11 Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

11 Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus dan Cara Mengatasinya
11 Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus dan Cara Mengatasinya
Pernahkah Anda merasa bahwa komputer Anda sekarang mulai mengalami penurunan kinerja? Jika komputer Anda lebih tua dari 5 tahun, penurunan kinerja secara bertahap memang merupakan salah satu yang paling umum dan umum. Namun, terkadang penurunan kinerja dapat terjadi secara signifikan, di mana hanya dalam hitungan bulan, komputer Anda segera menjadi lambat dan macet. Mungkin itu adalah tindakan dari beberapa virus komputer.

Virus komputer

Sama seperti tubuh manusia, komputer juga bisa mendapatkan virus dengan mudah. Virus komputer dapat dengan mudah masuk ke komputer, terutama dari jaringan komputer dan juga mentransfer atau mentransfer file antar komputer. Mirip dengan transfer virus virus pada manusia bukan? Virus ini dapat menyebabkan banyak masalah pada komputer Anda pasti.
11 Ciri-Ciri Komputer Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

Sejarah virus komputer

Virus komputer sendiri sebenarnya mulai muncul pada era 1949, dimana pada saat itu para teknisi menggunakan virus komputer sebagai acara permainan hanya untuk memberikan hiburan bagi mereka. Namun ternyata, berkat percobaan kecil ini, virus komputer kemudian berkembang dan bahkan menjadi semakin berbahaya karena berpotensi merusak sistem dan jaringan komputer. Pada 1980-an setelah perang mulai berakhir, banyak orang mulai menyajikan tentang program yang dapat menyebar dengan cepat melalui jaringan komputer. Fred Cohen adalah orang pertama yang memicu gagasan ini dan menyebutnya virus komputer.

Jenis Virus Komputer

Sama seperti manusia, virus komputer juga memiliki berbagai jenis. Setidaknya ada 13 jenis virus yang dapat masuk dan juga merusak sistem jaringan komputer Anda. Berikut beberapa jenis virus:


  • Trojan
  • Worms
  • Web Scripting virus
  • Multipartite Virus
  • FAT Virus
  • Companion Virus
  • Polymorphic Virus
  • Directory Virus


dan masih banyak lagi jenis – jenis virus yang dapat membahayakan komputer anda. Kebanyakan virus – virus tersebut masuk karena anda membuka suatu email tak dikenal ataupun menginstall suatu aplikasi berekstensi .exe.

Ciri – Ciri Komputer Terkena Virus

Untuk mengetahui apakah komputer normal Anda sehari-hari diserang oleh virus atau tidak, maka ada beberapa fitur yang akan muncul, dan biasanya Anda rasakan ketika Anda mengoperasikan komputer Anda. Berikut beberapa karakteristik komputer Anda yang terkena virus:

1. Memori pada drive Anda menyusut secara tiba-tiba

Karakteristik komputer Anda yang terkena virus pertama adalah penyusutan ingatan Anda yang tiba-tiba, ketika Anda tidak menyalin atau menginstal aplikasi baru. Ini mungkin karena virus sudah terinstal sendiri sehingga dapat memakan banyak RAM di komputer Anda. Ini akan menyebabkan memori pada disk drive Anda menyusut dan berkurang sangat banyak.

2. File Anda rusak

File yang rusak adalah beberapa gejala yang menjadi ciri infeksi satu atau lebih virus di omputer Anda. Biasanya virus dapat dengan sengaja menghapus atau mengganti file default Anda, sehingga ini akan menyebabkan file Anda rusak atau mengalami gejala file yang hilang. Biasanya ketika file tersebut hilang, maka semua yang bisa dilakukan adalah melakukan restore total, sehingga file bisa dikembalikan, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus, dan bukan kerusakan dari perangkat keras.

3. Harddisk rusak

Hard drive Anda dapat rusak dan menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin terjadi adalah format hard disk yang diubah, atau harrdisk atau penyimpanan portabel, karena flash drive menjadi terkunci dan tidak dapat digunakan.

4. File-file tersebut hilang / disembunyikan

Merupakan salah satu karakteristik - karakteristik yang mungkin memiliki banyak da juga sering Anda alami. Virus dapat membuat file - file yang ada di hard drive Anda hilang atau disembunyikan. Ketika pemindaian selesai, file dan folder akan terdeteksi, tetapi Anda tidak dapat mengaksesnya. Untuk mengakses file lagi Anda harus menggunakan command prompt untuk menghapus atribut Hidden and Archive yang sengaja dilakukan oleh virus komputer tesebut.

5. Kinerja komputer melambat

Fitur lain dari virus yang telah mulai meningkatkan komputer Anda adalah penurunan drastis dalam kinerja komputer. Ini karena virus memakan banyak memori dan juga RAM di komputer Anda, sehingga sisa ruang yang tersedia pada RAM dan hard drive menjadi lebih sedikit. Ini dalam sidang untuk memperlambat kinerja komputer Anda. Selain itu, virus juga bisa menyebabkan CPU menajadi panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol

6. Komputer memiliki restart diri atau mati mendadak

Self restart dan mati mendadak juga merupakan salah satu karakteristik komputer yang terkena virus di sistem komputer Anda. Bahkan efek lainnya adalah komputer sering hang. Biasanya, ini sering terjadi ketika virus sudah mulai menginfeksi banyak komputer Anda. Komputer Anda akan sering mengalami restart otomatis, atau tiba-tiba kematian mendadak.

7. Ada program yang mungkin tidak berfungsi seperti biasa

Terkadang, virus yang menginfeksi komputer Anda juga dapat menyebabkan aplikasi yang belum dapat Anda jalankan dengan sempurna dan telah rusak. Ini terkait erat dengan file yang hilang di direktori perangkat lunak, sehingga ini dapat menyebabkan perangkat lunak tidak dapat berjalan seperti biasa, dan mengalami kerusakan.

8. Antivirus tiba-tiba mati

Biasanya, virus juga memiliki kemampuan yang pintar, karena dapat melakukan non-aktivasi antivirus. Dengan kemampuan ini, virus dapat membuat antivirus yang sudah terpasang di komputer Anda mati mendadak. Yang lebih serius adalah, Anda juga mungkin tidak dapat mengaktifkan dan mengkatifkan perlindungan dari antivirus Anda.

9. Pesan atau pemberitahuan aneh muncul seperti bahasa asing

Kadang-kadang itu terjadi di situs web atau email, di mana virus yang memasuki jaringan berhasil menginfeksi komputer Anda, dan kemudian secara otomatis menampilkan pesan-pesan yang tidak dikenal, seperti yang ada dalam bahasa asing yang sangat mengganggu, karena dapat muncul tiba-tiba saat menggunakan komputer kita.

10. Munculnya file aneh di dalam komputer Anda

Fitur umum lainnya yang terjadi ketika komputer Anda terinfeksi virus adalah munculnya file-file aneh di komputer Anda. Biasanya, file-file ini akan muncul tanpa Anda sadari, dan bisa berextensi file. EXE. CONDF.DLL dan banyak lagi.

Bagaimana mencegah dan juga mengatasi infeksi virus komputer?

Untuk mencegah masuknya virus ke komputer Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, sebagai pencegahan dan perlindungan. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem komputer Anda:

  • Menggunakan perangkat lunak antivirus
  • Lakukan pembaruan antivirus rutin
  • Selalu lakukan pemindaian virus saat Anda ingin menggunakan perangkat portabel
  • Hindari mengunduh file dari internet yang tidak dikenal
  • Gunakan fitur keamanan internet.


Itulah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan dengan mudah sehingga komputer Anda dapat menghindari ancaman virus. Namun, jika komputer Anda telah terinfeksi oleh virus, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, yaitu:


  • Deteksi keberadaan virus dengan antivirus Anda
  • Lakukan pembersihan direktori yang terdeteksi terinfeksi oleh virus menggunakan BIOS (Harus dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman, karena jika seseorang melakukan pembersihan, sistem operasi Anda bisa rusak karena kesalahan kesalahan manusia).
  • Gunakan MsConfig untuk melihat file apa yang akan dijalankan ketika komputer boot.


Itulah beberapa cara paling aman yang dapat Anda gunakan untuk membantu membersihkan virus dari direktori Anda. Tetapi jika Anda mengalami kesulitan, tidak ada kesalahan untuk meminta bantuan kepada mereka yang lebih berpengalaman, karena terkadang kemampuan virus dalam kerusakan sulit dipahami oleh orang yang masih awam dengan sistem komputer. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan juga bermanfaat bagi Anda semua.