10 Faktor Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat

10 Faktor Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat
10 Faktor Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat
Di era saat ini, teknologi sangat berkembang bahkan berkembang sangat cepat. Teknologi dari berbagai bidang semakin modern dari waktu ke waktu. Teknologi pangan, industri, otomotif, kuliner, transportasi, dan yang sedang dibahas adalah perkembangan teknologi komputer yang pesat.

Komputer hampir menjadi makanan sehari-hari bagi sebagian orang. Teknologi komputer adalah yang paling banyak dibicarakan oleh masyarakat umum, karena komputer dapat dieja hampir semua bidang. Di bidang makanan, kita bisa menggunakan komputer, termasuk otomotif, transportasi, hampir semuanya berhubungan dengan komputer.
10 Faktor Penyebab Teknologi Komputer Berkembang Cepat

Fungsi teknologi dan informasi dan komunikasi saat ini penting bagi hampir semua orang. Karena dengan menggunakan teknologi yang berkembang pesat saat ini berkomunikasi dengan semua orang di dunia menjadi lebih mudah. Ini juga mendasari perkembangan jaringan komputer yang juga semakin meluas. Ini menunjukkan manfaat jaringan komputer semakin banyak digunakan oleh semua orang, tidak hanya untuk berkomunikasi tetapi juga mengakses informasi penting lainnya.

Teknologi komputer

Mulai dari pengertian teknologi komputer yang pertama. Apa itu teknologi komputer? Teknologi komputer adalah teknologi yang membantu pekerjaan manusia yang berorientasi manusia. Jadi intinya adalah, teknologi yang dapat membantu pekerjaan manusia melalui komputer. (baca juga: pemahaman teknologi menurut para ahli)

Komputer akan selalu berevolusi dari waktu ke waktu karena meningkatnya tuntutan masyarakat. Masyarakat saat ini memiliki pekerjaan yang semakin kompleks yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi komputer.

Faktor – Faktor Teknologi Berkembang Pesat

Ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan teknologi komputer saat ini. Faktor ini tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks dari waktu ke waktu.

1. Kebutuhan Waktu

Faktor ini mungkin merupakan faktor yang paling penting. Karena orang hari ini menginginkan segalanya cepat dan bahkan instan.

Contoh: Orang ingin membeli barang, di hadapan teknologi, maka barang yang diinginkan akan cepat disampaikan.

2. Kebutuhan Fasilitas Yang Canggih

Fasilitas canggih dibutuhkan hari ini. Fasilitas canggih diharapkan dapat membantu komunitas bekerja lebih cepat. Tuntutan kegiatan di hari ini membutuhkan fasilitas canggih. Ini dapat diperoleh dan dirasakan dari manfaat belajar ilmu komputer untuk mendukung kemampuan di dunia kerja.

Contoh: Saat ini orang bekerja lebih banyak dan lebih banyak lagi, sehingga dalam melakukan tugas diharapkan dilakukan di berbagai tempat. Dalam melakukan pekerjaannya bisa menggunakan android yang bisa dibawa kemana-mana.

3. Kebutuhan oleh Usaha atau Bisnis

Di dunia sekarang ini, teknologi membantu dalam pengembangan bisnis atau bisnis. Teknologi komputer dapat membantu pemasaran, produksi, distribusi bisnis atau bisnis. Selain itu, teknologi komputer juga dapat memfasilitasi komunikasi antar pihak bisnis dengan konsumen. Seperti dalam bidang keuangan bisnis, manfaat Internet untuk bank sangat membantu pelanggan dalam melakukan transaksi yang dapat dilakukan di mana saja.

Contoh: Pengusaha dapat membuat aplikasi untuk menyederhanakan belanja pelanggan mereka tanpa harus datang ke tokonya secara langsung. Dalam hal ini peran teknologi termasuk dalam situs web e-commerce yang memungkinkan pelanggan untuk berbelanja online.

4. Kebutuhan akan Permintaan dan Pasokan Tinggi

Ini mungkin hampir sama dengan nomor tiga, tetapi sedikit berbeda. Permintaan untuk penawaran saat ini sangat besar. Hampir setiap hari bahkan jam, ada permintaan dan juga penawaran. Dengan teknologi, kita dapat membuat permintaan dengan mudah tanpa harus datang ke lokasi secara langsung, dan untuk tawaran itu, kita juga dapat menawarkan barang atau jasa secara langsung melalui internet tanpa harus bertemu konsumen

Contoh: Beriklan di internet dalam menawarkan barang atau jasa. Konsumen dapat menggunakan internet untuk meminta penawaran.

5. Kebutuhan untuk Hobi

Hobi penting bagi sebagian orang, misalnya Gamer. Para gamer yang sangat menyukai game akan selalu diperbarui dengan teknologi game yang lebih canggih. Oleh karena itu perusahaan industri game atau komponen dari game untuk bersaing untuk produknya diminati oleh para gamer.

Contoh: Persaingan antara NVidia dan AMD dalam menghapus VGA untuk game yang lebih canggih. VGA akan selalu diperbarui setiap bulan.

6. Kebutuhan Informasi

Masyarakat saat ini belum tentu membutuhkan lebih banyak surat kabar atau majalah, karena saat ini sudah serba digital. Surat kabar dapat diakses langsung ke internet secara gratis, untuk membaca novel, kita dapat membeli melalui internet, termasuk majalah, juga secara gratis. Orang bisa mendapatkan informasi di mana saja.

Contoh: Untuk mengetahui berita terbaru, tidak perlu membeli koran terlebih dahulu, tetapi bisa menggunakan internet dan mengakses koran digital.

7. Membutuhkan Sains

Untuk hari ini, ilmu dapat diperoleh di mana saja termasuk dari internet. Dengan berkembangnya teknologi komputer, banyak buku pelajaran untuk siswa atau pelajar dapat dilihat secara online. Selain itu, siswa hari ini mulai terbiasa menggunakan sistem online dalam pembelajaran. Dengan dukungan teknologi, peran internet pada prestasi siswa juga bisa menjadi salah satu alasannya. Karena informasi yang luas, pelajar dapat mengakses pelajaran online juga.

Contoh: pelajaran e-book untuk siswa dapat memfasilitasi pembelajar dalam belajar, tanpa harus membeli buku.

8. Kebutuhan Dunia Hiburan

Untuk faktor yang satu ini cukup banyak pengaruhnya bagi masyarakat, terutama bagi para remaja. Dengan teknologi yang berkembang, kita dapat memesan tiket film secara online. Selain itu, sekarang banyak game online yang bisa dimainkan gratis atau berbayar.

Contoh: game android semakin lazim karena kebutuhan akan semakin banyak hiburan di kalangan masyarakat.

9. Kebutuhan Industri Musik

Musik berkembang dengan perkembangan teknologi komputer juga. Untuk merekam atau merekam, tentu membutuhkan komputer, baik proses editing atau yang lainnya. Selain itu, dengan kemajuan teknologi, mendorong perkembangan musik yang lebih maju lagi
Contoh: di zaman kuno, musik yang dikenal adalah musik klasik, hari ini karena teknologi mampu membuat musik tanpa instrumen itu sendiri atau musik elektronik, genre yang menggunakan komputer dalam membuat nada.

10. Kebutuhan Komunikasi

Komunikasi sangat penting bagi semua orang. Sekarang, untuk berkomunikasi tidak perlu harus bertatap muka secara tatap muka. Kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dan di mana saja tanpa tatap muka, bahkan tatap muka bahkan dengan jarak jauh (panggilan video). Juga muncul obrolan jarak jauh yang memfasilitasi komunikasi.

Contoh: Adanya aplikasi media sosial seperti Line, BBM, YM, dll.

Dampak Perkembangan Teknologi Komputer Bagi Kehidupan Manusia

Sisi Positif

  1. Terjadinya peningkatan mutu pendidikan yang ada di negara tersebut
  2. Adanya peningkatan di bidang ekonomi
  3. Informasi dapat tersalurkan dengan baik walaupun dengan jarak yang jauh
  4. Komunikasi dapat terjalin dengan baik meski terhalang oleh jarak yang jauh
  5. Efisiensi dalam waktu pekerjaan atau pembelajaran
  6. Adanya E-banking, E-Book membuat kebutuhan manusia dapat mudah terpenuhi
  7. Mempermudah dalam pengelolaan suatu pekerjaan yang besar karena komputer dapat mempermudah pengerjaannya
Sisi Negatif

  1. Adanya pasar bebas yang membuat barang – barang yang sepatutnya tidak dijual, malah dijual secara ilegal
  2. Persaingan yang tidak sehat bisa saja muncul antar sesama bisnis atau usaha
  3. Informasi bisa saja di manipulasi dan bisa membuat banyak orang salah paham dengan informasi tersebut karena seluruh dunia bisa melihat informasi tersebut
  4. Terjadinya trik – trik hacking oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Contoh : Penyadapan telepon seseorang yang melanggar hak privasi seseorang
  5. Bisa menyebabkan hilangnya rasa nasionalisme terhadap suatu bangsa karena pengaruh dari bangsa lain
  6. Tingkat kriminalitas bisa saja meningkat karena seseorang bisa melihat kelemahan suatu jaringan seperti E-Banking.

Nah itu tentang perkembangan teknologi komputer. Memang, perkembangan teknologi komputer kita perlu memberikan acungan jempol untuk memfasilitasi pekerjaan kita. Namun, kita harus bijak dalam menggunakannya karena kita dapat menggunakannya dengan hal-hal yang merugikan orang lain.

Teknologi tidak bisa kita hindari dan kita harus bisa memilah apa yang baik dan apa yang buruk. Selain itu kita juga perlu menjadi dewasa dalam bertindak karena jika kita ceroboh dalam menerima teknologi komputer, bisa jadi orang lain menerima dampak dan termasuk diri kita sendiri akan terpengaruh.