Laptop Mati Total ini 6 Penyebab yang Harus Diketahui

Laptop Mati Total ini 6 Penyebab yang Harus Diketahui
Laptop Mati Total ini 6 Penyebab yang Harus Diketahui
Penyebab Laptop Mati Total yang Harus Diketahui. Saat hendak melakukan sesuatu yang membutuhkan komputer, tetapi ketika menyalakan komputer tidak merespon alias mati total. Waah, itu benar-benar panik. Tetapi tenanglah, Anda tidak perlu merasa frustrasi karenanya. Ada banyak hal yang menyebabkan laptop mati total, mulai dari masalah kecil hingga masalah yang membutuhkan penanganan serius yang mungkin menguras dompet Anda.

Artikel kali ini akan membahas beberapa penyebab laptop mati total, untuk membantu masalah yang Anda hadapi, atau yang mungkin akan Anda temui nanti. Untuk lebih jelasnya, silakan baca lebih banyak ulasan di bawah ini.

1. Permasalahan pada Baterai

Apakah Anda mengganti laptop Anda dengan baterai? Kemungkinan baterai telah habis. Coba hubungkan laptop dengan adaptor listrik. Jika Anda masih tidak ingin menghidupkan, tetap pasang adaptor dan biarkan selama beberapa saat. Baterai kehabisan daya total, perlu waktu untuk mengisi ulang catu daya pada baterai, setelah daya yang cukup dikumpulkan, kemudian dapat menyalakan komputer.
Laptop Mati Total ini 6 Penyebab yang Harus Diketahui

Jika setelah menunggu beberapa saat komputer masih tidak mau hidup, coba keluarkan baterai. Jika setelah baterai dilepas, komputer dapat dihidupkan, yang berarti merusak baterai atau konektor baterai. Jika komputer masih tidak menyala meskipun baterai dilepas, lanjutkan ke poin 2.

2.Permasalahan pada Adaptor

Periksa catu daya Anda, pastikan aliran listrik melalui outlet / stabilizer / UPS yang Anda gunakan. Jika pada output stabilizer / UPS tidak ada tegangan yang diukur, maka masalahnya adalah dengan stabilizer / UPS Anda. Menghubungkan pengisi daya langsung ke sumber listrik akan memecahkan masalah.

Periksa lampu indikator, apakah hidup atau mati. Jika tidak menyala, itu dapat merusak karena adaptor Anda. Periksa koneksi kabel adaptor, sering kali dengan kabel daya yang bersangkutan (terputus) karena penggunaan adaptor yang tidak hati-hati.

Jika kabel dinyalakan, periksa komponen adaptor. Periksa input dan output, jika tegangan pada input berjalan, tetapi tegangan pada output tidak ada, maka kerusakan ada pada komponen adaptor. Cara termudah untuk memeriksa adaptor adalah menggunakan adaptor lain yang memiliki kekuatan untuk menyalakan laptop Anda. Namun, jika adaptor dan kabel normal maka masalahnya bisa disebabkan oleh kerusakan komponen daya. Pergi ke poin 3

3. Permasalahan pada komponen power

Jika lampu indikator mati, ketika adaptor dalam kondisi baik, periksa soket DC pada laptop. Stopkontak yang rusak menyebabkan listrik tidak mengalir dengan baik ke komponen di dalam laptop, sehingga laptop tidak akan menyala dan baterai laptop tidak akan terisi. Terkadang soket lepas, Anda dapat mencoba melepas dan memasang kembali jack adaptor untuk menutupinya. Jika soket tidak bermasalah, mungkin ada masalah dengan komponen daya.

Lonjakan tegangan listrik yang sering dapat menyebabkan kerusakan pada komponen daya. Periksa tombol power on / off, lalu periksa juga ic power. Input dengan daya listrik yang berbeda juga dapat menyebabkan laptop tidak menyala, lepaskan pengisi daya, lalu tekan tombol power 30 detik hingga daya habis. Kemudian pasang kembali pengisi daya laptop, dan coba hidupkan. Untuk lebih jelasnya Anda dapat membaca: Penyebab Tombol Daya Laptop Tidak Bekerja. Semoga bisa menyelesaikan masalah.

4. Masalah dengan RAM

Jika lampu indikator menyala, kipas menyala, dan mesin tampak berjalan dengan baik tetapi di layar tidak ada tampilan apa pun, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada RAM. Coba keluarkan RAM dan bersihkan pin dengan penghapus pensil, lalu pasang kembali. Lampirkan ke sosket yang berbeda jika dua soket RAM tersedia di mainboard laptop Anda. Pastikan RAM terpasang dengan sempurna. Jika laptop masih menampilkan layar kosong, kemungkinan RAM rusak, coba ganti RAM. Untuk membaca lebih pasti juga: Karakteristik RAM Komputer Rusak.

Layar kosong juga bisa disebabkan oleh masalah kabel LCD / LCD. Hubungkan laptop dengan monitor untuk memastikan. Anda juga dapat membaca: Fitur Karakter LCD Layar Laptop Rusak untuk referensi Anda.

5. Masalah pada Prosesor

Prosesor adalah komponen inti (otak) komputer. Jika prosesor rusak. Bermasalah, maka seluruh sistem tidak akan berjalan dengan baik. Bersihkan semua debu dari prosesor kipas serta heatsink, serta saluran angin di laptop. Buka prosesor, jika prosesor pasta (iso termal) tidak layak; bersihkan pasta dan gantilah dengan pasta baru. Kemudian instal ulang dengan benar. Hati-hati saat memasang, pastikan pin jarum cocok dengan prosesor tempatnya, jangan biarkan pin menjadi bengkok apalagi dipotong. Jika belum ada perubahan, gunakan prosesor lain untuk memverifikasinya.

6. Permasalahan pada Mainboard

Jika semua komponen, baik charger, komponen daya, ram, monitor, atau prosesor dalam kondisi baik. Jadi itu mungkin masalah terbesar, mainboard Anda bermasalah, atau ada hubungan pendek pada komponen yang menyebabkan masalah papan utama. Hapus semua komponen termasuk hard drive, DVD, kartu wifi, dsb. Bersihkan semuanya, termasuk debu di mainboard. Setelah dibersihkan, periksa apakah mainboard berjalan ketika komponen lain tidak diinstal (cat: Ram dan monitor juga hard drive masih terpasang). Jika laptop bisa dinyalakan, mungkin ada kerusakan pada komponen lain seperti DVD, et al. Instal satu per satu komponen untuk mencari tahu.

Jika mainboard masih tidak berfungsi bahkan jika semua komponen lain dihapus, makan papan bermasalah Anda. Periksa apakah ada komponen yang terbakar di mainboard. Jika ada komponen yang terbakar, Anda harus mengganti komponen. Cara termudah, ganti mainboard untuk menyelesaikannya.

Laptop yang tidak menyala dapat disebabkan oleh banyak hal. Baterai, adaptor, atau soket DC dengan masalah dalam tanda tanpa lampu indikator di laptop. Sedangkan jika lampu indikator menyala, kipas dan mesin juga menyala; kemungkinan kerusakan pada RAM, monitor atau komponen lainnya. Jika hanya lampu indikator menyala, maka masalahnya ada pada mainboar atau komponen daya.

Jadi beberapa penyebab laptop mati total, yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk mengetahui masalah pada laptop Anda. Semoga Anda bisa membantu ..