Laptop Tiba Tiba Mati Mendadak - Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop bisa tiba-tiba mati mendadak, entah karena listrik padam karena lampu mati, atau apa pun. Jika listrik padam karena lampu mati, mungkin bukan masalah besar. Jika baterai laptop habis, kita hanya perlu menunggu listrik untuk dihidupkan kembali. Namun masalah besar timbul jika kita tidak tahu penyebab laptop mati mendadak, terutama jika itu sering terjadi. Tidak hanya sangat menyebalkan, itu tentu membuat kita khawatir tentang kehancuran laptop kita

Pada kesempatan ini, dosen akan meninjau beberapa penyebab laptop Anda bisa mati mendadak. Jika Anda mengalaminya sekarang, ulasan ini mungkin dapat membantu Anda menemukan penyebab laptop Anda tiba-tiba mati. Setelah mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbaikinya. Berikut beberapa alasan:

1. Kabel power Bermasalah

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika laptop mati tiba-tiba adalah, periksa koneksi kabel listrik di laptop Anda. Kabel listrik yang rusak atau tidak terpasang dengan benar, pasti akan menghasilkan daya terputus ke laptop, sehingga laptop kehilangan daya untuk dapat hidup. )
Laptop Tiba Tiba Mati Mendadak - Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara termudah untuk memastikan penyebab ini, adalah dengan melihat lampu indikator pengisi baterai di laptop. Jika cahayanya hidup, maka tidak ada masalah, tetapi jika mati, kemungkinan besar koneksi bermasalah. Untuk memastikan Anda bisa melakukan pengukuran menggunakan avometer. Periksa apakah kabel di ujung yang satu ke ujung yang lain terhubung / tidak ada yang rusak. Periksa juga daya yang masuk dan keluar dari adaptor.

2. Terlalu panas

Komputer yang bekerja sangat keras, terutama dalam waktu yang lama, dapat mengalami overheating atau terlalu panas. Misalkan Anda menggunakan komputer untuk memainkan game resolusi tinggi selama sehari penuh tanpa istirahat, meskipun spesifikasi VGA laptop Anda hanya standar.

Overheating juga bisa disebabkan oleh proses pendinginan yang tidak berfungsi dengan baik, misalnya karena kipas dan heatsink prosesor penuh dengan debu sehingga tidak bisa berjalan normal, dan aliran udara panas terjebak di dalamnya.

Jika laptop terlalu panas, maka prosesor akan bertindak dengan mematikan sistem komputer, untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada komponen. Jika laptop masih panas, tetapi Anda memaksanya untuk menyalakannya lagi, tidak aneh jika tidak butuh waktu lama, komputer akan mati lagi.

Untuk mengatasinya Anda harus membersihkan debu-deu yang terpasang ke fan, heatsink, dan saluran aliran udara pada laptop. Jika kipas masih berjalan tidak normal, bahkan jika debu sudah dibersihkan; Anda harus mengganti dengan kipas baru.

3.Pasta Processor Kering

Seperti disebutkan pada poin no.2 di atas, prosesor memiliki sistem sendiri untuk mematikan sistem komputer jika terlalu panas. Jika prosesornya kering, tentu saja prosesor akan menjadi cepat panas, karena proses pendinginan tidak berjalan dengan baik. Karakteristik laptop yang menempel prosesor kering cukup mudah dikenali, yaitu komputer sering restart atau mati sendiri ketika baru-baru ini diaktifkan. Biasanya ini terjadi pada komputer yang sudah digunakan cukup lama.

Untuk mengganti prosesor pasta, Anda harus membongkar prosesor 'rumah', melepaskan heatsink dan kipas yang terpasang ke prosesor. Lalu bersihkan pasta lama yang menempel pada prosesor hingga bersih menggunakan kain, gunakan kain lap halus dan kering. Setelah itu kemudian oleskan pasta baru, tipis tapi rata. Tidak perlu tebal-tebal agar tidak mluber dimana saja. (Baca juga: Prosesor Tertinggi Saat Ini).

4. RAM Bermasalah

Jika RAM bermasalah, pasti akan sangat mempengaruhi kinerja laptop, karena RAM adalah penyimpanan data sementara untuk proses yang sedang berjalan di laptop. Laptop yang berdebu atau dipaksa bekerja di luar kapasitas, akan menjadi panas dengan cepat, dan dapat menyebabkan laptop mati mendadak karena RAM terlalu panas. Untuk memperbaiki ini, Anda perlu menghapus RAM, membersihkan pin, atau memutakhirkan untuk kapasitas yang lebih besar. (Baca juga: penyebab kerusakan RAM ke laptop, kapasitas RAM terbesar saat ini)

Seperti RAM, VGA yang bermasalah juga dapat menyebabkan laptop mati mendadak. Biasanya laptop yang mati mendadak karena masalah pada komponen akan memunculkan bluescreen sebelum mati. Anda dapat memperhatikan tulisan yang muncul ketika komputer memiliki bluescreen, untuk mengetahui penyebab layar biru terjadi.

5. Motherboard Bermasalah

Motherboard adalah komponen inti yang harus ada di komputer, karena motherboard adalah tempat instalasi semua jenis komponen yang mendukung kinerja laptop. Sedikit masalah pada motherboard dapat menyebabkan komputer tidak berfungsi dengan baik, bahkan kematian.

Motherboard yang lebih tua, atau tidak memiliki dukungan untuk program baru yang Anda gunakan akan lebih mudah 'lelah'. Apalagi jika digunakan untuk pekerjaan berat, dapat menyebabkan laptop crash dan mati mendadak. Untuk mengatasinya, mau tidak mau Anda harus mengganti motherboard.

6. Sistem operasi bermasalah

Sistem operasi yang crash, misalnya karena Anda menginstal program dengan tidak sempurna, juga dapat menyebabkan laptop mati mendadak. Untuk memperbaiki ini, Anda dapat menginstal ulang program, pastikan proses instalasi berjalan sempurna, dan pastikan bahwa perangkat lunak yang Anda instal didukung oleh laptop Anda. Jika masalah tidak teratasi dengan menginstal ulang program, Anda dapat mencoba mengembalikan atau juga merepair sistem operasi komputer Anda.

Demikian pula, review penyebab laptop mati mendadak. Laptop dapat tiba-tiba mati karena kabel listrik atau adaptor masalah, laptop yang terlalu panas, pasta prosesor kering, atau komponen seperti masalah RAM. Selain itu motherboard yang sudah ketinggalan jaman, dan sistem operasi yang crash juga bisa menyebabkan laptop mati mendadak.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih ..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel