11 Perbedaan antara VGA dan HDMI Agar Jangan Salah Pilih

11 Perbedaan antara VGA dan HDMI Agar Jangan Salah Pilih
11 Perbedaan antara VGA dan HDMI Agar Jangan Salah Pilih
Perbedaan HDMI dan VGA adalah hal mendasar yang harus Anda ketahui, terutama jika Anda hobi dengan bidang editing video dan lain sebagainya. Kemajuan teknologi semakin besar, membuat kita belajar tentang peralatan berteknologi tinggi. Bagi Anda yang sering presentasi, tentu sudah tahu proyektor. Jika Anda adalah pengguna laptop model lama, Anda akan disajikan dengan proyektor dan laptop yang menghubungkan kabel yang memiliki port VGA. Apa itu port VGA? Port VGA adalah port penghubung untuk mentransfer video visual dari satu gadget ke yang lain. Selain laptop dan proyektor, VGA dapat dipasang dengan menghubungkan TV dengan Projector, monitor, dan semua bentuk video. Tahukah Anda bahwa port kabel konektor ini telah mengalami banyak perkembangan.

Sekarang VGA berhenti diproduksi. Kabel koneksi seperti DVI, DisplayPort, dan HDMI adalah pengganti kabel VGA sebelumnya. Namun di Indonesia, kami masih sering menemukan PC dan laptop dengan colokan VGA. Setelah VGA diperkenalkan, DVI muncul dengan fungsi dasar yang sama tetapi menyediakan fungsionalitas tambahan. Kemudian diproduksi pula DisplayPort yang juga berfungsi untuk mentransfer video antar perangkat.
11 Perbedaan antara VGA dan HDMI Agar Jangan Salah Pilih

Teknologi koneksi untuk menampilkan video terbaru adalah HDMI. Ini berfungsi sama dengan VGA, tetapi memiliki perbedaan mendasar juga. Perbedaannya terletak pada HDMI yang lebih menyempurnakan VGA. Saat ini, HDMI terus diproduksi bukan VGA. Mengapa VGA harus diganti dengan HDMI? Inilah perbedaan antara HDMI dan VGA:


  • VGA


VGA adalah kependekan dari Video Graphic Array. VGA pertama kali dipasarkan oleh IBM pada tahun 1987. Alat ini umumnya ditemukan pada monitor, PC, proyektor, dan televisi. VGA adalah kartu video atau kartu video. Bisa dikatakan port VGA adalah port pertama yang dibuat untuk menampilkan video antar perangkat. Anda masih dapat menemukan port VGA pada perangkat keluaran lama. Perangkat keluaran baru masih tetap menyertakan port ini meski tidak semua merek menyematkannya.

VGA adalah antarmuka atau antarmuka analog. Artinya, VGA mengirimkan data dalam bentuk merah, biru, hijau, sinkronisasi vertikal, sinkronisasi horizontal, dengan bentuk gelombang analog. VGA mengacu pada konektor 15 pin dan hanya bisa menerjemahkan video saja, tidak disertai dengan audio. Ini menjadi salah satu kelebihan microsoft power point yang bisa menggunakan VGA.

Di masa lalu, video dapat ditampilkan dengan VGA berukuran 640 x 350 piksel. Jadi untuk menampilkan grafik resolusi tinggi, diperlukan tambahan VGA eksternal. Namun kini sudah banyak pengembangan sehingga jenis-jenis kartu VGA dapat menampilkan ukuran besar seperti 2048 x 1536 piksel. Untuk teknologi VGA terbaru, ia bahkan dapat menampilkan format 16: 9 dengan resolusi 1366 x 768 piksel. Produsen VGA yang terkenal adalah NVIDIA dan ATI.

Kualitas video yang ditampilkan VGA tergantung pada panjang kabel, konektor, dan kualitas kabel. Anda dapat mengamati diri sendiri di ruangan dengan proyektor port VGA, selalu menyertakan kabel besar. Konektor VGA juga termasuk ukuran besar.

Sayang tampilan video dari VGA tidak bisa lebih jernih dibandingkan HDMI meski dengan resolusi piksel yang sama. Data ditransfer secara analog sehingga kualitas perangkat keras sangat mempengaruhi kualitas video.

Karena tampilan video VGA yang tidak bisa sangat jelas, kini produksi VGA dihentikan. Produk terkenal seperti Apple belum menyediakan port VGA pada perangkat buatannya sendiri. Meskipun masih banyak gadget yang menyediakan port VGA, diperkirakan bahwa VGA akan hilang untuk berubah dengan antarmuka yang lebih baik, seperti HDMI.


  • HDMI


HDMI adalah singkatan dari High Definition Multimedia Interface. HDMI diperkenalkan pada tahun 2002 dan dirancang oleh HDMI. Antarmuka ini adalah teknologi terkini saat ini untuk menampilkan video dan multimedia lainnya. HDMI terus berkembang, menerbitkan seri baru dalam beberapa waktu.

HDMI adalah antarmuka yang mengacu pada digital. Data yang dikirim adalah satu dan nol. HDMI mampu menampilkan multimedia dalam bentuk video yang disertai audio. Audio dikirim menggunakan 8 saluran. Saluran ini dapat mengkrompresi audio pada HDMI.

Video beresolusi tinggi hingga lebih dari 1080px. Kualitas video HDMI sangat baik sehingga cocok untuk grafis atau video resolusi tinggi. Ini cocok untuk anda yang suka menggunakan software video editing dan suka main game besar. HDMI dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu tipe A, tipe B, tipe C, dan tipe D.

Tipe A, C, dan D memiliki 19 pin. Sedangkan tipe B memiliki 29 pin. Type B digunakan bagi Anda yang membutuhkan resolusi sangat tinggi hingga 3840 x 2400 piksel. Meskipun memiliki lebih banyak pin daripada VGA, HDMI memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, dan lebih banyak fungsi kabel HDMI.

Tipe C dan D memiliki port yang lebih kecil tipe A dan B sehingga mereka tertanam dalam perangkat kecil seperti ultrabook, tablet, dan telepon. HDMI yang mampu mentransfer video bersama dengan audio sangat menguntungkan dan merupakan suatu kebutuhan dalam pemenuhan teknologi terbaru. Produk-produk high-end seperti Apple belum menyediakan port VGA pada perangkatnya.

Perbedaan HDMI dan VGA

Secara umum, ringkasan perbedaan HDMI dan VGA sebagai berikut :


  1. VGA mulai dipublikasikan pada tahun 1987. Sedangkan HDMI diperkenalkan pada tahun 2002. HDMI adalah teknologi yang lebih baru dari VGS dengan fungsi yang lebih banyak.
  2. VGA dirancang dengan mengacu pada analog, berupa kode warna. Sedangkan HDMI mengacu pada data digital berupa nilai satu dan nilai nol.
  3. VGA hanya dapat menyampaikan video visual saja tanpa audio. Sedangkan HDMI bisa membaca data video pada visual dan audio dengan lebih jelas.
  4. Konektor VGA terdiri dari 15 pin yang merupakan konektor DE-15. Sedangkan HDMI memiliki beberapa jenis port seperti tipe A, tipe B, tipe C, dan tipe D. Tipe A, C, dan D memiliki 19 pin sedangkan tipe B memiliki 29 pin.
  5. Resolusi yang mampu dihadirkan VGA cenderung lebih rendah, yakni dengan resolusi terbesar 1366 x 768 pixel. Sedangkan HDMI mampu menghadirkan resolusi tinggi hingga 3840 x 2400 pixel pada tipe B.
  6. Dilihat dari bentuknya, VGA port mempunyai bentuk yang lebih besar dengan jumlah pin yang lebih sedikit. Ini berkebalikan dari HDMI yang mampu memberikan bentuk kecil dan tipis walaupun pin yang disematkan lebih banyak.
  7. Port VGA disertai dengan kabel yang tebal dan besar. HDMI hanya memerlukan kabel yang kecil seukuran dengan kabel charga handphone saja. 
  8. Perangkat kecil seperti smart phone dan tablet tidak memiliki port VGA karena bentuk portnya yang lumayan besar. Port HDMI disertakan pada perangkat kecil high-end sekarang ini. Seperti produk macbook dan iphone.
  9. Saat ini, harga kabel HDMI lebih tinggi dari harga kabel VGA dipasaran. Karena HDMI memberikan keuntungan yang lebih, sehingga pemakai HDMI lebih banyak.
  10. LCD masa kini telah mengacu pada data digital. Sehingga ketika dihubungkan dengan port VGA, harus melalui 2 kali terjemahan. Dari digital ke analog, kemudian dari analog dikembalikan ke digital agar terbaca oleh LCD. HDMI tidak memerlukan dua kali konversi semacam ini.
  11. Salah satu perbedaan HDMI dan VGA adalah HDMI merupakan teknologi terbaru sehingga kemungkinan akan terus diproduksi. Sedangkan VGA adalah produk pertama kali, dengan kelemahan yang sudah jelas. Kemungkinan besar VGA akan hilang untuk portable high-end beberapa waktu mendatang.