Cara Memperbaiki Laptop / Komputer Yang Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Mengatasi Laptop / Komputer Tidak Bisa Masuk Windows Paling Mudah. Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Windows sebagai sistem operasi utama di laptop atau komputer rumah Anda, maka tentu saja perlu mengetahui beberapa cara yang akan sangat berguna untuk menyelesaikan masalah Windows saat mengalami kesalahan. Masalah kesalahan pada Windows dapat disebabkan oleh masalah sistem, aplikasi, perangkat keras dan sebagainya. Di antara kesalahan yang paling sering, salah satu kesalahan yang paling menjengkelkan adalah ketika Anda bahkan tidak bisa masuk ke Windows Anda sendiri, dan hanya berhenti di Windows login, atau bahkan layar kosong setelah selesai selesai boot Windows boot dengan komputer Anda. Dengan kesalahan ini tentu saja Anda hampir tidak dapat melakukan apa-apa dan mungkin komputer Anda tidak akan banyak berguna.

Untuk mengatasi masalah ini, maka tentu saja Anda perlu mengetahui cara mengatasi komputer tidak bisa memasukkan Windows berikut sehingga Anda dapat mengatasi masalah kesalahan dan dapat menggunakan Windows seperti biasa. Bagaimana mengatasi masalah komputer atau kesalahan laptop yang tidak bisa masuk Windows itu? Silakan gunakan beberapa alternatif cara mengatasi komputer tidak bisa masuk Windows di bawah ini ya.
Cara Memperbaiki Laptop / Komputer Yang Tidak Bisa Masuk Windows


1. Instal ulang Windows

Cara pertama, dan mungkin cara Anda tidak menyukainya, terutama bagi Anda yang tidak suka repot menginstal Windows, adalah menginstal ulang sistem operasi Windows itu sendiri. Dengan menginstal ulang, Anda dapat menghapus semua file (dan tentu saja termasuk file pribadi) yang dapat menyebabkan kesalahan sehingga Anda dapat membuat Windows berjalan di negara asal tanpa masalah.

Walaupun kedengarannya cukup kuat, tetapi Anda tidak dapat langsung memutuskan untuk menggunakan metode ini karena faktor risiko dan juga tingkat keberhasilan yang mungkin rendah, tergantung pada faktor yang menyebabkan komputer Anda tidak bisa boot. Jika kegagalan boot ke Windows disebabkan karena sistem file yang rusak, kemungkinan langkah ini bisa mengatasinya. Namun, jika gagal boot karena bad sector pada hard drive Anda, maka cara ini kemungkinan besar tidak akan berfungsi. Karena itu Anda harus peka dan ingat apa yang menyebabkan kesalahan tidak bisa boot itu muncul dan dari situ Anda tinggal memutuskan langkah apa yang tepat untuk mengatasinya.

2. Memanfaatkan System Restore

Langkah kedua hanya bisa Anda lakukan jika Windows Anda sudah memiliki atau tidak pernah membuat backup melalui fitur System Restore sebelumnya. Menggunakan fitur ini Anda mengembalikan sistem operasi Windows Anda ke keadaan terakhir, sementara Windows Anda masih baik-baik saja. Namun, fitur ini hanya dapat mengatasi kegagalan boot saat penyebabnya adalah masalah sistem file atau karena malfungsi perangkat lunak lainnya. Meskipun gagal boot karena kerusakan perangkat keras tidak akan ditangani dengan benar. Selain itu, tentu saja fitur pemulihan sistem membutuhkan ruang atau ruang yang cukup besar sehingga terkadang dan mungkin sering, pengguna Windows akan mematikannya dan karena itu sering System Restore tidak dapat dimanfaatkan.

Bagi Anda yang memiliki ruang harddisk yang cukup besar, maka tidak ada salahnya mengaktifkan fitur System Restore sebagai bentuk antisipasi ketika menghadapi kesalahan sistem operasi Windows yang terjadi karena rusak atau terinfeksi virus file sistem dan semacamnya. Namun bagi Anda yang memiliki harddisk kecil, tidak ada salahnya untuk mematikan fitur ini dengan risiko harus menginstal ulang untuk memecahkan masalah kesalahan pada sistem operasi Windows Anda.

3. Hapus aplikasi penyebab gagal boot lewat safe mode

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah laptop atau komputer yang tidak membuatnya menjadi Windows adalah dengan menghapus aplikasi atau file tertentu, serta virus atau malware yang menyebabkan Windows Anda tidak bisa masuk ke Windows dengan sempurna. Caranya adalah dengan menekan F8 saat booting Windows berjalan, maka akan muncul menu boot tambahan yang dimiliki oleh Windows. Carilah menu yang pada prinsipnya akan membuat kita untuk boot dalam safe mode yang dimiliki oleh Windows sehingga kita dapat masuk ke Windows melalui cara-cara lain yang lebih aman dan tentunya lebih kebal terhadap virus dan sebagainya (kecuali safe mode itu sendiri terinfeksi).

Saat memasuki mode aman, Anda dapat menghapus aplikasi, memindai virus atau malware, menghapus driver, dan file atau aplikasi lain yang dapat menyebabkan kegagalan boot. Namun, langkah ini akan mengharuskan kami untuk mengetahui file atau file apa yang menyebabkan Windows gagal untuk boot. Saat booting Anda melihat pesan tertentu seperti blue screen of death, maka pesan yang bisa Anda gunakan untuk mencari tahu file apa saja yang perlu dihilangi atau diperbaiki agar Windows bisa berfungsi normal. Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan memori Anda, kapan terakhir kali Windows Anda baik-baik saja dan aplikasi atau kejadian apa yang kemudian membuat Windowsmu mengalami masalah booting.

4. Mengganti perangkat keras yang sudah rusak

Masalah boot Windows yang gagal juga bisa disebabkan karena perangkat keras yang sudah rusak. Misalnya salah satunya adalah karena modul RAM yang rusak pada satu chipnya sehingga prosesor tidak akan bisa memproses instruksi dengan maksimal, mengalami kegagalan dan sejenisnya sehingga Windowsmu tidak akan bisa boot dengan sempurna. Perangkat lain seperti prosesor, VGA rusak, monitor yang rusak, atau bahkan IC yang rusak dapat menyebabkan Windows Anda tidak bisa boot, bahkan sejak pertama kali menyalakan laptop Anda, layar selamat datang standar dari BIOS tidak akan berfungsi dengan baik.

Mengganti perangkat keras tentu akan sangat mahal jika Anda benar-benar perlu menggantinya. Karena itu, ada baiknya Anda tidak langsung gegabah dengan memutuskan untuk membeli ini atau itu ketika penyebab Windows booting sempurna Anda tidak tahu dulu. Jadi Anda harus memastikan terlebih dahulu apa yang menyebabkan Windows Anda gagal untuk boot, kemudian menanganinya dengan langkah yang benar.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi komputer tidak bisa masuk Windows yang bisa Anda terapkan secara mandiri. Tentu saja Anda perlu mengingat bahwa cara yang tepat untuk menangani masalah Windows tidak bisa boot adalah memahami penyebabnya terlebih dahulu. Jangan lupa selalu membaca ya, sehingga Anda tahu tips dan trik komputer dan informasi lain yang penting untuk kita ketahui. Sampai ketemu lagi!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel