Laptop Lemot Ini 12 Penyebab Yang Harus Diketahui

Laptop yang lambat, alias lola (pemuatan panjang) sangat mengganggu rasanya. Tidak diragukan lagi jika emosi kita begitu naik. Kondisi laptop ini pernah dialami oleh penulis ketika menggunakan laptop milik orang tua. Laptop spefifikasi ini bisa dibilang cukup tinggi. Prosesor intel i3, ramnya hanya 2 GB tetapi jika dilihat dari penggunaannya hanya untuk pengolah kata dan prosesor sesekali angka dan power point, ram dari ukuran itu harus cukup. 

Saya sangat terkejut, karena laptop lama saya hanya dual core, dengan ram yang sama masih lebih cepat tanggap daripada laptop, yang notabene prosesornya lebih canggih! Akhirnya saya mencari tahu, dan setelah ditilik - lihat ada beberapa hal yang membuat laptop menjadi lambat, salah satunya terlalu banyak program startup.
Laptop Lemot Ini 12 Penyebab Yang Harus Diketahui

Jika saat ini Anda merasa kesal karena laptop Anda sangat lambat, dan ingin tahu cara menyelesaikannya, artikel ini mungkin dapat membantu Anda. Kali ini, akan membahas beberapa penyebab laptop lambat. Sebagai referensi Anda juga dapat membaca: bagaimana menjaga komputer tidak lambat.

1. Spesifikasi Laptop Tidak sesuai

Spesifikasi laptop yang tidak sesuai dengan OS yang terpasang, akan membuat laptop menjadi lambat. Windows 10 misalnya, windows 10 membutuhkan setidaknya 1 GB RAM dan ruang disk minimal 16 GB untuk versi 32 bit, kartu grafis harus mendukung Direct X9 API ke atas, dan prosesor minmal berkecepatan 1 GHz ke atas

Ketika Ram, kecepatan prosesor, atau juga VGA Anda hanya memenuhi spesifikasi standar kurang dari pastinya laptop Anda akan lambat. Selain itu, jika pekerjaan Anda membutuhkan laptop berkinerja tinggi seperti desain grafis, atau pembuat game, sementara spesifikasi laptop Anda hanya standar, maka laptop Anda juga akan terasa sangat lambat saat digunakan.

2. Kapasitas RAM Tidak Mencukupi
RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai penyimpanan sementara data / instruksi dari prosesor. Jika memori RAM kurang, data / instruksi dari prosesor tidak dapat disimpan dengan baik karena ruang memori terbatas. Alhasil komputer menjadi lambat, program berjalan crash sehingga laptop menjadi hang.

Jika kapasitas RAM Anda kecil, Anda harus meningkatkan RAM Anda. Jangan menjalankan terlalu banyak program secara bersamaan, versi program yang diinstal juga pilih yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Juga gunakan versi OS yang didukung

3.Program Startup dan Service telalu banyak

Saat menyalakan laptop, akan ada sejumlah layanan / program dan program yang berjalan secara otomatis saat startup (program startup). Jika terlalu banyak, program startup dan layanan ini akan menyebabkan proses pemuatan windows menjadi tua.

Untuk itu harus ada penyaringan melalui program dan layanan startup, matikan program atau layanan yang tidak perlu. Anda dapat mengatur program startup melalui Tab Startup di jendela System Configuration. Untuk mengaksesnya, tekan Win + R pada keyboard lalu tulis msconfig. Untuk menyiapkan layanan, tekan Win + R lalu tulis layanan.

4. Appearance and Personalitazion

Desktop background dalam bentuk animasi atau gambar / foto yang berubah setiap beberapa menit apalagi beberapa detik akan menyebabkan beban kerja laptop bertambah. Alhasil performa laptop menjadi lebih lambat. Jika Anda menggunakan latar belakang desktop dalam bentuk animasi, Anda harus mengubahnya ke gambar / foto saja. juga mengatur durasi shift foto. Setidaknya beberapa jam sekali atau sekali sehari lebih baik.

Jika Anda menggunakan Windows 10, efek transparan pada menu mulai, taskbar, dan Action Center membuatnya terlihat elegan. Namun fitur tersebut membutuhkan spesifikasi yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan proses navigasi lambat di start menu dan action center. Anda bisa menyelesaikannya dengan menonaktifkan fitur transparan.

Efek visual bayangan dan animasi pada Windows 10 juga cukup membebani kinerja laptop, dengan mematikannya Anda dapat membuat kinerja laptop Anda menjadi lebih cepat.

5. File Sampah (junk)

File yang Anda hapus dari drive pada hard drive biasanya akan disimpan di recycle bin, kecuali file tersebut cukup besar atau Anda menghapusnya secara permanen (shift + deleted). File yang terakumulasi di recycle bin seiring waktu akan mengisi ruang pada hard drive jika Anda tidak pernah menghapusnya

File sementara juga akan mengisi ruang memori Anda jika tidak dibersihkan secara berkala. Untuk juga membersihkan file sementara di laptop Anda, juga bersihkan cookie, cache, dan riwayat browser Anda. Data yang disimpan peramban saat Anda menjelajah internet akan memperlambat peramban Anda. Jumlah add-on yang Anda pasang juga akan sangat memengaruhi kecepatan loading browser Anda. Kurangi penggunaan pengaya yang tidak perlu.

6. Program yang diinstall terlalu banyak

Saat membeli laptop, biasanya laptop sudah dipenuhi dengan berbagai program yang terkadang tidak kita gunakan. Bahkan mungkin program yang kita butuhkan tidak diinstal, jadi kita harus menginstalnya sendiri. Namun perlu diketahui bahwa jumlah program yang diinstal pada laptop akan mempengaruhi kinerja laptop Anda

Jika program yang diinstal pada laptop terlalu banyak, ruang memori yang digunakan juga lebih besar, akibatnya laptop akan menjadi lebih lambat. Oleh karena itu Anda harus menghapus / menghapus program yang jarang atau bahkan tidak terpakai dan mengurangi beban memori laptop Anda. Jika Anda membutuhkannya, Anda dapat menginstalnya lagi. 

7.Program Terlalu Berat

Dalam memilih program yang akan diinstal, pilih versi yang sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Sama seperti OS, program aplikasi juga memiliki spesifikasi minimum penggunaannya. 

Jika Anda menginstal program yang terlalu berat untuk laptop Anda, saat menjalankan program laptop akan bekerja sangat keras. Karena Anda memaksanya untuk bekerja di luar kemampuan yang dapat diberikan laptop dengan spesifikasi ini. Akibatnya laptop akan menjadi sangat lambat atau bahkan menjadi hang dan kepanasan.

8. Multitasking terlalu banyak

Windows memungkinkan kita melakukan multitask atau menjalankan banyak program secara bersamaan. Tetapi jika Anda menjalankan terlalu banyak program, dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Sebaiknya matikan program yang tidak Anda perlukan. Lagi pula Anda dapat membukanya kembali jika Anda membutuhkannya nanti. Selesaikan pekerjaan Anda satu per satu, sehingga Prosesor dan Ram beban kerja menjadi lebih ringan. 

9. Virus

Laptop yang terpengaruh dapat menyebabkan kinerja laptop menjadi lambat. Ini bisa terjadi jika virus menyerang sistem di laptop Anda. Untuk memperbaikinya Anda perlu menginstal antivirus, gunakan antivirus terbaru yang terpercaya dan pastikan untuk selalu meng-upgrade antivirus Anda. Kami merekomendasikan menggunakan satu atau maksimal dua antivirus hanya untuk PC Anda, karena jika terlalu banyak akan memberatkan laptop di sana.

Lakukan pemindaian menyeluruh pada laptop Anda, terutama pada sistem C atau di mana file Sistem Operasi disimpan. Pindai melalui mode simpan untuk membuat proses pemindaian berfungsi dengan baik dan aman. Jika pemindaian tidak berhasil dalam menghilangkan virus, ada baiknya jika Anda menginstal ulang

Untuk menghindari virus, Anda tidak boleh mengunduh file secara sewenang-wenang dari internet. Internet adalah sumber penyebaran virus yang paling rentan. Selain itu, setiap kali menginstal flash ke laptop Anda, pastikan Anda menscanning lebih dulu. Jadi jika ada virus di dalamnya, Anda dapat langsung mengkarantina dan menghapusnya.

10. Kapasitas Hardisk Penuh

Hard drive penuh akan menyebabkan aliran data menjadi lambat, sehingga kinerja laptop menjadi lambat. Jika kapasitas hard drive Anda mendekati batas, Anda harus memindahkan data Anda segera ke tempat penyimpanan lain untuk menjaga ruang memori kosong yang tersedia. Membiarkan hard drive yang terlalu penuh tidak hanya membuat laptop menjadi lambat, tetapi juga berpotensi merusak hard drive.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah melakukan Disk Cleanup untuk Disk Cleanup adalah program bawaan dari Windows yang dapat membantu Anda menghapus file sampah yang tidak berguna, dan menambah ruang kosong pada hard drive Anda. Jika Anda ingin membeli hard drive eksternal hard disk artikel terbaik dapat memberikan hard drive referensi terbaik untuk pertimbangan Anda.

11. Hardisk Perlu di Defrag

Data dalam hard drive yang berantakan dan tidak terformat juga akan menyebabkan laptop menjadi lambat. Untuk merapikan Anda harus defragment pada hard drive. Selain itu, dengan merapikan struktur data pada harddisk, ruang memori yang kosong juga akan bertambah, karena data menjadi rapi dan padat. (Baca juga: Penyebab Laptop Restart Alone)

Untuk mendefrag hard drive laptop Anda, Anda dapat mengaksesnya dengan masuk ke menu Start -> All Programs -> Accesories -> System Tool -> Disk Defragmenter

12. Terlalu panas/ Overheat

Laptop yang terlalu panas akan mempengaruhi kinerja semua komponen laptop. Jika terlalu panas, laptop akan melambat, hang atau bahkan mati mendadak. Overheat juga berpotensi membuat komponen perangkat keras komputer rusak. Untuk itu jika laptop Anda mengalami overheat, segera matikan laptop tunggu beberapa saat sampai laptop menjadi dingin, cukup hidupkan kembali.

Untuk mencegah laptop dari overheating, Anda dapat memeriksa komponen pendingin laptop / pastikan kipas berjalan normal, dan tidak tertutup debu. Selain itu, jangan menjalankan program terlalu lama, apalagi hingga 24 jam tanpa istirahat. Meski menggunakan mesin, laptop juga perlu istirahat

Demikian artikel tentang penyebab laptop lambat ini. Ada 12 penyebab yang mungkin terjadi pada laptop Anda yang membuat kinerja laptop Anda menjadi lambat. Spesifikasi laptop yang tidak memenuhi spesifikasi OS yang digunakan, kapasitas ram terlalu kecil, program startup dan layanan berjalan terlalu banyak, pengaturan tampilan yang membebani kinerja laptop.

File sampah (sampah) yang menumpuk dan mengisi ruang memori, terlalu banyak program yang diinstal di laptop, atau terlalu diistall program terlalu berat, multitasking terlalu banyak, virus yang menyerang sistem komputer, kapasitas disk penuh, harddisk perlu men-defrag , laptop terlalu panas

Semoga artikel ini bisa memberi Anda informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih ..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel