Cara Memperbaiki Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Cara Memperbaiki Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip
Cara Memperbaiki Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip
Bagi Anda yang memiliki laptop, pasti pernah mengalami masalah ketika laptop tidak mau menyalakan lampu indikator hanya berkedip. Masalahnya adalah satu jenis masalah yang benar-benar akan membuat kita khawatir, jika laptop kita mengalami kerusakan parah. Tentunya ada baiknya jika kita tahu apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi laptop yang kita miliki ketika mengalami masalah, sehingga kita bisa mengatasi masalah dengan benar.

Dengan mengetahui apa yang menyebabkan laptop tidak akan menyalakan lampu indikator hanya berkedip, kita juga dapat menghindari masalah yang mungkin menyebabkan laptop kita mengalami masalah ini. Jadi, apa saja penyebab laptop tidak mau menyalakan lampu indikator hanya berkedip dan bagaimana cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasinya? Selamat membaca di bawah ini ya!
Cara Memperbaiki Laptop Tidak Mau Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip


Laptop Tidak Menyala Lampu Indikator Hanya Berkedip

Apa penyebab laptop hanya berkedip dan tidak bisa dihidupkan dengan baik? Berikut beberapa di antaranya:

1. Baterai habis

Salah satu alasan mengapa laptop tidak menyala dan lampu indikator hanya berkedip karena baterai sudah habis. Tentu saja, baterai laptop yang habis tidak akan cukup untuk memulai laptop Anda kan? Oleh karena itu, pabrikan laptop biasanya akan menyematkan fitur untuk mencegah baterai benar-benar habis dengan mencegah laptop menyala dan hanya akan menunjukkan indikator lampu yang hanya berkedip selama beberapa saat ketika Anda mencoba menyalakan laptop Anda. Tentu saja ini berarti bahwa masalah ini hanya mungkin ketika laptop Anda hidup dengan menggunakan daya dari baterai.

2. BIOS rusak

BIOS yang rusak juga bisa menjadi salah satu alasan laptop tidak mau menyalakan lampu indikator hanya berkedip. Bahkan jika sudah parah, bisa jadi laptop Anda tidak akan merespons sama sekali ketika Anda mencoba untuk menyalakannya. Itu sebabnya kita benar-benar perlu menghindari penyebab kerusakan pada motherboard.

Untuk mengatasi BIOS yang rusak ini, sayangnya itu akan sangat sulit karena kemungkinan besar Anda tidak akan bisa mengembalikan BIOS kecuali ada cadangan, atau tidak dapat mem-flash BIOS baru karena tidak dapat masuk ke BIOS sebelumnya. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda memeriksa ke pusat layanan ahli dan dipercaya untuk memeriksa apakah BIOS rusak atau tidak dengan melakukan tes tertentu.

3. RAM Rusak

RAM yang rusak juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop Anda tidak bisa terbakar dengan baik dan benar. Indikator RAM yang rusak biasanya adalah lampu indikator yang hanya berkedip-kedip, layar bisa menyala, kipas menyala tetapi laptop tidak masuk post test atau sistem operasi. Gejala-gejala ini sangat berbeda dari kerusakan BIOS yang tidak akan membuat laptop Anda dapat memberikan indikator seperti lampu LED yang berkedip atau yang lain.

4. HDD rusak

HDD yang rusak juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop tidak mau menyala dan lampu indikator hanya berkedip. Namun, salah satu indikator lain yang menunjukkan kerusakan dari HDD adalah pesan yang muncul di layar laptop yang mengatakan bahwa HDD tidak terdeteksi dan semacamnya. Tentunya ini bisa berbeda pada setiap laptop, oleh karena itu Anda perlu mendeteksi secara lebih detail seperti memeriksa HDD Anda untuk melihat apakah ada kerusakan atau tidak. Anda juga bisa mengaplikasikan cara mengecek hard drive yang rusak atau tidak.

5. VGA rusak

VGA yang rusak juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop tidak mau menyala dan hanya lampu indikator yang menyala. VGA yang rusak pada prinsipnya akan menyebabkan output layar komputer Anda crash sehingga terlihat seolah-olah laptop Anda tidak menyala ketika dihidupkan. Namun, masalah ini bisa sangat jarang mengingat laptop saat ini menggunakan kartu grafis internal yang ada di CPU, jadi jika ini rusak, bisa jadi prosesornya rusak. Mungkin Anda ingin memeriksa cara memperbaiki VGA onboard.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Menyala Hanya Berkedip
Apa cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala dan hanya menyalakan lampu indikator saja? Ada beberapa hal yang setidaknya bisa kita jadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi laptop hanya berkedip. Beberapa cara ini termasuk yang berikut:

1. Ganti mainboard

Mengganti mainboard atau motherboard bisa menjadi salah satu solusi ketika penyebab laptop tersebut berkedip-kedip kerusakan motherboard, kerusakan CPU, kerusakan VGA, kerusakan pada konektor layar dan berbagai kerusakan lainnya. Perlu dicatat bahwa mengganti mainboard pada dasarnya hampir sama dengan 'membeli kembali' laptop Anda karena merupakan perangkat laptop yang menyolder di mainboard sangat sulit untuk diganti secara manual dan sangat sulit untuk mencari prosesor atau perangkat lain yang cocok dengan jenis mainboard yang kita miliki. Jangan lupa untuk menerapkan cara mengetahui motherboard rusak.

2. Charge ulang

Charge reset dapat Anda gunakan untuk mengatasi laptop yang tidak mau menyala karena kehabisan baterai. Cara yang sangat sederhana ini sebenarnya adalah satu-satunya solusi yang mudah dilakukan ketika Anda dihadapkan dengan laptop yang tidak dapat menyala karena kehabisan baterai. Jika baterai laptop benar-benar habis, ada baiknya jika Anda mengisi ulang atau mengisi daya saat mematikan laptop karena daya yang masuk benar-benar optimal.

3. Ganti RAM

Ganti RAM yang dapat Anda lakukan jika penyebab laptop rusak adalah karena kerusakan RAM, dan jika RAM laptop Anda tidak disolder. Dengan mengganti RAM sesuai dengan RAM yang cocok dengan laptop Anda, maka Anda bisa mulai menjalankan laptop Anda yang awalnya tidak bisa menyala karena lampu indikator hanya berkedip.

Cara ini tentu sangat efektif jika penyebab laptop Anda tidak dinyalakan adalah murni karena RAM rusak dan bukan karena sebab lain yang juga perlu ditangani secara tepat. Agar Anda tidak membuang-buang uang untuk membeli RAM baru, ada baiknya jika Anda meminjam RAM pada teman Anda yang lain terlebih dahulu untuk diuji pada laptop yang Anda miliki.

4. Ganti HDD

Ganti HDD yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah laptop yang tidak mau menyala dan hanya berkedip jika penyebab masalah ini adalah hard disk yang memiliki bad sector, atau bahkan sudah rusak total. Tentu saja Anda harus mengganti hard drive secara menyeluruh karena tidak mungkin untuk mengganti bagian-bagian tertentu dari hard drive saja. Itu sebabnya Anda harus benar-benar memastikan jika penyebab kerusakan pada laptop Anda yang tidak ingin dibakar itu karena HDD bermasalah sebelum benar-benar menggantikannya ya.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak ingin menyalakan lampu indikator hanya flashing yang bisa kita gunakan untuk menyelesaikan masalah laptop kita. Jangan lupa belajar juga penyebab kerusakan pada prosesor di laptop ya. Semoga berhasil memecahkan masalah laptop Anda!