan secara otomatis menghapus dan membersihkan konten dalam kartu memori Anda. Kartu memori yang bersih kemungkinan besar akan digunakan kembali seperti semua.

Berbicara tentang kartu memori yang rusak, mungkin ada beberapa penyebab. Berikut ini penyebab kartu memori yang rusak yang harus Anda ketahui:

1. Kualitas kartu memori tidak bagus

Sebenarnya, titik ini adalah poin paling penting ketika Anda ingin membeli kartu memori. Anda pasti harus mempertimbangkan kartu memori yang Anda beli. Salah satu pertimbangan yang dapat Anda pilih adalah dari merek. Semakin terkenal merek kartu memori, dan semakin banyak orang yang merekomendasikan merek, maka biasanya kualitas yang dimiliki oleh kartu memori sangat baik. Namun tentu saja, kartu memori yang bagus biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Namun, tentu akan berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Jadi kartu memori bisa bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Namun, jangan hanya dipatok ke merek saja. Jangan percaya jika ada yang menjual kartu memori merek terkenal dengan harga murah. Karena kemungkinan besar, kartu memori adalah kartu memori palsu, atau yang biasa disebut dengan kualitas KW.

Juga perhatikan kelas kartu memori yang Anda beli. Kelas tertinggi saat ini di kartu memori adalah kelas 10. Anda harus membaca cara mengetahui kelas pada Kartu SD yang kita diskusikan di situs web ini.

2. Usia kartu memori sudah tua

Meskipun kartu memori yang Anda miliki adalah kartu memori berkualitas terbaik di kelasnya, atau jika Anda memiliki harddisk eksternal terbaik sekalipun, tetapi jika kartu memori telah digunakan hingga puluhan atau mungkin puluhan tahun, maka kinerjanya akan menurun seiring waktu. Penurunan bisa berdampak pada penghancuran kartu memori Anda.

3. Penggunaan kartu memori salah

Menggunakan kartu memori juga ternyata memiliki caranya sendiri, terutama ketika hendak mengeluarkan kartu memori dari ponsel. Anda tidak bisa melakukannya sembarangan hanya dengan mencabut atau mengeluarkan kartu memori begitu saja. Anda harus mengeluarkan telepon secara manual saat Anda ingin mencabut kartu memori. Begitu pula ketika Anda ingin menghapus flash dari komputer atau laptop. Caranya adalah masuk ke menu Pengaturan, pilih Storage> MicroSD> Unmount SD Card.

Dengan melakukan hal tersebut, jika ada data yang sedang dipakai pada kartu memori, maka sistem Android Anda akan memberhentikan proses pembacaan data tersebut. Hal yang berbeda akan terjadi saat kartu memori dilepas begitu saja. Data yang sedang dipakai tiba-tiba diberhentikan secara paksa. Akibatnya, kartu memori menjadi lebih mudah rusak. Dan jika hal tersebut terus menerus dilakukan, maka tentunya kartu memori Anda menjadi cepat rusak.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki kartu memori Anda.