11 Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip Termudah

11 Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip Termudah
11 Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip Termudah
Printer Canon masih menjadi printer favorit banyak orang. Selain harganya terjangkau, printer Canon juga terkenal keras kepala dan mudah perawatannya. Printer ini adalah jenis printer yang paling umum digunakan. Hasil cetak Canon juga tidak kalah dengan printer di kelas di atasnya. Jika Anda adalah pengguna setia printer Canon, tentu tahu masalah pada printer ini dan bagaimana mengatasinya. Masalah printer yang khas adalah jika printer tidak merespons, tinta printer tidak keluar, dan lampu indikator printer terus berkedip.

Kali ini kami akan menjelaskan masalah printer Canon IP2770 adalah lampu printer yang terus berkedip. Lampu yang berkedip pada printer adalah penanda bahwa printer Anda tidak dalam keadaan normal. Caranya adalah mencari tahu penyebabnya dan segera atasi penyebabnya. Lampu yang berkedip hanya tanda. Selanjutnya Anda harus meneliti printer Anda sebaik mungkin.
11 Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lampu Kedap Kedip Termudah

Lampu berkedip pada printer Canon IP2770 dapat menunjukkan kelainan ringan hingga berat. Berikut cara memperbaiki printer berkedip Canon IP2770. Pastikan Anda telah menyelesaikan cara menginstal printer Canon IP2770 dengan benar.


  • Indikator berkedip ketika printer dinyalakan.
Untuk masalah ini, biasanya terjadi ketika printer sebelumnya mati dalam keadaan mendadak. Misalnya ketika printer terputus arus listrik tiba-tiba. Jika indikator printer Anda terus berkedip ketika dihidupkan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:


  1. Cabut kabel power pada printer anda.
  2. Tekanlah tombol power pada printer anda, sambil memasang kembali kabel power yang anda cabut tadi.
  3. Karena perlakuan tersebut, indikator power akan menyala berwarna kuning.
  4. Lepaskanlah tombol power yang anda tekan ketika anda selesai memasang kabel power pada printer anda.
  5. Untuk menyalakan printer anda, tekan kembali tombol power anda.
  6. Jika karena terputus arus listrik tiba-tiba, maka cara ini akan ampuh untuk mengatasi lampu berkedip.
  7. Jika lampu printer kembali berkedip setelah printer putus arus listrik, ulangi langkah di atas kembali.
Untuk memperbaiki masalah ini secara permanen, Anda dapat menggunakan perangkat lunak General Tool. Untuk memaksimalkan pengembalian kinerja printer Anda, Anda dapat melakukan pembersihan pada printer Canon Anda.

  • Indikator berkedip berhubungan dengan tinta.

Indikator kadang-kadang berkedip ketika Anda hanya mengisi tinta. Bisa juga terjadi saat printer kehabisan tinta. Jika printer Anda berkedip dengan tinta, tentu saja bukan karena rusak. Printer memerlukan konfirmasi bahwa tinta yang telah habis telah diisi. Atau ingatkan Anda bahwa tinta printer habis dan perlu diisi ulang. Berikut ini beberapa langkah untuk mengatasi indikator yang berkedip karena tinta:

  1. Jika indikator berkedip, anda bisa menekan ‘resume’ agak lama, sekitar 1 hingga 2 menit.
  2. Bukalah tutup cover printer anda.
  3. Setelah catridge siap dilepas, ambil catridge.
  4. Pasang kembali catridge anda.
  5. Matikan printer, kemudian hidupkan lagi. Sebelum mematikan printer, pastikan anda menutup cover printer yang anda buka tadi.
Biasanya printer akan kembali normal jika anda melakukan langkah di atas. 

  • Indikator berkedip 7 kali.
Berkedip indikator ini sebanyak 7 kali dengan belokan oranye dan hijau. Ini berarti bahwa Ink Pad Anda sudah penuh. Cara memperbaiki lampu kedip Canon IP2770, Anda hanya perlu membersihkan penyerap tinta di bagian bawah printer. Jika tidak bisa dibersihkan, Anda bisa mengganti busa. Printer harus disetel ulang dengan perangkat lunak tertentu. Untuk itu, Anda harus belajar cara mereset printer Canon IP2770.

  • Indikator berkedip 4 kali.

Jika indikator printer Anda berkedip 3 kali warna oranye dan 1 kali hijau, itu berarti ada kerusakan pada perangkat keras printer Anda. Jika mengatur ulang printer atau menekan tombol resume tidak menyelesaikan, maka satu-satunya cara adalah dengan memeriksa printer ke pusat layanan.

  • Indikator berkedip 5 kali.

Indikator printer Anda berkedip 4 kali warna oranye dan 1 kali warna hijau, yang berarti limbah tinta penuh. Solusinya adalah, atur ulang printer Anda seperti pada langkah nomor 2. Ini hanya peringatan bahwa Anda perlu memeriksa keadaan tinta printer Anda, apakah penuh atau habis. Biasanya printer 5-flashing seperti ini memerlukan konfirmasi bahwa tinta terisi penuh.

  • Indikator berkedip 6 kali.

Printer berkedip 5 kali warna oranye dan 1 kali lebih hijau. Ini menunjukkan bahwa catridge hitam telah rusak. Perbaikannya adalah memeriksa ulang catridge hitam, apakah benar-benar rusak. Jika sudah rusak, Anda harus mengganti katridge printer Anda dengan kartrid baru. Kartrid printer Canon dapat ditemukan dengan mudah di toko komputer.

Kerusakan pada catridge ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya chip IC rusak. Ini bisa terjadi karena chip tidak sengaja disentuh atau tergores. Bisa juga karena hal lain seperti tinta yang tumpah hingga membasahi chip. Selain itu, konektor yang kotor juga dapat menyebabkan kerusakan pada catridge. Tumpahan tinta juga bisa menyebabkan catridge memendek menjadi rusak. Selain itu, korslet ini dapat menyebabkan adaptor printer mengalami masalah.