Layar Laptop Blank (Black Screen) Saat Dinyalakan ini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Laptop Blank Saat Dinyalakan Paling Mudah. Pernahkah Anda mengalami keadaan di mana layar laptop Anda tidak menghasilkan respons apa pun ketika dihidupkan, alias kosong. Tidak menampilkan gambar sama sekali, hanya warna hitam pekat memenuhi layar. Panik? Tentu saja .. Aku juga merasakan hal yang sama ketika mengalaminya. Namun jangan terlalu lama terbawa kepanikan yang justru membuat Anda tidak menemukan solusi.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menenangkan diri, dan memikirkan solusinya. Salah satu solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mencari tahu bagaimana cara mengatasi laptop layar kosong ketika menyalakan internet. Jika Anda mencari referensi tentang cara menyelesaikan laptop kosong, berikut ini akan ditampilkan untuk Anda.
Laptop Blank (Black Screen) Saat Dinyalakan ini Cara Mengatasinya

Langkah 1 - 10 dilakukan jika laptop Anda benar-benar aktif, ditandai dengan kipas pada laptop yang berjalan normal; tetapi layar tidak menampilkan apa-apa atau kosong. Sementara itu, jika laptop Anda tidak hidup, Anda dapat langsung menuju ke langkah-11.

1. Bersihkan virus

Jika saat booting layar masih bisa menampilkan teks, tetapi ketika mulai memasuki jendela layar kosong langsung kemungkinan OS Anda bermasalah, biasanya disebabkan oleh virus. Virus yang menyerang sistem laptop Anda dapat menyebabkan kerusakan pada file program komputer termasuk corruptnya penyebab sistem register windows, sehingga laptop tidak dapat terbakar dengan baik. Salah satunya menyebabkan laptop kosong. Anda dapat membaca karakteristik virus komputer untuk memastikan.

Untuk mengatasinya Anda harus membersihkan virus yang menyerang laptop Anda dengan memindai seluruh drive laptop Anda. Anda dapat melakukan ini melalui mode simpan. Setelah itu lakukan restore atau repair windows untuk memperbaiki kerusakan windows registery yang dialami.

2. Restore/ Repair Windows

Windows yang rusak / korup akan menyebabkan laptop tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows, akibatnya laptop akan hang dan kosong. Untuk memperbaikinya Anda dapat mencoba memperbaiki (memperbaiki) atau mengembalikan sistem seperti keadaan semula (restore).

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan Sistem Operasi DVD yang Anda gunakan atau Bootable Flashdisk. Instal ulang OS dilakukan jika perbaikan windows tidak bisa dilakukan. Tetapi Anda harus kuat terlalu sering menginstal ulang windows. Anda dapat membaca alasan pada artikel bahaya laptop yang sering diinstal ulang.

3. Lepaskan Tambahan Hardware

Penambahan perangkat keras terbaru yang tidak didukung oleh sistem di laptop Anda dapat menyebabkan laptop menjadi kosong. Untuk memperbaiki ini, hapus perangkat keras yang baru saja Anda tambahkan dan uninstall driver. Setelah laptop dapat berjalan normal kembali, pastikan perangkat keras yang Anda gunakan sesuai dengan spesifikasi laptop, pastikan juga driver yang terinstal sudah sesuai dan tidak rusak. Setelah itu tinggal colokkan hardware kempali.

4. Update Driver VGA

Jika ini terjadi setelah penambahan hardware / program terbaru, bisa jadi penyebabnya driver VGA laptop Anda yang terlalu lama, harus diupdate. Driver VGA yang tidak diperbarui tidak akan mendukung perangkat keras dan perangkat lunak keluaran baru, sehingga dapat menyebabkan perangkat lunak dan perangkat keras macet karena tidak sesuai dan layar laptop menjadi kosong.

Untuk memperbaikinya Anda perlu memperbarui driver VGA Anda. Unduh driver VGA dari situs web vendor VGA dan pasang di laptop Anda. sebelum Anda harus melepaskan perangkat keras / program Anda cukup tancapkan terlebih dahulu agar laptop bisa berjalan normal.

5. Kosongkan Arus

Cabut adaptor dan baterai laptop dan tekan tombol daya laptop Anda selama beberapa detik untuk menghapus arus. Semakin lama semakin baik. Ini agar semua program berjalan dari nol. Beberapa insiden seperti ketika laptop tiba-tiba mati dapat menyebabkan program pada laptop yang tidak dimatikan dengan benar, sehingga ketika laptop dihidupkan kembali, program tidak berjalan dari nol, dan dapat menyebabkan layar kosong. (Baca juga: bahaya mematikan komputer bukanlah prosedur).

6. Periksa RAM

RAM yang rusak juga akan membuat layar laptop kosong saat dinyalakan. Anda dapat membaca karakteristik RAM komputer yang rusak untuk memastikan. Jika memang RAM Anda rusak, dan tidak bisa diperbaiki meski Anda sudah mencoba membersihkan pin. Jadi untuk mengatasi ini, Anda harus mengganti modul RAM Anda.

Mengganti RAM yang rusak cukup mudah dilakukan, karena rata-rata laptop memiliki RAM tambahan yang dapat dengan mudah dihilangkan. Anda hanya perlu menghapus modul RAM lama dan memasangkan modul RAM yang baru saja Anda beli ke dalam slot RAM. Modul RAM yang rusak harus dihapus, meskipun ada dua slot RAM.

7. Cek Kabel Fleksibel Layar Laptop

Laptop laptop yang fleksibel rentan terhadap kerusakan, terutama jika Anda sangat sering membuka penutup layar laptop tidak benar. Untuk mengetahui apakah kabel flesibel Anda rusak atau tidak, Anda dapat mencoba memasangkan laptop Anda ke monitor eksternal.

Jika monitor dapat menampilkan gambar / tulisan ketika dipasangkan dengan laptop Anda, itu berarti kerusakan ada pada kabel flesibel atau tampilan panel laptop Anda. Untuk mengatasinya Anda harus mengganti kabel fleksibel laptop Anda. Tetapi terlebih dahulu pastikan terlebih dahulu untuk meminjam kabel fleksibel lainnya, karena bisa jadi panel display Anda rusak.

8. Cek Panel Display

Panel display yang rusak tentu saja akan menyebabkan laptop menjadi kosong. Yang pasti, Anda dapat mencoba menghubungkan laptop Anda dengan monitor eksternal. Jika layar eksternal dapat menampilkan gambar, dan kabel fleksibel laptop Anda dalam kondisi baik, maka panel tampilan Anda mengalami masalah.

Untuk memperbaiki ini harus mengganti tampilan panel display laptop Anda. Tetapi jika layar eksternal juga kosong, maka masalahnya bukan pada layar laptop Anda. untuk memastikan Anda bisa membaca karakter-karakter laptop lcd yang rusak.

9. Periksa VGA

VGA yang rusak juga akan menyebabkan layar laptop tidak menampilkan apa-apa, kosong. Untuk memastikan bahwa VGA Anda rusak Anda dapat membaca fitur-fitur karakteristik dari VGA yang rusak. Sedangkan untuk memperbaikinya Anda harus mengganti kartu VGA Anda. Sejauh yang saya tahu, laptop yang pernah saya lihat tidak menyediakan slot add-on VGA. VGA tertanam langsung pada motherboard. Jadi untuk menggantikannya harus dilakukan orang yang benar-benar ahli.

10. Atasi Overheating

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan laptop, maka tiba-tiba mati dan ketika Anda mencoba untuk menghidupkan kembali terjadi sesuatu seperti ini. kemungkinan laptop Anda terlalu panas. Untuk memperbaiki ini Anda harus membungkam laptop beberapa jam sampai semua komponen laptop menjadi dingin dan dapat beroperasi secara normal lagi.

Sebaiknya bersihkan debu yang menempel pada komponen di dalalm laptop, terutama kipas. Periksa juga apakah kipas berjalan normal. Periksa juga pasta prosesor. Sebagai referensi tambahan Anda bisa membaca penyebab laptop mati mendadak.

11. Pemeriksaan Baterai

Langkah pada nomor ini dilakukan jika pada saat menekan tombol power untuk menyalakan laptop, laptop tidak menyala. Ditandai dengan lampu indikator daya yang tidak menyala, tidak terdengar suara kipas. Anda dapat mengambil 3 langkah terakhir dalam artikel ini untuk menyelesaikannya. Selain itu Anda juga bisa membaca penyebab dari total laptop mati.

Jika Anda menggunakan baterai, bisa jadi baterai laptop Anda habis. Anda dapat menyelesaikannya dengan memasang adaptor dan menunggu beberapa saat hingga baterai diisi untuk menyalakan laptop secara normal. atau lepaskan baterai laptop dan langsung gunakan adaptor sebagai sumber daya.

12. Periksa Adaptor

Periksa kabel listrik, apakah keluar. Jika tidak ada arus dari kabel adaptor, periksa saluran masuk dari stopkontak listrik. Jika outlet Anda saat ini padam, tetapi tidak ada arus dari output adaptor, itu berarti bahwa rangkaian adaptor atau kabel adaptor Anda rusak. Anda dapat menyelesaikannya dengan mengganti adaptor Anda, sebelum Anda juga dapat membaca karakteristik adaptor yang rusak sebagai referensi.

13. Cek Komponen Power

Kadangkala socket DC pada laptop menjadi longgar, atau malah rusak karena pemasangan jack adaptor yang kurang baik. Jika socket longgar, coba lepas lalu pasang kembali jack adaptor. Sebagai referensi tambahan anda bisa membaca penyebab laptop susah dihidupkan.

Periksa juga komponen power lainnya, seperti tombol power serta IC Power. Kerusakan pada kedua komponen ini juga akan menyebabkan arus tidak dapat mengalir ke komponen inti power, sehingga laptop tidak akan bisa menyala. Baca juga penyebab tombol power laptop tidak berfungsi untuk membabtu anda mengatasi permasalahan pada komponen power.

Sekian artikel mengenai cara mengatasi laptop blank saat dinyalakan ini. Sebagai tambahan anda juga bisa membaca penyebab laptop blank. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel