Sound PC / Laptop Tidak Bunyi Ini Cara Mengatasi Paling Mudah

Sound PC / Laptop Tidak Bunyi Ini Cara Mengatasi Paling Mudah
Sound PC / Laptop Tidak Bunyi Ini Cara Mengatasi Paling Mudah
Cara Mengatasi Sound PC Tidak Bunyi Paling Mudah. Saat melakukan sesuatu menggunakan komputer, terasa lebih menyenangkan jika mendengarkan musik. Ketika menonton film dan bermain game, suara juga merupakan bagian penting yang harus ada. Tetapi bagaimana jika Sound PC tidak berbunyi ???

Jangan terlalu lama berkutat dengan rasa kebingungan saat mengalami hal ini. Anda dapat melakukan beberapa pengujian untuk dapat mengetahui penyebab suara pada PC Anda tidak berbunyi. dalam artikel ini akan memberikan beberapa petunjuk tentang cara mengatasi PC Sound yang tidak terdengar, yang bisa Anda coba ikuti agar PC Anda bisa bersuara lagi ..

1. Cek Speaker

Pastikan lampu indikator di spaker menyala, untuk memastikan speaker tidak dimatikan. Periksa juga volume speaker, pastikan tidak diredam. Kemudian periksa kabel speaker, apakah jack speaker terpasang dengan aman ke port pada CPU. Jika speaker hidup dan terinstal dengan benar, pembicara mungkin memiliki masalah. Untuk memastikannya, coba gunakan headset. Bisakah headset berbunyi?
Sound PC / Laptop Tidak Bunyi Ini Cara Mengatasi Paling Mudah

Jika headset membuat suara, itu benar, speaker Anda bermasalah dan perlu diperbaiki / diganti. Namun jika ternyata headset tidak terdengar, tetapi headset dalam kondisi baik, maka Anda perlu mencoba poin nomor 2.

2. Periksa Port Audio

Pada CPU umumnya tersedia dua port audio, yaitu di bagian depan CPU untuk memudahkan pengguna mengaksesnya, begitu juga di belakang CPU. Jika Anda memasang jack audio di bagian depan, coba pindahkan ke belakang; atau sebaliknya. Jika setelah pindah suara muncul kembali port audio Anda mengalami masalah. Anda dapat mengatasinya dengan menggantinya, atau lebih mudah, cukup gunakan port lain. Tetapi jika di saklar suara tetap tidak keluar, dan Anda yakin sebelumnya satu port tidak bermasalah. Kemudian lanjutkan pengecekan pada poin 3

3. Cek Sound Driver

Sebelum memeriksa driver soud, periksa dulu pengaturan volume spaker di komputer Anda, dengan mengklik ikon speaker di ujung kanan bilah start. Pastikan volume pengeras suara tidak dalam keadaan sunyi. Jika pengaturan volume spaker tidak diredam, lanjutkan dengan memeriksa driver suara pada PC Anda. Caranya, buka start menu, klik kanan pada Computer, lalu pilih Properties> Device Manager. Anda juga dapat mengaksesnya melalui panel kontrol> Hardware & Sound> Decive Manager.

Di Pengelola Perangkat akan menampilkan semua periferal yang terhubung di PC Anda, termasuk suara. Klik tanda panah pada suara, jika ada ikon tanda tanya (?) Atau tanda seru berwarna kuning (!) Di bagian pengandar suara. Berarti masalahnya ada pada driver yang tidak terinstal / tidak kompatibel / korup.

Untuk memperbaiki ini, Anda harus menginstal driver suara yang kompatibel. Anda dapat menggunakan CD bawaan komputer jika ada, atau mengunduhnya dari internet. Jika komputer Anda terhubung ke internet, itu akan lebih mudah, Anda dapat membiarkan komputer menemukan driver yang sesuai dan mengunduhnya secara otomatis. Caranya, klik kanan pada suara, maka Anda dapat memilih unistall driver terlebih dahulu, lalu pilih install driver untuk mendapatkan driver yang kompatibel, atau langsung pilih update driver. Kemudian lanjutkan instruksi yang diberikan oleh aplikasi.

Jika sebelumnya PC Anda terdengar berjalan dengan baik, dan driver juga tidak bermasalah, tetapi entah karena virus atau apa yang begitu bermasalah; masih di Device Manager, klik kanan pada driver suara, pilih properti, buka tab Driver, lalu klik perintah Roll Back untuk mengembalikan driver seperti sebelumnya.

Biasanya windows akan menampilkan perintah yang memberitahukan masalah pada driver suara, jika perintah muncul, Anda dapat mengambil keuntungan dari pemecah masalah untuk membantu menyelesaikannya. Jika driver suara tidak bermasalah, kemungkinan kartu suara Anda bermasalah. Lanjutkan pengecekan pada poin 4.

4. Cek Sound Card

Ada kartu suara on-board, yang berarti tertanam langsung di mainboard; ada juga add-on kartu soun, yang berarti kartu yang bisa dilepas pasang. Jika kartu suara Anda add-on, akan lebih mudah untuk memperbaikinya. Keluarkan kartu suara, bersihkan dari debu, seka pin dengan menggunakan penghapus pensil. Ketiganya tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat menggantinya dengan kartu suara baru.

Jika kartu suara Anda on-board, cukup sulit untuk menggantinya, karena akan membutuhkan penyolderan. Sebaiknya serahkan kepada ahlinya, jika belum berpengalaman. Tetapi ada juga alternatif lain, Anda bisa menggunakan suara USB. Suara USB sama dengan suara add-on perbedaan, Anda menghubungkannya ke USB bukan ke slot kartu suara di dalam CPU. Setelah Anda menginstal USB Sound, Anda perlu menginstal driver yang kompatibel. Biasanya CD driver disertakan saat Anda membeli suara USB.

Beberapa ulasan bagaimana cara mengatasi suara PC tidak terdengar. Speaker, port audio, kartu soud atau driver suara bermasalah dapat menjadi penyebab tidak ada suara dari komputer Anda. Semoga beberapa panduan untuk mengatasi suara PC yang tidak terdengar itu dapat membantu Anda untuk memecahkan masalah yang Anda hadapi.

Terima kasih telah membaca, silakan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau cara tambahan untuk mengatasi suara komputer tidak aktif. Jangan lupa untuk berbagi ya, jika Anda berpikir makalah ini bermanfaat.