Touchpad Laptop Tidak Berfungsi ini 4 Cara Memperbaikinya

Touchpad Laptop Tidak Berfungsi ini 4 Cara Memperbaikinya
Touchpad Laptop Tidak Berfungsi ini 4 Cara Memperbaikinya
Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Yang Tidak Berfungsi. Seperti namanya "touchpad" adalah perangkat yang bekerja dengan "sentuhan". Di laptop, touchpad merupakan komponen penting karena biasanya menggantikan fungsi mouse, jika touchpad tidak berfungsi, maka kita akan sedikit repot karena harus membawa mouse USB dan dengan menggunakan mouse tentu kita juga membutuhkan alas untuk mouse, mudah jika kita bekerja dengan laptop di atas meja yang cukup luas, tetapi akan menjadi cerita lain jika kita menggunakan laptop di paha paha kita, tanpa touchpad tampaknya sangat merepotkan.

1. Touchpad di-disabled (dinon-aktifkan)

Pada beberapa laptop, ada fungsi untuk menonaktifkan fungsi touchpad, coba perhatikan pada laptop Anda apakah ada tombol khusus (bukan tombol pada keyboard dan bukan tombol power) ikon (seperti) bentuk dari touchpad.
Cara Memperbaiki Touchpad Laptop yang Tidak Berfungsi

Atau, perhatikan keyboard laptop Anda, apakah ada tombol dengan gambar (ikon) yang mirip dengan bentuk touchpad? Pada beberapa laptop ada fungsi untuk menonaktifkan touchpad melalui shortcut pada tombol keyboard, misalnya laptop (notebook) yang saya gunakan saat ini (Acer Aspire One D255) memiliki fitur untuk menonaktifkan touchpad dengan menekan tombol "Fn + F7 ". (Baca juga: Fungsi Keyboard dan Mouse)

Jika tidak ada, maka kemungkinan berikutnya adalah keberadaan suatu aplikasi (perangkat lunak) yang menonaktifkan (menonaktifkan fungsi touchpad). Coba periksa di system tray, pojok kanan bawah layar laptop Anda, jam buka (digital), adakah ikon aplikasi yang "mencurigakan"? Aplikasi seperti Synaptic Touchpad atau sejenisnya memang memiliki fitur untuk (alasan keamanan) untuk menonaktifkan touchpad. (Baca juga: Fungsi Mouse Pada Perangkat Komputer)

Solusi:

Perhatikan baik-baik jika ada tombol khusus (selain keyboard dan tombol power) di laptop Anda, jika ada tombol yang umumnya bergambar (ikon) berbentuk touchpad, coba tekan (sekali saja), lalu coba touchpad Anda lagi.

Jika tidak ada tombol khusus seperti di atas, maka catat gambar (ikon) di keyboard Anda jika ada sesuatu dalam bentuk touchpad, jika ada coba tekan saja tombbol itu (atau bersama dengan tombol lain misalnya "Fn"). (Baca juga: Fungsi Tombol F1 Hingga F12)

Jika kedua tombol di atas tidak ada, maka periksa baki sistem apakah ada aplikasi dengan ikon touchpad? Jika, ada aplikasi klik kanan (di baki sistem), kemudian catat apakah ada opsi untuk mengaktifkan touchpad (biasanya berisi kata "enabled" dan "touchpad").

2. Driver touchpad belum ter-install atau belum ter-update.
Driver adalah "pihak" yang memperkenalkan perangkat keras yang dikenal dengan baik oleh sistem operasi (tidak hanya Windows, Linux dan MacOS-dan umumnya membutuhkan driver untuk mengenali perangkat keras), beberapa sistem operasi terbaru seperti Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10 dilengkapi dengan driver built-in, jadi ketika kita menghubungkan perangkat keras baru (misalnya printer), sistem operasi akan memeriksa apakah ada driver yang sesuai pada (jika mungkin disebut) "database" nya, jika ada maka sistem operasi secara otomatis menginstal driver untuk perangkat keras yang terhubung. Tetapi jika tidak ada driver yang sesuai, maka perangkat keras tidak akan digunakan karena sistem operasi tidak mengenalinya.

Begitu juga dengan touchpad, ketika sistem operasi Anda baru saja diinstal ulang (memformat ulang partisi sistem operasi lama setelah menginstal sistem operasi baru) atau sistem operasi Anda diperbarui, mungkin ada ketidakkonsistenan antara driver yang diinstal dengan sistem operasi dan perangkat keras (dalam hal ini touchpad), jadi untuk mengkompensasi kondisi sistem operasi diperbarui maka touchpad pengemudi (dan driver lainnya) juga harus diperbarui, itu mungkin terjadi.

Solusi:

Cari driver CD / DVD laptop Anda, lalu instal driver touchpad. Atau jika Anda tahu merek touchpad di laptop yang Anda gunakan, unduh driver terbaru dari situs web resmi (sangat disarankan). (Baca juga: Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis)

Jika driver laptop CD / DVD tidak ada, dan jika Anda harus mengunduh Anda tidak yakin driver mana yang cocok, Anda dapat menggunakan DriverPack Solution (kumpulan driver untuk hampir semua perangkat), tetapi jika Anda mengunduhnya akan membutuhkan lama karena ukurannya yang besar hingga 12GB), Anda dapat membeli DVD atau Flashdisk dengan Driver Pack Solution di dalam dari toko online atau pasar (misalnya Bukalapak.com).


Anda juga dapat menggunakan aplikasi "driver scanner" seperti Driver Genius untuk membantu Anda mengenali merek perangkat keras touchpad yang Anda gunakan.

3. Kerusakan atau kesalahan pada sistem operasi (misalnya Windows)
Jika awalnya touchpad Anda baik-baik saja tetapi tiba-tiba touchpad Anda tidak berfungsi, dan Anda telah memastikan pengandar touchpad diinstal dan / atau diperbarui dengan sempurna, maka kemungkinan berikutnya adalah masalah dengan sistem operasi, ada banyak hal yang dapat mempengaruhi sistem operasi dalam hal ini, termasuk: (Baca juga: Sejarah Microsoft Windows)

Virus komputer

Virus komputer adalah yang paling berbahaya karena selain berisiko menginfeksi / merusak sistem file (yang dapat menyebabkan kegagalan sistem seperti sistem tidak bisa boot) juga menyebabkan kegagalan sistem operasi dalam mengontrol perangkat keras (seperti touchpad) , langkah yang paling umum diambil dalam menangani kerusakan sistem operasi yang disebabkan oleh virus komputer adalah dengan memindai menggunakan antivirus, memilih antivirus "teratas" seperti AVG, Bitdefender, Avira dan lainnya, tidak menggunakan antivirus di crack atau patch , gunakan antivirus versi gratis, itu lebih aman karena antivirus akan terbebas dari virus, jika antivirus yang Anda gunakan retak atau di patch, kemungkinan besar file crack atau patch mengandung virus yang menginfeksi antivirus yang dipasang.

solusi:

Pindai seluruh komputer (termasuk drive dan registri), ini akan memakan waktu yang relatif lama, setelah proses pemindaian selesai memeriksa hasil pemindaian (biasanya program antivirus menampilkan laporan pemindaian) apakah laptop Anda memiliki virus atau tidak, setelah virus dibersihkan dari komputer Anda, restart laptop dan periksa layar sentuh laptop Anda lagi jika berfungsi sebagaimana mestinya.

Windows Registry

Di sistem operasi Windows, registri adalah basis data utama yang menyimpan semua data tentang konfigurasi sistem operasi serta perangkat lunak yang diinstal di dalamnya. Kesalahan dalam salah satu nilai dalam registri dapat menyebabkan kegagalan fungsi aplikasi termasuk kemampuan sistem operasi untuk mengenali perangkat keras (misalnya touchpad).

Solusi:

Pindai registri di laptop Anda dengan aplikasi utilitas seperti TuneUp Utilities (Sekarang AVG PC TuneUp) atau CCleaner. Perbaiki (perbaiki) registri jika ditemukan kesalahan dalam pemindaian. Mulai ulang laptop, lalu coba lagi touchpad Anda apakah sudah berfungsi kembali seperti biasa.

4. Kerusakan hardware touchpad
Kemungkinan terakhir adalah kerusakan pada touchpad perangkat keras, hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti komponen yang terlalu panas (s) sehingga merusak soket pada motherboard atau kabel fleksibel dari touchpad atau elemen lain pada touchpad. Apa pun itu jika masalahnya adalah perangkat keras maka tidak ada pilihan selain memperbaikinya (jika mungkin) atau menggantinya, jika Anda tidak yakin maka konsultasikan dengan teknisi komputer yang Anda yakini jika kerusakan (jika memang touchpad perangkat keras rusak) masih bisa diperbaiki, diganti dengan perangkat keras serupa.

Solusi:

Jika Anda memutuskan untuk menggantinya sendiri, Anda dapat mencari perangkat keras yang serupa di toko komputer atau di toko online (pasar), pastikan Anda membeli perangkat yang sama persis dengan yang digunakan laptop Anda. Namun sayangnya, mengganti touchpad tidak seperti mengganti hard disk drive atau RAM, cukup tarik yang lama dan kemudian instal yang baru, bagaimana mencabut dan memasang touchpad yang lebih kompleks (berdasarkan pengalaman pribadi) dari perangkat keras lain bahkan lebih cabut dan pasang touchpad pada setiap laptop biasanya berbeda, jadi jika Anda mengambil solusi ini, saya harap Anda beruntung.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk memperbaiki touchpad yang bekerja pada laptop Anda (dengan sistem operasi Windows), perlu diingat bahwa pemeliharaan perangkat lunak penting setidaknya sekali seminggu (setidaknya sekali seminggu) memperbarui antivirus dan melakukan sepenuhnya- pemindaian untuk menghindari kerusakan pada sistem operasi, selain pemeliharaan perangkat keras tidak kurang penting, hindari penggunaan laptop berlebihan (terus menerus) hingga suhu laptop sangat tinggi, gunakan cooling pad jika perlu untuk membantu menstabilkan suhu laptop, terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras pada laptop.