Monitor Komputer No Signal ini 7 Cara Mengatasi Paling Mudah

Monitor Komputer No Signal ini 7 Cara Mengatasi Paling Mudah
Monitor Komputer No Signal ini 7 Cara Mengatasi Paling Mudah
Cara Mengatasi Komputer No Signal Paling Mudah. Monitor adalah bagian keluaran dalam perangkat keras komputer yang keberadaannya sangat penting. Karena hanya melalui layar monitor pekerjaan yang kita buat dengan komputer dapat kita lihat. Bagi kita yang menggunakan komputer dengan mengandalkan visualisasi, peran monitor sangat penting, tanpa monitor kita tidak bisa menggunakan komputer. Tidak seperti penyandang cacat (tidak dapat melihat) yang menggunakan komputer dengan referensi suara, monitor mungkin tidak penting.

Seperti halnya mesin pada umumnya, monitor juga bisa rusak. Apakah itu rusak karena kurangnya perawatan, masa pakai yang lama, atau penggunaan yang buruk. Namun dalam banyak kasus, ketiadaan gambar yang ditampilkan oleh monitor tidak semata-mata karena kerusakan monitor. Ada banyak penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya sinyal dari CPU ke monitor, sehingga monitor tidak dapat menampilkan tampilan yang seharusnya.

Cara Mengatasi Komputer No Signal Paling Mudah

Dalam artikel ini, Anda akan meninjau beberapa cara untuk mengatasi komputer tanpa sinyal, selain referensi Anda ketika dihadapkan dengan masalah di mana monitor Anda hanya menampilkan sinyal No Signal meskipun CPU aktif. Atau mungkin Anda sedang mengalaminya? Saya harap artikel ini akan membantu Anda.

1. Periksa kabel Monitor

Kabel monitor adalah hal pertama yang perlu Anda periksa, jika kata-kata 'tidak ada sinyal yang terdeteksi' muncul di layar komputer Anda, daripada jendela tampilan atau OS lain yang Anda instal. Kabel lama sering menjadi rapuh dan bisa pecah di beberapa bagian.

Untuk mengatasinya, coba gunakan kabel HDMI lain yang menurut Anda bagus. Anda dapat meminjamnya kepada teman jika Anda tidak memiliki kabel cadangan. Jika tampilan monitor menjadi baik setelah mengganti kabel, kembalikan kabel teman Anda dan kemudian beli kabel HDMI baru untuk monitor Anda.

2. Periksa Port HDMI

Selain kabel yang aktif, port HDMI juga bisa bermasalah, selain usia, penggunaan yang buruk juga bisa membuatnya rusak. Misalkan Anda memasang kabel HDMI ke port dengan cepat dan memaksanya menyebabkan pin pada port ditekuk.

Tekukan satu pin saja proses aliran data dari CPU ke monitor tidak akan berjalan dengan baik. Untuk mengeceknya bisa melihat port fisik. Atau jika Anda ingin lebih percaya diri, Anda dapat menghubungkan CPU ke monitor lain, juga sambungkan monitor ke CPU lain.

3. Periksa VGA

Jika kabel monitor tidak bermasalah, port HDMI juga baik-baik saja, coba periksa VGA komputer Anda. Pada PC ada dua jenis VGA, VGA onboard yang langsung terpasang ke motherboard atau VGA add-on dalam bentuk kartu VGA yang bisa di lepas pasang. Jika PC Anda menggunakan VGA add-on, Anda dapat mencoba menginstal VGA lain untuk mengujinya.

4.Periksa RAM

RAM komputer yang kotor atau rusak juga bisa mengakibatkan hilangnya tampilan pada layar monitor. Coba keluarkan RAM dan bersihkan pin menggunakan pensil pensil. Setelah itu pasang kembali dengan benar. Apakah ada perubahan? Jika tidak mencoba untuk meminjam RAM ayng lain dalam kondisi baik, maka coba gunakan pada CPU komputer Anda. Jika RAM rusak, ganti RAM sehingga Anda dapat menggunakan komputer Anda lagi.

5. Periksa Tegangan Listrik

Tegangan listrik yang kurang stabil dapat mengakibatkan daya yang dipasok oleh catu daya komponen lain, seperti hard drive menjadi tidak stabil juga. Ketika daya yang dibutuhkan oleh hard drive tidak terpenuhi / kurang, hard drive tidak akan diakses dengan benar. Salah satunya dapat menyebabkan pengiriman sinyal dari CPU ke layar monitor terganggu.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba menyalakan komputer tanpa harddisk terlebih dahulu. Periksa apakah tampilan BIOS muncul di layar. Jika muncul, kesalahan yang mungkin ada pada hard drive adalah daya yang kurang. Anda dapat menginstal ulang hard drive sambil juga memastikan bahwa daya komputer stabil. Anda dapat menggunakan stabilizer atau UPS.

6. Periksa Motherboard

Motherboard adalah rumah di mana semua komponen inti komputer dipasang. Masalah yang terjadi pada motherboard akan sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Semua perangkat input dan output yang terhubung tidak akan berfungsi dengan baik, jika motherboard mengalami masalah. Termasuk hilangnya sinyal dari CPU ke layar monitor.

Motherboard yang berkualitas jarang mengalami kerusakan, kecuali untuk kesalahan yang kedaluwarsa atau tidak berguna yang menghasilkan cara pintas, tegangan kejut, atau mengendur / pecah di sirkuit.

Sebelum menggantinya Anda dapat mencoba membongkar dan membersihkan seluruh motherboard terlebih dahulu. Terkadang debu yang terakumulasi pada motherboard yang lama digunakan dapat menyebabkan motherboard tidak berfungsi dengan baik. Pembersihan dapat memecahkan masalah.

7. Periksa Prosesor

Prosesor jarang rusak, tetapi bukan berarti tidak bisa rusak. Jika prosesor bermasalah, bukan hanya monitor yang tidak mendapatkan sinyal, tetapi komputerpun tidak akan bisa hidup sama sekali. Atau hidup sebentar tapi mati lagi. Masalah umum dengan prosesor biasanya karena terlalu panas. Meskipun prosesor memiliki sistem mandiri untuk mematikan dirinya ketika terlalu panas, penggunaan yang masih dikenakan dapat menyebabkan kerusakan.

Pertama, periksa kipas dan prosesor heatsink. Apakah kipas berjalan normal? juga membersihkan debu - debu yang menempel pada proses pendinginan berjalan dengan baik. Fitur dari prosesor mati mudah dikenali, jika prosesor tetap dingin bahkan ketika komponen lain memanas ketika dinyalakan, maka prosesor tidak berfungsi.

Demikian pula ulasan tentang cara mengatasi komputer tanpa sinyal. Pertama Anda harus memeriksa kelayakan kabel monitor, serta port HDMI pada perangkat komputer Anda. Juga memeriksa VGA, RAM, Processor dan Motherboard juga perlu dilakukan. Karena masalah pada komponen ini dapat menyebabkan terganggunya transmisi sinyal dari CPU ke layar monitor.

Akhir kata, semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Itu saja dan terima kasih.