Jurusan Sistem Informasi: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sistem Informasi

Bagi Anda yang telah lulus dari sekolah menengah atau kejuruan atau setara dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, pasti akan menghadapi beberapa pertanyaan yang muncul dalam pikiran. "Kuliah mana yah?", "Ambil arah apa?", Dan pertanyaan lain tentang pilihan kuliah Anda.

Jika Anda tertarik untuk belajar di komputer dan ingin memilih jurusan yang berhubungan dengan komputer, Anda akan disajikan dengan pilihan beberapa jurusan terkait komputer. Meskipun ada banyak departemen yang terkait dengan komputer, tetapi seringkali orang mempertanyakan persamaan dan perbedaan jurusan Sistem Informasi (SI) dengan Teknik Informatika (TI). Memahami itu, karena dua jurusan pada pandangan pertama mirip dan keduanya belajar pemrograman dasar.

Meski terlihat mirip, sebenarnya jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika memiliki fokus yang berbeda. Teknik Informatika lebih berfokus pada pembuatan sistem, sedangkan Sistem Informasi lebih berfokus pada pengembangan dan analisis sistem. Jadi Anda memilih SI atau TI?
Jurusan Sistem Informasi: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sistem Informasi

Jika Anda ingin memilih departemen Sistem Informasi, Anda perlu mengetahui beberapa hal tentang departemen ini. Berikut adalah beberapa pemahaman tentang Sistem Informasi dari beberapa forum di internet yang kami kutip dari www.spmblover.com:


  • Sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi suatu organisasi: operasi, instalasi, dan pemeliharaan komputer, perangkat lunak, dan data.
  • Sistem Informasi adalah kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, pengguna, prosedur, dan / atau aturan yang diatur secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang berguna untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan
  • Sistem Informasi adalah unit data terintegrasi hasil terintegrasi dan komplementer yang menghasilkan output (output) dalam bentuk gambar, suara, atau tulisan.
  • Sistem informasi adalah seperangkat komponen pembentuk sistem yang memiliki hubungan antara satu komponen dengan komponen lain yang bertujuan untuk menghasilkan suatu informasi dalam bidang tertentu. Dalam sistem informasi, perlu mengklasifikasikan arus informasi, karena keragaman kebutuhan informasi oleh pengguna. Karakteristik sistem informasi yang fleksibel, efektif, dan efisien.
  • Sistem informasi adalah kumpulan sub-sistem yang saling berhubungan yang membentuk komponen di mana ia mencakup semua komponen sistem informasi, seperti input-proses-output, yang berkaitan dengan manajemen informasi. Sehingga data yang telah diproses lebih bermanfaat bagi penggunanya.
  • Sistem informasi adalah kombinasi dari berinteraksi orang, data, proses, dan antarmuka yang mendukung & meningkatkan beberapa operasi harian dalam bisnis, termasuk mendukung pemecahan masalah dan pembuat keputusan & kebutuhan pengguna.
  • Sistem Informasi adalah ilmu yang mempelajari tentang berbagai konsep teori dan strategi penerapan sistem informasi dalam organisasi. Terutama berkenaan dengan proses menciptakan, memproses, menyimpan, mendistribusikan, dan memantau data / informasi di seluruh tingkat dan ruang lingkup organisasi.


Dari beberapa pengertian ini, kita dapat menyimpulkan bahwa departemen Sistem Informasi menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan bisnis, proses bisnis, & merancang sistem manajemen informasi berdasarkan tujuan organisasi. Jadi, lulusan ini diharapkan menjadi jembatan bagi orang-orang "teknis" dengan klien atau pengguna dari satu bagian dalam perusahaan. Jika dibandingkan dengan Teknik Informatika yang lebih mengarah ke bidang perangkat keras dan arsitektur komputer, materi di departemen Sistem Informasi terkadang mendekati bidang ekonomi.

Nah, untuk menambah referensi Anda tentang Departemen Sistem Informasi, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan departemen Sistem Informasi. Anda dapat mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan kami jelaskan di bawah ini dalam memilih jurusan terkait komputer. Baiklah, mari kita mulai diskusi.

Dibandingkan dengan jurusan lain, terutama jurusan terkait komputer, jurusan Sistem Informasi memiliki beberapa keunggulan yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih jurusan ini, termasuk:

1. Lebih fokus pada pemahaman dalam pengembangan dan juga pemeliharaan sistem informasi

Di departemen Sistem Informasi, Anda akan mempelajari keterampilan yang tidak dimiliki banyak jurusan lain. Diantaranya, kemampuan untuk mendefinisikan dan menganalisis kebutuhan sistem informasi dalam suatu organisasi.

Untuk mencapai hal ini, Anda akan diajarkan untuk mengembangkan sistem informasi untuk memperkaya teori, metode dan paradigma yang ada, merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari suatu organisasi, memantau proyek konstruksi teknologi informasi sebagai komponen utama dari sistem informasi, termasuk pemeliharaan, dukungan / layanan, dan layanan / layanan) yang telah dilaksanakan di perusahaan atau organisasi, mengembangkan metode baru yang dapat digunakan sebagai dasar untuk perencanaan dan pengembangan proyek sistem informasi.

2. Tidak terlibat langsung pada hardware

Karena Sistem Informasi lebih cenderung pada pengembangan sistem, maka mahasiswa jurusan Sistem Informasi tidak akan terlibat langsung dalam perangkat keras. Namun, ilmu dasar perangkat keras harus dikuasai untuk menentukan perangkat keras yang akan digunakan dalam sistem yang akan diterapkan.

3. Analisis program

Materi di departemen sistem informasi lebih difokuskan untuk menganalisis kebutuhan sistem suatu perusahaan dan menranang sistem sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan. Jadi, selain mempelajari teknik pemrograman, Anda juga akan mempelajari proses bisnis yang ada di dalam perusahaan.

4. Terdapat mata kuliah bisnis yang terkait dengan sistem informasi

Jika Anda melihat daftar program Sistem Informasi, tampaknya lebih mungkin untuk mengarah pada penerapan sistem berbasis komputer untuk bisnis dan manajemen. Ini karena kemampuan lulusan Sistem Informasi harus "mediator" dan menjembatani untuk orang-orang teknis dengan pengguna yang masih awam tentang komputer.

5.  Ilmu terkait teknik, bisa didapatkan dari mata kuliah peminatan
Meskipun jurusan Sistem Informasi tidak terkait dengan teknik pemrograman, Anda masih dapat mengambil program di jurusan Sistem Informasi. Anda dapat memilihnya dalam kursus spesialisasi yang disediakan oleh fakultas.

6. Lulusan IPS SMA bisa masuk

Sebagai informasi, beberapa universitas masih mengizinkan lulusan SMA untuk masuk ke departemen Sistem Informasi. Ini jelas berbeda dengan Departemen Informatika yang mewajibkan pelamar dari lulusan SMA IPA.

7. Jenjang Karir yang Menggiurkan

Setelah Anda lulus dari  Jurusan Sistem Informasi , peluang Anda untuk bekerja cukup lebar. Seiring perkembangan zaman, perusahaan membutuhkan pengembangan sistem yang fleksibel, efektif, dan efisien. Nah, lulusan cakupan Sistem Informasi dapat mengakomodasinya, karena fungsi sistem informasi lebih terfokus pada pengembangan sistem, implementasi sistem informasi, dan juga pemeliharaan sistem informasi.

Setelah kami membahas kelebihannya, berikut adalah kekurangan dari Jurusan Sistem Informasi yang perlu Anda ketahui:

1. Ilmu teknik tidak terlalu mendalam

Departemen Sistem Informasi berfokus pada pengembangan dan semua hal yang berkaitan dengan Sistem Informasi, dan teknik pemrograman dan perangkat lunak cenderung menjadi fokus tambahan. Jika Anda ingin membuat lebih dari rencana, Anda tidak harus memilih departemen Sistem Informasi.

2. Kurang disarankan bagi Anda yang ingin menjadi programmer

Jika Anda bercita-cita menjadi seorang programmer, lebih baik memilih jurusan Teknik Informatika daripada Sistem Informasi. Karena mata kuliah dalam Sistem Informasi tidak selalu terkait dengan pemrograman.

Setelah Anda membaca kelebihan dan kekurangan dari departemen Sistem Informasi yang telah kami sampaikan, sekarang Anda memutuskan apakah Anda tertarik untuk memilih Sistem Informasi, atau departemen terkait komputer lainnya. Begitu banyak artikel kami saat ini. Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam mempertimbangkan beberapa jurusan terkait komputer, terutama jurusan Sistem Informasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel