Laptop Restart Sendiri ini 5 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Laptop Restart Sendiri ini 5 Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Laptop Restart Sendiri ini 5 Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Penyebab Laptop Restart Sendiri yang Harus Diketahui. Salah satu masalah yang sering muncul pada laptop yang sering digunakan secara terus menerus adalah laptop yang bisa mati sendiri atau restart sendiri. Kondisi ini adalah kondisi di mana laptop tidak dapat berjalan dengan sendirinya tetapi memiliki masalah dengan berhenti secara otomatis dan mengalami restart sendiri pada laptop. Masalah ini terlihat sangat sepele, tetapi jika dibiarkan, itu akan benar-benar menyebabkan pekerjaan yang tertunda dan juga memberikan rasa jengkel yang tak ada habisnya. Oleh karena itu, sebelum masalah menjadi lebih parah, ada baiknya untuk segera mengetahui tentang apa yang menyebabkan laptop restart sendiri sebagai berikut:

1. Prosesor Terlalu Panas

Prosesor ke dapur pacu utama di laptop sehingga ketika mengalami terlalu banyak panas itu akan menyebabkan kerusakan pada laptop, terutama membuatnya mudah untuk restart sendiri. Untuk menghindarinya sebenarnya ada beberapa langkah untuk memeriksa apakah prosesor telah overheat atau tidak dengan cara berikut:

Laptop Restart Sendiri ini 5 Penyebab Dan Cara Mengatasinya

  • Melihat informasi temperature pada menu Hardware Monitor teruama pada program BIOS.
  • Menggunkan program bantuan yang bisa memantau panas dari prosesor seperti program CPUID Hardware Monitor.
  • Melakukan pengecekan secara langsung dengan meraba pada bagian pendingin Procesor dengan cara membuka casing yang ada pada CPU.


Penyebab prosesor komputer menjadi overheating atau terlalu panas:


  • Digunakan untuk menjalankan terlalu banyak program atau aplikasi secara bersamaan dan secara terus menerus.
  • Adanya debu yang menupuk terlalu banyak pada bagian dalam laptop yang menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak lancar dan juga terganggu.
  • Pendingin pada bagian laptop mengalami kerusakan atau pada bagian Thermal Paste sudah kering dan rusak.
  • Ruang penyimpanan pada laptop memang memiliki tempterature yang tinggi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk membuat suhu pada laptop tidak terlalu panas sehingga laptop tidak akan terus mengalami restart-restart secara terus menerus. Setelah mengetahui tentang gejala tersebut, maka lakukan beberapa solusi yang akan membuat laptop Anda kembali dalam kondisi yang pulih dan tidak lagi memiliki masalah untuk selalu restart dan terus restart.


Cara mengatasi laptop restart karena overheating.

  • Periksa pada bagian dalam laptop kemudian lakukan pembersihan secara menyeluruh. Debu-debu yang terdapat di dalam laptop bisa anda bersihkan dengan menggunakan kain yang halus ataupun lap. Namun, sekiranya jika anda tidak bisa membersihkannya sendiri anda bisa untuk meminta bantuan service center untuk menangani masalah overheating ini.
  • Jika masalah yang terjadi karena masalah thermal paste maka yang harus anda lakukan adalah menambahkan thermal paste tersebut beserta pendinginnya. Dengan cara ini maka pendingin akan bertambah dan membuat laptop bekerja lebih maksimal lagi.

2.  Laptop Terserang Virus

Virus juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa laptop Anda memiliki masalah dalam bentuk restart sendiri dan terus menerus. Ada beberapa virus yang dapat membuat kinerja memori menjadi kurang bagus dan bahkan memperburuk kinerja laptop. Ini karena ketika laptop mendapat virus maka membuat laptop bekerja berulang-ulang dan membuat laptop menjadi sangat terbebani. Untuk mengatasi hal ini yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Melakukan scanning pada laptop
  • Membersihkan Laptop dari virus
  • Melakukan install ulang pada laptop

3. RAM yang Rusak

RAM yang juga menjadi salah satu bagian penggerak dan juga sangat penting pada laptop. Oleh karena itu, RAM juga menjadi satu bagian laptop yang sering mengalami eror dan juga mengalami masalah. Ada berbagai penyebab yang bisa menyebabkan RAM yang rusak diantaranya seperti:

  • RAM yang kotor
  • RAM mengalami overheating
  • RAM dipergunakan dengan cara dipaksakan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda tinggal melakukan perbaikan dan juga penanganan untuk laptop seperti berikut ini:

  • Selalu bersihkan RAM jika memang dirasa jalan dari Laptop sudah terasa berat dan sudah sangat lambat
  • Jika memang RAM sudah tidak bisa pulih lagi meskipun sudah dibersihkan maka yang harus anda lakukan adalah mengganti RAM yang ada dengan yang baru.
4. Hard Disk yang Rusak

Hardware pada komputer adalah salah satu bagian yang sering mengalami masalah dan juga menyebabkan kerusakan dalam bentuk restart sendiri pada laptop. Hard disk adalah salah satu bagian yang juga sangat berisiko untuk terkena berbagai kerusakan yang menyebabkan laptop menjadi kurang maksimal dan tidak bisa berfungsi dengan baik lagi. Apalagi jika hard disk baru dibiarkan begitu saja justru akan membuat laptop menjadi rusak dan bahkan bisa booting.

Penyebab hard disk rusak dan mengakibatkan blank seperti hard disk yang sudah bad sector juga mengalami kerusakan akibat penggunaan yang berlebihan. Ketika hard disk sudah mengalami masalah dapat dilihat dengan berbagai tanda seperti munculnya bluescreen pada layar laptop hingga laptop terus menerus mengalami restart terus menerus.

Untuk mengatasi masalah ini maka bisa dilakukan dengan cara;

  • Aktifkan program scandisk atau checkdisk yang bisa menjadi alat untuk melihat apakah hard disk berjalan dengan baik ataukah tidak
  • Lakukan profess defrak hardisk dengan cara berkala dan pada waktu tertentu
  • Pastikan untuk terus mematikan laptop dengan menggunakan tombol shutdown dan tidak secara paksa
5. VGA yang Rusak

Hardware atau hardware adalah salah satu bagian yang cukup riskan untuk terkena berbagai serangan atau kerusakan yang bisa sangat merugikan pengguna laptop. Kerusakan VGA Card juga menajdi salah satu penyebab mengapa laptop selalu mengalami restart secara terus menerus. Kerusakan kartu VGA juga disebabkan karena hal-hal tertentu yang kemudian menyebabkan VGA menjadi rusak dan laptop tidak dapat berfungsi lebih baik.

Penyebab kerusakan VGA Card:

  • VGA mengalami overheat atau penggunaan yang terlalu berlebih sehingga menybabkan VGA menjadi lebih panas dalam pemakaiannya
  • VGA menjadi panas karena kipas yang tidak bisa berjalan dengan baik sehingga menyebabkan kepanasan pada VGA
  • VGA yang kotor karena adanya debu yang bersarang
Ketika VGA sudah mengalami beberapa penyebab kerusakan tersebut maka laptop akan mengalami masalah pada layar monitor yang kemudian menyebabkan laptop menjadi rusak dengan melakukan restart sendiri. Untuk mengatasi hal ini, maka yang harus anda lakukan diantaranya:

  • Mengecek VGA secara berkala agar terhindar dari debu dan lainnya
  • Mengganti VGA dengan yang lebih baik.