11 Penyebab Printer Macet Tidak Bisa Mencetak dan Cara Mengatasinya

11 Penyebab Printer Macet Tidak Bisa Mencetak dan Cara Mengatasinya
11 Penyebab Printer Macet Tidak Bisa Mencetak dan Cara Mengatasinya
Printer adalah perangkat keluaran komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mencetak dokumen atau informasi dari komputer. Keberadaan printer memungkinkan kita untuk mencetak dokumen atau hal lain yang ada dari dalam komputer menjadi teks, gambar, hingga foto.

Beberapa printer kini memiliki pemindaian terpadu yang diinstal pada perangkat printer secara keseluruhan yang melengkapi fitur printer sebagai printer. Sebagai salah satu bagian dari perangkat input dan output printer adalah salah satu komponen penting yang memberikan banyak manfaat bagi pengguna komputer.
11 Penyebab Printer Macet Tidak Bisa Mencetak dan Cara Mengatasinya

Masalah Yang Sering Ditemukan Pada Printer secara Umum

Sama seperti perangkat keras lainnya, printer tidak bebas dari masalah. Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna komputer yang ingin mencetak sesuatu menggunakan printer adalah situasi di mana printer mereka tidak dapat mencetak sesuatu. Penyebab printer yang macet tidak hanya disebabkan oleh faktor tunggal tetapi juga dapat terdiri dari beberapa faktor yang sama-sama mempengaruhi satu sama lain

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, mulai dari hal-hal sederhana seperti masalah pengaturan perangkat lunak hingga kerusakan pada bagian printer atau perangkat komputer. Masalah printer yang tidak dapat melakukan perangkat lunak yang terjadi biasanya dapat diselesaikan dengan solusi mudah seperti me-restart komputer Anda. Sementara untuk mengatasi masalah yang ada di bagian perangkat keras atau perangkat keras biasanya diperlukan beberapa langkah untuk mengatasi printer yang macet.

Penyebab Printer tidak Bisa Mencetak

Berikut adalah 11 penyebab printer tidak bisa mencetak yang biasanya ditemukan.

1. Kabel listrik pada Printer tidak terhubung dengan benar ke sumber listrik.

Kabel daya printer yang tidak terhubung dengan baik ke sumber listrik dapat membuat printer Anda tidak dapat melakukan proses pencetakan. Karenanya jika printer Anda tidak bisa melakukan proses pencetakan. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa apakah kabel listrik yang ada di printer terhubung dengan benar atau tidak.

2. Printer belum dihidupkan saat melakukan proses pencetakan.

Sama seperti masalah yang ada pada sebelumnya. Jika printer Anda belum dinyalakan maka perangkat ini tidak akan dapat melakukan proses pencetakan. Untuk mengetahui ini pastikan tombol power pada printer dalam keadaan menyala. Anda dapat mengikuti cara menangani printer secara offline jika ada sesuatu yang membuat printer Anda tidak dinyalakan.

3. Kabel penghubung printer dan komputer tidak terhubung dengan benar.

Kabel USB yang terhubung antara printer dan komputer atau laptop digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat. Melalui kabel USB komputer dapat memerintahkan printer untuk melakukan proses pencetakan file yang ingin Anda cetak di komputer. Periksa apakah kabel pritner terhubung dengan benar ke port USB Anda.

4. Driver printer yang belum diinstal atau bermasalah.

Pastikan komputer Anda sudah memiliki driver printer yang sesuai dengan komputer atau laptop Anda. Jika driver printer di laptop Anda tidak sesuai dengan spesifikasi pada printer Anda, atau mengalami masalah ketika diinstal. Komputer atau laptop Anda tidak dapat memberikan perintah kepada printer untuk melakukan proses pencetakan

5. Pengaturan printer yang tidak sesuai.

Pengaturan printer yang salah dapat mencegah komputer atau laptop Anda melakukan perintah untuk membuat printer Anda mencetak sesuatu. Untuk memperbaikinya Anda dapat mengubah pengaturan printer yang ingin Anda gunakan untuk menjadi printer default dan selain itu pastikan bahwa port koneksi printer yang diatur pada komputer Anda tidak memiliki masalah sehingga dapat berkomunikasi dengan baik.

6. Kapasitas penyimpanan data tidak mencukupi

Kapasitas penyimpanan data yang tidak mencukupi akan mencegah printer Anda mengirimkan informasi perintah untuk membuat proses pencetakan ke printer Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mencoba mengatasi printer yang tidak merespons. Selain ini, Anda juga dapat memberikan ruang tambahan ke media penyimpanan yang Anda gunakan dengan menghapus beberapa file di laptop atau komputer Anda.

7. Kartrid yang tidak dipasang dengan benar pada perangkat printer.

Masalah ini juga bisa menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak. Kartrid yang dipasang secara tidak benar dapat membuat mekanisme printer tidak dapat bekerja dengan benar dan untuk memperbaikinya Anda perlu menginstal ulang kartrid dengan benar pada perangkat printer.

8. Kartrid rusak.

Kartrid yang rusak juga dapat membuat mekanisme printer tidak dapat berfungsi dengan baik dan akan mencegah printer untuk mencetak. Anda dapat mencoba cara memperbaiki kartrid jika Anda yakin dapat memperbaikinya. Alternatif termudah yang dapat Anda lakukan adalah mengganti kartrid yang rusak dengan kartrid baru.

9. Printer mengalami kertas macet.

Kertas macet yang terjadi pada printer dapat disebabkan oleh kertas atau benda lain yang tertangkap di bagian dalam mekanisme printer yang Anda gunakan. Untuk mengatasinya Anda harus menghapus selembar kertas yang terlibat di dalamnya. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak gulungan penarik kertas yang ada di dalam printer.

10. Kertas yang digunakan untuk mencetak terlalu banyak atau terlalu tebal.

Printer juga tidak bisa mencetak banyak kertas sekaligus dan juga kertas dengan ketebalan tertentu. Sebagian besar printer memiliki batas maksimum kertas yang dapat dimuat dalam proses pencetakan. Jika kapasitas kertas yang dimuat atau ketebalan kertas yang digunakan dalam proses pencetakan melebihi spesifikasi yang dipegang oleh printer, perangkat printer tidak akan dapat melakukan proses pencetakan. Karena itu penting untuk dicatat bahwa bukanlah hal yang baik untuk memaksa printer Anda mencetak banyak hal secara bersamaan.

11. Roll Puller Kertas yang rusak pada printer.

Gulungan handuk kertas yang rusak pada printer dapat membuat proses pencetakan yang dilakukan oleh printer menjadi macet dan bahkan tidak dapat digunakan untuk melakukan proses pencetakan. Untuk mengatasi masalah gulungan handuk kertas yang rusak pada printer, Anda dapat memulai dengan memeriksa kinerja gulungan printer yang ada di printer. Coba cetak sesuatu melalui printer yang ingin Anda periksa. Jika gulungan printer Anda bermasalah maka perangkat ini akan bisa berputar seperti biasa tetapi tidak akan bisa menarik kertas yang ada di printer. Untuk memperbaikinya Anda perlu mengganti gulungan penarik kertas dengan yang baru.

Itu 11 menyebabkan printer tidak bisa mencetak. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.