11 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas Yang Menarik Pengunjung

11 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas Yang Menarik Pengunjung
11 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas Yang Menarik Pengunjung
Blog adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi internet di dunia. Blog sendiri adalah layanan yang ada di jaringan internet, di mana pengguna blog dapat menulis berbagai konten, mulai dari hati, pikiran, hingga konten lain yang bersifat komersial, seperti berita, gosip dan juga yang lainnya. Saat ini, ada begitu banyak blog yang tersebar di dunia maya, dan banyak dari mereka adalah blog yang sangat menarik.

Sebenarnya blog yang menarik itu memiliki beberapa ciri khusus. Apa sajakah karakteristik ini? Berikut beberapa karakteristik blog yang menarik:

1. Memiliki konten atau isi yang bervariatif

Karakteristik pertama dari blog yang menarik adalah memiliki konten atau konten dari sebuah blog yang bervariasi. Arti konten yang bervariasi ini adalah, blog harus memiliki beberapa jenis topik, serta berbagai jenis artikel dan juga konten non-monoton. Jadi, misalnya jika ada blog olahraga tentang sepak bola, maka blog harus mengandung setidaknya konten sepakbola baik lokal maupun asing, serta tambahan lainnya.
11 Ciri-ciri Blog yang Menarik dan Berkualitas Yang Menarik Pengunjung

Blog konten yang bervariasi adalah konten yang sangat menarik, dan tentunya akan memiliki banyak pengunjung juga. Ini adalah salah satu fitur dari sebuah blog yang saat ini banyak mendapat perhatian oleh pemilik blog, sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan ketika mengunjungi blog.

2. Memiliki konten atau isi yang informative

Tidak hanya harus berisi konten yang bervariasi, sebuah blog harus memiliki konten - konten yang informatif. Hal ini dimaksudkan agar setiap pengunjung yang mengunjungi blog akan mendapatkan informasi. Selain informasi, hiburan atau faktor hiburan juga fitur lain dari blog yang menarik.

Namun, harap dicatat, untuk blog harus menyertakan informasi yang dapat diandalkan dan bertanggung jawab. Misalnya, ketika akan memposting konten berita, maka berita harus bersumber dari pihak yang tepat, seperti kepolisian, atau media profesional lainnya, tidak berasal dari pembuatan konten, karena itu akan mengurangi seni bermain blog

3. Topiknya up to date

Salah satu fitur penting dari blog yang menarik adalah topik yang up to date. Misalnya, ada blog yang hanya membahas topik kejadian 10 tahun lalu, itu tidak menarik. Tetapi jika ada blog yang membahas topik-topik terbaru saja, serta masalah yang berkembang di masyarakat, maka inilah yang membuat blog menjadi sangat menarik.

Ini terbukti dari hasil pencarian mesin pencari google, dimana ada analisis trending topic di Indonesia dan dunia, topik baru yang masih muncul di masyarakat, permintaannya sangat tinggi. Itu juga terlihat dari banyak blog yang membahas topik tentang hal-hal ini, yang up to date. Intinya, topik tidak boleh menjadi topik basi.

4. Memiliki tampilan dan juga layout yang tidak aneh

Salah satu fitur lain dari blog yang menarik adalah penampilan fisiknya. Ya, sebuah blog, tentu saja, harus memiliki penampilan fisik, alias tata letak yang menarik, sehingga banyak pengguna yang berkunjung. Tampilan atau tata letak di blog harus benar, sehingga pengunjung tetap betah berkunjung ke blog, dan tidak bingung ketika menavigasi di dalam blog. Setidaknya, ada beberapa hal, yang menyangkut tata letak sebuah blog yang bisa dijadikan referensi untuk membuat blog yang menarik, seperti:


  • Warna dasar atau background
  • Warna font atau tulisan
  • Ukuran font atau tulisan
  • Jenis font atau tulisan
  • Peletakkan widget, banner, dan juga konten utama
  • Tombol – tombol navigasi dan link

5. Sedikit banner iklan dan advertising lainnya

Ini bukan rahasia umum, bahwa saat ini, penggunaan blog sangat erat dengan apa yang kita ketahui dengan nama iklan atau iklan. Banyak sekali blog yang berjuang untuk mendapatkan banyak keuntungan dari iklan. Namun sayangnya, blog dengan banyak iklan banner adalah blog yang tidak disukai oleh pengunjung.

Blog dengan banyak iklan tidak terlalu menarik, karena akan membuat pengunjung menjadi bingung, dan satu untuk menavigasi blog atau situs web. Karena itu, jika Anda ingin membuat blog yang menarik, maka Anda harus mengurangi jumlah iklan di blog Anda, sehingga membuat pengunjung blog Anda menjadi nyaman dalam membaca konten blog Anda.

6. Memiliki gambar yang sesuai dengan peristiwa atau konten yang di post

Gambar, ilustrasi, atau foto juga merupakan salah satu hal yang membuat blog menjadi menarik. Bayangkan Anda membaca artikel cukup lama, tanpa gambar. Ini akan menjadi pengunjung yang sangat membosankan. Oleh karena itu, salah satu karakteristik blog yang menarik adalah dimasukkannya gambar tambahan, ilustrasi, dan foto yang cocok dengan konten yang ada. Misalnya, blog Anda membahas tentang keajaiban dunia, kemudian Anda memasukkan juga foto-foto berbagai keajaiban dunia yang ada, sehingga blog Anda akan menjadi lebih menarik.

7. Enak dilihat dan mudah untuk dibaca

Mungkin terlihat sederhana, tetapi ternyata ini adalah salah satu hal atau karakteristik yang menunjukkan bahwa blog itu menarik. Ya, blog akan dianggap menarik jika mereka bagus dan mudah dibaca. Menyenangkan dan mudah dibaca terkait dengan gaya penulisan, konten konten, topik dari konten, tata letak, serta tata letak. Kesan pertama adalah salah satu hal penting dalam sifat ini.

8. Gunakan bahasa tulisan yang mudah dimengerti

Bayangkan jika Anda masuk ke blog, tetapi blog menggunakan bahasa campuran, misalnya dibahas bahasa gaul, bahasa formal, dan juga bahasa asing dalam satu konten. Tentunya ini akan membuat Anda menjadi sangat malas membacanya. Nah, fitur lain dari blog yang menarik adalah penggunaan bahasa tulisan yang mudah dimengerti. Teserah jika Anda ingin menggunakan bahasa gaul, formal atau asing, tetapi yang pasti, bahasa yang akan Anda gunakan harus mudah dipahami dan tidak dicampur.

9. Konten tidak berisi hasil terjemahan dari mesin penerjemah, seperti Google Translate

Terkadang blog juga menyediakan konten yang merupakan hasil re-writing dari situs lain, terutama situs asing. Jangan pernah memposting artikel terjemahan yang Anda buat dengan menggunakan bantuan mesin penerjemah seperti google translate. Ini akan menyebabkan kalimat dan konten menjadi sangat sulit dimengerti. Coba, jika Anda ingin menerjemahkan dari konten bahasa asing, lakukan terjemahan secara manual. Ini adalah fitur penting dari blog yang menarik, terutama jika blog adalah blog yang ditulis ulang dari luar negeri.

10. Terdapat diskusi mengenai konten atau artikel dari suatu blog

Salah satu keunggulan blog adalah fasilitas untuk mengomentari konten. Nah, blog yang menarik, biasanya memiliki karakteristik bidang komentar yang isinya komentarnya cukup banyak. Ini menunjukkan bahwa konten konten bermanfaat, serta banyak yang menanggapi konten blog. Selain itu, dengan bidang komentar, itu juga membuka sesi diskusi tentang konten.

11. Penulis konten pada blog memiliki spesialisasi bidang yang sesuai dengan isi kontennya, dan paham mengenai apa yang ditulis

Konten penulis juga menjadi salah satu karakteristik - karakteristik blog yang menarik. Ya, penulis konten biasanya harus memahami topik apa yang harus ditulis. Jika penulis sudah mengerti, maka itu akan membuat blog memiliki nilai tersendiri, dan dianggap sebagai blog yang menarik.