10 Macam Macam Software Spreadsheet Yang Sering Dipakai

10 Macam Macam Software Spreadsheet Yang Sering Dipakai
10 Macam Macam Software Spreadsheet Yang Sering Dipakai
Bagi Anda yang sering mengerjakan proyek yang berkaitan dengan angka atau data yang pasti tidak asing dengan perangkat lunak spreadsheet atau perangkat lunak pengolah angka. Jika Anda adalah orang yang sering mengerjakan proyek seperti yang disebutkan sebelumnya. Berikut adalah beberapa daftar perangkat lunak spreadsheet yang dapat Anda gunakan untuk membantu pekerjaan Anda.

1. Microsoft Excel

Perangkat lunak ini dalam naungan sistem operasi Windows. Program excel microsot sering disebut spreadsheet atau lembar kerja elektronik. Beberapa utilitas yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan microsoft ecxel meliputi:
10 Macam Macam Software Spreadsheet Yang Sering Dipakai


1. Bidang Akuntansi

Di bidang akuntansi, excel dapat digunakan untuk menghitung jumlah kerugian dan laba dari transaksi penjualan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Excel sebagai perangkat lunak untuk menghitung gaji karyawan dan banyak manfaat lainnya

2. Perhitungan matematis

Excel dapat digunakan untuk mencari hasil dari penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bahkan perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk menghitung beberapa variasi dari proses perhitungan.

3. Manajemen data

Manajemen data yang dimaksudkan di sini adalah untuk mengelola data yang ada untuk mencari rata-rata, rata-rata atau mencari nilai maksimum dan minimumnya. Sehingga bisa memudahkan pekerjaan Anda di kantor.

4. Buat grafik

Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik data. Misalnya, grafik penjualan perusahaan setiap bulan, atau grafik nilai siswa di kelas dan banyak lainnya.

Kelebihan microsoft excel (2010)


  • Loading aplikasi lebih cepat dan ringan
  • Dapat menyimpan file dalam format PDF sekalipun. Selain itu juga dapat membuka file dalam bentuk open office (Linux)
  • tampilan software sederhana
  • sudah terintegrasi dengan browser sehingga anda dapat mengakses dan mengedit file melalui web browser.
  • anda tidak akan kesusahan dalam melakukan input data ke dalam excel, karena software ini memiliki jumlah baris yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom mencapai 16.384.
2. Kspread

Kpsread adalah salah satu perangkat lunak pengolah data yang cukup banyak digunakan. Perangkat lunak ini bersifat open source dan multiplatform. Yang dimaksud dengan open source di sini adalah Anda dapat diizinkan mengubah kode program untuk menambahkan fitur ke program perangkat lunak. Sedangkan multi platform memiliki arti untuk dijalankan pada berbagai sistem operasi. Anda dapat mengunduh situs web resmi Koffice.

3. Staroffice Calc
Perangkat lunak pengolah angka ini adalah multi platform yang sama dengan perangkat lunak sebelumnya. Kelebihan prosesor bilangan ini adalah kemampuannya untuk memperjelas data dan dapat membuat grafik dari data yang terdapat dalam lembar kerja. Selain itu, Staroffice juga mampu mengkonversi data dari perangkat lunak pengolah numerik lainnya.

4. OpenOffice Calc
Perangkat lunak pemrosesan numerik ini bersifat open source dan multiplatform sehingga dapat digunakan pada semua sistem operasi. OpenOffice Calc juga lebih mudah dioperasikan karena menu sederhana yang dirancang untuk membuatnya mudah digunakan. Tampilan windows software pundilengkapi dengan tombol menu dan tombol toolbar sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mengoperasikannya. Anda dapat mengunduh langsung ke perangkat lunak ini melalui situs web resmi OpenOffice.

OpenOffice Calc adalah program spreadsheet yang dapat Anda gunakan untuk membuat daftar catatan dan menganalisis data. Perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet dan menggunakan rumus untuk menghitung data dan menampilkannya dalam bentuk grafik. Ketika Anda pertama kali membuka OpenOffice Calc Anda akan memiliki 3 lembar yang dapat Anda tambahkan dan kurangi. Model OpenOffice hampir sama dengan program Excel.

5. Abacus
Keuntungan dari perangkat lunak ini adalah ukuran memori yang digunakan sangat kecil sehingga tidak akan memenuhi memori komputer Anda. Selain itu, Abacus sangat mudah dioperasikan. Abacus awalnya hanya dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal tetapi di bawah bimbingan Prof.Arlindo Olivieira, perangkat lunak ini mampu menjadi salah satu perangkat lunak pengolah nomor yang cukup diperhitungkan. Abacus memiliki tampilan yang sederhana dan sangat mudah dioperasikan seperti perangkat lunak pengolah numerik lainnya. 

6. Gnumerik
Perangkat lunak pemrosesan numerik ini adalah salah satu perangkat lunak yang berasal dari perusahaan perkantoran GNOME. Perangkat lunak ini bersifat open source dan multiplatform sama seperti perangkat lunak digitizer lainnya. Dengan manfaat tampilan GUI, Gnumeric membuat penggunanya lebih mudah dalam menggunakan perangkat lunak ini. Gnumeric juga dilengkapi dengan menu dan tombol toolbar.

7. WingZ
Perangkat lunak pemrosesan data ini memiliki properti multiplatform yang dapat digunakan dalam sistem operasi apa pun. Keuntungan dari wingZ sendiri adalah freeware-nya meskipun hanya terbatas untuk pengguna non komersial dan bukan untuk dijual kembali. WingZ bukan hanya perangkat lunak pemrosesan angka biasa. Perangkat lunak pemrosesan numerik ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat menganalisis data dinamis dengan menambahkan fungsi-fungsi lengkap di bidang statistik, teknik, dan keuangan serta matriks lembar kerja multiplayer. (baca juga: Jenis-jenis Komputer Booting)

8. XESS
Perangkat lunak penomoran ini diproduksi oleh AIS (Aplied Information System) yang dapat Anda operasikan dalam sistem operasi UNIX, Linux, Open VMS, dan Windows. XESS adalah perangkat lunak pemrosesan angka yang diterbitkan dalam dua versi: versi perusahaan yang didedikasikan untuk pengguna tingkat perusahaan dan versi kehidupan yang digunakan untuk pengguna pribadi. Untuk versi perusahaan, XESS diluncurkan dalam 3 jenis opsi yang XESS hanya dilengkapi dengan fungsi standar dan dapat kompatibel dengan Lotus dan Excel. XessPlus sudah dilengkapi dengan fitur untuk menggunakan Micro Add-Ins, dan yang terakhir adalah XessSDK dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pemrograman. Kerugian dari perangkat lunak ini adalah harganya yang sangat mahal.

9. Xxl
Perangkat lunak ini adalah aplikasi pemrosesan nomor yang diproduksi dan dikembangkan oleh University of Nice dan dapat dijalankan dalam sistem operasi Unix. Tampilan Xxl memiliki tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan. GUI juga dilengkapi dengan fitur-fitur fitur kompleks yang tidak dapat Anda temukan dalam perangkat lunak pemrosesan numerik lainnya.

10. Lotus 123
Perangkat lunak ini populer dan banyak digunakan pada tahun 80-an. Lotus 123 adalah perangkat lunak pemrosesan angka yang dikeluarkan oleh IBM dan satu paket dalam aplikasi Office lainnya yang dikenal sebagai Lotus SmartSuite. Perangkat lunak ini bekerja dalam sistem operasi DOS, tetapi seiring dengan perkembangan teknologi Lotus dapat digunakan untuk sistem operasi Windows.