Cara Memperbaiki Memory Card / MicroSD Yang Rusak Tidak Terbaca Sama Sekali

Cara Memperbaiki Memory Card Yang Rusak Tidak Terbaca Sama Sekali. MicroSD adalah salah satu komponen penting untuk sebagian besar ponsel saat ini serta untuk perangkat elektronik yang memerlukan media penyimpanan praktis. Meskipun saat ini memiliki banyak gadget yang memiliki memori internal yang besar, namun tetap pengguna pada umumnya membutuhkan kartu memori eksternal (MicroSD) yang dapat digunakan untuk menyimpan data - data yang mereka miliki.

Kartu memori (terutama MicroSD) biasa disebut sebagai memori eksternal. SD singkatan dari istilah Secure Digital yang biasa digunakan pada media penyimpanan portabel. Jika Anda ingin memahami perbedaan antara SD Card dan MicroSD Anda dapat mencoba untuk mengetahui kelas di SD Card untuk mengetahui jenis kartu memori yang Anda gunakan.
Cara Memperbaiki Memory Card / MicroSD Yang Rusak Tidak Terbaca Sama Sekali

Sama seperti perangkat yang sering ditemukan pada perangkat elektronik lainnya, kartu memori tidak dapat dipisahkan dari masalah dan juga kekurangannya. Tingkat masalah kartu memori sangat beragam. Mulai dari masalah sederhana hingga masalah yang membuat kartu memori Anda tidak bisa lagi digunakan dengan benar. Perhatikan juga bahwa ada keadaan di mana kartu memori tidak dapat dibaca karena semua file disembunyikan. Keadaan file dapat terjadi karena file Anda disembunyikan oleh virus tertentu. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kartu memori yang belum dibaca adalah dengan menggunakan cara memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca sama sekali.

Jika Anda telah merusak memori eksternal, ada baiknya tidak terburu-buru membeli perangkat memori eksternal baru. Jika ada solusi yang bisa menyelesaikan masalah, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu.

Penyebab Memory Card yang rusak

1. Sering dipindahkan

Jika Anda sering melakukan proses pemindahan kartu memori dari perangkat ke perangkat lain berkali-kali dalam waktu singkat, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan itu. Kartu memori sering di pindahkan - berpindah antara satu perangkat dengan perangkat lain akan membuatnya rentan terhadap masalah yang dapat membuat kartu memori Anda menjadi rusak.

2. Terkena minyak atau kotoran

Kartu memori yang terkena minyak atau kotoran dapat membuat perangkat tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda ingin kartu memori Anda bebas dari minyak dan kotoran pastikan bahwa tangan dan slot kartu memori Anda bebas dari debu atau kotoran minyak.

3. Terkena Infeksi Virus

Adanya virus yang merusak perangkat kartu memori yang ada di komputer atau hp adalah salah satu faktor yang dapat membuat kartu memori Anda menjadi rusak. Oleh karena itu, sebelum Anda menghubungkan HP Anda ke komputer, pastikan bahwa komputer yang Anda gunakan untuk mentransfer data bebas dari virus. Jika Anda menggunakan Windows 7 Anda bisa melakukan cara menghapus virus di Windows 7 laptop.

4. Berhubungan dengan Magnet

Salah satu faktor penyebab yang dapat membuat kartu memori tidak lagi dapat digunakan pada HP Anda atau perangkat lain yang bersentuhan dengan magnet. Oleh karena itu hindari menempatkan kartu memori Anda atau perangkat HP Anda di dekat magnet atau peralatan yang memiliki medan magnet yang kuat.

5. Kartu memori digunakan untuk jangka waktu yang lama secara terus menerus

Penggunaan kartu memori secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama bukanlah hal yang baik. Sama seperti manusia, penggunaan berkelanjutan jangka panjang pada akhirnya hanya akan memiliki efek negatif pada perangkat. Jika Anda sering memainkan lagu atau video yang disimpan di kartu memori selama berjam-jam, tentu ini akan beresiko memperpendek usia penggunaan kartu memori Anda.

6. Kesalahan saat menarik / memasukkan memori ke dalam slot perangkat penyimpanan

Kesalahan saat mencabut / memasukkan memori juga dapat menimbulkan masalah dengan kinerja kinerja dari perangkat memori yang digunakan.

Cara Memperbaiki Memori yang Rusak
Setelah mengetahui penyebab kartu memori menjadi rusak. Dalam diskusi selanjutnya kita akan membahas cara memperbaiki kartu memori yang rusak. Berikut langkah-langkahnya - langkah untuk memperbaiki memori yang rusak.

1. Membersihkan Kartu Memori

Anda mungkin tidak menyadari bahwa penghapus pensil benar-benar dapat digunakan untuk memperbaiki kartu memori Anda yang rusak. Ini adalah bantuan pertama yang dapat Anda lakukan untuk memecahkan masalah kartu memori yang tidak terdeteksi. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ambil

  • Langkah pertama adalah mengeluarkan kartu memori dari perangkat seluler Anda atau ponsel pintar HP Anda.
  • Perhatikan bagian pelat kuning keemasan yang ada di ujung kartu memori.
  • Dengan menggunakan penghapus built-in, gosok bagian tersebut secara perlahan agar tidak ada noda atau kotoran yang terlibat di dalamnya.
  • Jika kartu memori telah dibersihkan, masukkan kembali kartu memori Anda ke dalam slot memori yang tersedia.
  • Perika mengembalikan apakah kartu memori Anda berfungsi dengan baik atau tidak.


2. Memformat Kartu Memori

Memformat kartu memori adalah langkah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kartu memori Anda. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan HP Anda atau menggunakan komputer untuk melakukan proses memformat kartu memori Anda.

Cara Memformat Format Kartu Memori

Sebelum melakukan metode ini, Anda harus memahami apa dampak yang dapat Anda terima ketika melakukan hal ini. Apalagi jika di kartu memori Anda ada data penting. Jika Anda sudah memahaminya maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Memformat Kartu Memori Menggunakan Android

  • Pergi ke menu pengaturan di ponsel android Anda.
  • Dari sana pergi ke bagian penyimpanan.
  • Di dalam menu ada pilihan menghapus kartu SD untuk melakukan proses memformat kartu memori Anda.
  • Dengan melepas kartu SD Anda juga dapat membuat memori Anda kembali seperti sebelumnya dengan kata lain yang diformat.


Cara Memformat Kartu Memori Menggunakan PC

Sebelum memformat kartu memori menggunakan PC, ada baiknya untuk membuat cadangan file di dalamnya jika ada file penting di PC Anda.

  • Untuk melakukan ini untuk folder baru di hard drive Anda,
  • Salin semua data dan isi dari kartu memori dan tempelkan ke folder yang Anda buat sebelumnya.
  • Setelah selesai, lakukan proses format kartu memori Anda.
  • Untuk melakukan ini (jika Anda menggunakan Windows) klik kanan pada partisi kartu memori Anda)
  • Dari sana pilih properti.
  • Lalu format. Kemudian klik OK.
  • Jika Anda sudah memeriksa kembali apakah kartu memori Anda berfungsi dengan baik atau tidak.


Cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat sebenarnya juga merupakan langkah alternatif yang bisa Anda ambil. Jika metode yang disebutkan di atas tidak dapat memecahkan masalah kartu memori Anda. Itu adalah diskusi tentang cara memperbaiki memori yang rusak. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel