Komputer Generasi Ketiga : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya

Komputer Generasi Ketiga : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya
Komputer Generasi Ketiga : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya
Seperti aslinya mengatakan bahwa 'menghitung' yang berarti menghitung, komputer pada awalnya dibuat alat perhitungan. Namun seiring waktu, fungsi komputer semakin beragam, membantu memfasilitasi pekerjaan manusia di berbagai bidang. Misalnya dalam membuat desain gambar yang baik dari gambar, foto, poster, iklan, hingga desain rumah dan pembuatan film animasi. Penggunaan komputer juga sangat membantu dalam bidang pendidikan, perdagangan, bisnis, pemerintahan, militer, dan banyak bidang lainnya.

Perkembangan komputer dimulai pada tahun 1940, ketika penciptaan komputer generasi pertama dicirikan oleh tabung hampa udara (tabung hampa udara) yang digunakannya. Maka penggunaan transistor untuk menggantikan tabung hampa menandakan munculnya komputer generasi kedua yang lebih kecil. Sedangkan komputer generasi ketiga ditandai dengan penggunaan IC (baca juga: jenis komputer berdasarkan data yang diproses).
Komputer Generasi Ketiga : Pengertian, Perkembangan, Komponen dan Contohnya

Sebelumnya dosen IT telah menggambarkan kelebihan dan kekurangan komputer generasi pertama dan karakteristik komputer generasi kedua, dalam artikel ini dosen IT akan membahas tentang komputer generasi ketiga, baik dari segi, komponen, contoh dan info terkait lainnya.

Pengertian Komputer Generasi Ketiga

Komputer generasi ketiga adalah komputer yang dibuat pada rentang 1964 hingga 1970. Komputer generasi ketiga ini dicirikan oleh penggunaan Sirkuit Terpadu, yang menggabungkan beberapa transistor di dalamnya. Ini menyebabkan komputer generasi ketiga memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada komputer generasi pertama.

Meskipun memiliki banyak kelebihan termasuk ukuran, transistor yang digunakan pada komputer generasi kedua masih belum dapat mengatasi panas yang timbul di komputer pengorasian. Transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen di komputer. Pada 1958 Jack Kilby mengembangkan sebuah Integrated Circuit (IC), sebuah cakram silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pasir kuarsa digunakan karena material ini dapat mengatasi panas yang dihasilkan pada transistor.

Dalam cakram silikon ini, Jack Kilby menggabungkan tiga komponen listrik. Untuk masa depan, jumlah komponen yang dipadatkan dalam chip tumbuh bahkan hingga miliaran transistor seperti saat ini. Penemuan IC mengubah arsitektur komputer, memungkinkan konstruksi komputer yang jauh lebih kecil dari komputer pada generasi sebelumnya.

Komponen Komputer Generasi Ketiga

Seperti disebutkan sebelumnya, komputer generasi ketiga menggunakan sirkuit terpadu (IC) sebagai komponen di sirkuit mereka, menggantikan penggunaan transistor tunggal yang selain memakan ruang juga menghasilkan panas yang berpotensi merusak komponen inti komputer. Selain IC, ada beberapa komponen lain yang menjadi ciri komputer generasi ketiga. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah komponen yang menjadi ciri komputer generasi ketiga:


  • Penggunaan Integrated Circuit (IC), piringan silicon kecil dari bahan batu kuarsa yang didalamnya berisi sejumlah transistor.
  • Menggunakan magnetic disck (penyimpanan magnetic) berkapasitas besar (jutaan karakter sebagai tempat penyimpanan eksternalnya (penyimpanan luar, tambahan) yang bersifat random access.
  • Menggunakan terminal display visual (monitor)
  • Mengeluarkan suara
  • Selain komponen hardware seperti yang telah disebutkan diatas, beberapa hal di bagian software dan kinerja komputer generasi ketiga juga berkembang sangat pesat. Berikut ciri komputer generasi ketiga lainnya:
  • Program dibuat dalam bahasa tingkat tinggi seperti Fortan, Cobol, atau Basic
  • Sistem Operasi yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer mulai digunakan.
  • Integrasi Hardware dan Sofware mulai dilakukan melalui Sistem Operasi
  • Multi processing dan multi programming. Dengan adanya sistem operasi, mesin dapat menjalan beberapa program sekaligus.
  • Kinerja komputer jauh lebih cepat, hingga 10ribu kali lebih cepat dari komputer generasi awal.
  • Kapasitas memori lebih besar. Dapat menyimpan ratusan ribu karakter, lebih banyak dari koputer generasi sebelumnya yang hanya dapat menyimpan puluhan ribu karakter.
  • Lebih murah dan hemat listrik
  • Telah mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain (jaringan komputer)


Contoh Komputer Generasi Ketiga


  • IBM System 360: Komputer yang diproduksi oleh IBM ini merupakan komputer generasi ketiga yang pertama diperkenalkan kepada publik. IBM S-360 diluncurkan pada tanggal 7 April 1964 dan telah menggunakan komponen IC dalam sirkuitnya. IBM S-360 dianggap sebagai komputer generasi ketiga yang paling sukses, sebab komputer ini diluncurkan dalam berbagai set compatible dan rentang harga.
  • Apple II: Apple II merupakan perbaikan dari Apple I yang dibuat dengan keterbatasan dana yang dimiliki oleh pendiri Apple Inc. Apple II diperkenalkan kepada public pada bulan April 1977 di West Coast Computer Faire. Aplle II menyimpan tampilan monitor dalam memori sehingga dapat menampilkan gambar, selain desain casing dan keyboard dibuat sebaik mungkin sehingga  pengguna siap untu langsung digunakan oleh penggunanya.
  • PDC 808: Komputer uang diperkenalkan pada tahun 1968 ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk otomatisasi. PDC 808 memiliki 4 KB memory dan 8 bit core memory.
  • UNIVAC 1108, dan UNIVAC 9000
  • PDP- 8, dan PDP-11
  • BURROUGHS 5700, BURROUGHS 6700, dan BURROUGHS 6700
  • HONEYWELL 200
  • NCR seri Century
  • GE 600, dan GE 235
  • CDC 3000, CDC 6000 , dan CDC 7000
  • RCA
  • SPECTRA 70
  • NEC PC

Meskipun penggunaan IC yang membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dari generasi sebelumnya, tetapi ukuran sirkuit komputer generasi ketiga ini masih dianggap terlalu besar, ukuran fisik komputer juga dianggap terlalu besar. Selain itu, dalam hal penggunaannya masih cukup rumit, dan panas yang dihasilkan masih berlebihan, meskipun telah menggunakan batu kuarsa. Sehingga perkembangan komputer terus dilakukan, dan mengarah pada komputer generasi keempat (baca: ciri komputer generasi keempat) dan komputer generasi kelima (baca: karakteristik komputer generasi kelima).

Demikian pula, artikel komputer generasi ketiga ini, fitur utama komputer generasi ketiga adalah penggunaan Sirkuit Terpadu atau chip IC, sebuah cakram silikon yang berisi sejumlah transistor yang dimampatkan. Sirkuit Terpadu atau IC adalah pelopor untuk pengembangan mikroprosesor, dan memungkinkan komputer generasi berikutnya memiliki ukuran fisik mini

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk berbagi ya jika Anda merasa artikel ini bermanfaat ..