10 Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome Secara Rinci

10 Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome Secara Rinci
10 Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome Secara Rinci
Google Chrome adalah salah satu browser web populer di kalangan pengguna internet di dunia. Google Chrome sendiri adalah browser web yang dibuat dan dikembangkan oleh Google, yang merupakan situs pencarian atau mesin pencari yang sangat populer. Meski masih terbilang muda, bila dibandingkan dengan navigator netscape dan juga Microsoft Internet Explorer, namun faktanya Google Chrome bisa dibilang jauh lebih populer daripada browser kedua.

Ini karena Google Chrome memiliki beberapa kelebihan. Meskipun usianya terbilang muda, Google Chrome menjadi salah satu browser terbaik yang menjadi favorit pengguna dalam berselancar di internet. Pemuatan ringan membuat Google Chrome banyak digunakan baik di PC maupun seluler. Meski menggunakan PC dengan spesifikasi rendah, menggunakan browser Google Chrome tidak akan membuat komputer sering hang.
10 Kelebihan dan kekurangan Browser Google Chrome Secara Rinci

Berikut ini akan dibahas tentang kelebihannya, dan juga kelemahan yang dimiliki oleh Google Chrome.

Kelebihan Browser Google Chrome

1. Desain User Interface yang minimalis

Keuntungan pertama dari peramban web Google adalah desain minimalis. Tampilan antarmuka pengguna milik Google Chrome memang jauh lebih sederhana dan juga lebih sederhana bila dibandingkan denan browser web lainnya, terutama internet explorer. Hanya ada tampilan tab untuk browsing, dan juga menu jug abeberapa yang ditampilkan dalam bentuk ikon.

Desain antarmuka pengguna minimalis ini tentu akan membuat pengguna alias pengguna menjadi lebih mudah untuk berselancar dan juga menjelajah, dan tidak perlu mengganggu menu - menu yang memiliki banyak tulisan dan dapat mengganggu konsentrasi pengguna dalam menjelajah internet. .

2. Membutuhkan resource yang sedikit dan lebih hemat RAM

Apakah Anda pengguna dengan komputer low-end, low-end? Jika demikian, google chrome adalah salah satu browser web yang sangat cocok untuk Anda. Google chrome adalah salah satu browser web yang membutuhkan sumber daya atau sumber daya rendah, jadi ini akan membantu Anda untuk menghemat kapasitas RAM di komputer Anda.

Untuk menggunakan perangkat lunak ini tidak perlu menggunakan komputer dengan kapasitas RAM terbesar saat ini, dan sangat cocok untuk diterapkan pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Selain itu, dengan sumber daya yang lebih ringan, google chrome juga dapat melakukan proses awal atau memulai lebih cepat dan juga lebih baik, tanpa harus mengalami slow dan juga lama saat startup.

3. Memiliki proses loading pada tab yang terpisah

Keuntungan selanjutnya dari browser web google chrome adalah proses pemuatan terpisah antara tab-nya. Ini memungkinkan setiap tab di browser web google chrome ini untuk berjalan sendiri. Ini membuat ketika ada tabrakan atau interupsi di satu situs atau satu tab, maka tab lainnya tidak akan terpengaruh.

4. Langsung terhubung dengan situs pencari Google

Apakah Anda yang paling hobi melakukan pencarian di search engine google? Maka browser Google Chrome ini sangat cocok untuk Anda. Secara default, bilah alamat di browser Google Chrome ini sudah terhubung ke situs pencarian Google. Jadi, Anda hanya perlu menuliskan kata kunci atau kata kunci yang ingin Anda cari di dalam bilah alamat, dan kemudian, Google Chrome akan membantu menyebarkan informasi serta tautan tentang kata pencarian.

Tidak perlu lagi repot masuk ke situs Google.com, dan tidak perlu menambahkan add on untuk menambah search engine di browser Google Chrome ini.


5. Google Chrome dapat mendeteksi keyword atau kata kunci


Selain membantu Anda mencari di salah satu mesin pencari terbesar dan terpopuler di dunia, yaitu Google.com. Peramban Google Chrome juga dapat membantu Anda menemukan daftar kata kunci yang Anda gunakan tanpa harus pergi dulu ke situs Google.com. Fitur ini sama seperti fitur pencarian seeprti di Google.com, di mana ketika Anda mengetik beberapa karakter atau huruf, maka akan muncul kata kunci rekomendasi yang akan Anda cari.

Misalnya, ketika Anda mencari kata kunci / kata kunci apel, maka ketika Anda mengetik kata kera, daftar kata kunci akan muncul, salah satunya adalah apel malang (termasuk beberapa kata kunci populer).

6. Dukungan aplikasi dan add ons yang melimpah dan beragam

Google Chrome juga memiliki banyak dukungan aplikasi dan juga berbagai add-ons. Mulai dari aplikasi berbasis flash, hingga aplikasi atau add ons yang berfungsi untuk mengkustomisasi tampilan google chrome itu sendiri.

Jumlah pengaya dan aplikasi juga didukung dengan pembaruan dan pembaruan tambahan yang dibuat oleh Google sendiri, di mana peramban ini akan secara rutin menyediakan pembaruan, yang dapat kami unduh langsung dari Google Chrome.

7. Terdapat beberapa skin dan juga themes untuk mempercantik tampilan browser

Bosan dengan penampilan itu - itu saja? Peramban Google Chrome memiliki kelebihan lain, yaitu pilihan tema dan skin untuk menambah estetika dari browser Google Chrome itu sendiri. Ini tentu saja sangat menarik, terutama bagi Anda yang suka bekerja dan meningkatkan tampilan browser Anda.

Untuk menerapkan tema dan juga kulit baru cukup mudah. Google Chrome sudah menyediakan opsi-opsi ini secara default di dalam menu Google Chrome itu sendiri.

8. Terintegrasi dengan Internet Download manager

Bagi Anda yang gemar mengunduh, maka perangkat lunak dan juga mengunduh aplikasi pengelola, seperti Internet Download Manager pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. agar dapat berfungsi secara optimal, maka perangkat lunak Internet Download Manager harus diintegrasikan terlebih dahulu dengan peramban bawaan Anda. salah satu browser yang mendukung integrasi Internet Download Manager secara penuh adalah Google Chrome.

Dengan sumber daya yang lebih ringan, yang membuat Google Chrome lebih responsif dan juga lebih cepat dalam menjelajah, dan digabungkan dengan kemampuan integrasi dengan perangkat lunak pengelola Unduhan, ini akan menjadikan Google Chrome salah satu peramban yang tepat bagi Anda yang membutuhkan Peramban yang andal dan andal.

Kekurangan dari Browser Google Chrome

1. Proses penterjemahan bahasa yang masih kurang baik

Kekurangan pertama adalah terjemahan Bahasa. Google Chrome sudah dapat mendukung terjemahan bahasa, di mana ketika kami memasuki sebuah situs dalam bahasa Inggris, misalnya, Google Chrome akan menawarkan opsi untuk menerjemahkan seluruh konten dalam situs ke dalam bahasa yang digunakan pengguna, yang dalam hal ini adalah bahasa Indonesia.

Namun, bahasa yang diterjemahkan adalah bahasa dengan model Google Translate. Bukan rahasia bahwa Google Translate memiliki banyak kelemahan dalam menerjemahkan kalimat dan paragraf, sehingga bahasa yang dihasilkan tampak aneh dan bahkan sulit dimengerti, bahkan oleh pengguna yang terbiasa menggunakan internet sekalipun.

2. Ada beberapa bugs yang bisa mengganggu pengalaman surfing internet

Sama seperti browser lainnya, Google Chrome juga dianggap memiliki bug potensial dan juga kesalahan yang cukup tinggi. Banyak pakar TI berpikir bahwa di dalam Google Chrome ada lubang kecil, yang berpotensi menyebabkan bug dan kesalahan. Bug dan juga kesalahan-kesalahan ini tentu sering menyebabkan pengalaman kita dalam berselancar dan juga browsing di internet menjadi kurang menyenangkan.