11 Super Komputer Tercanggih di Dunia

11 Super Komputer Tercanggih di Dunia
11 Super Komputer Tercanggih di Dunia
Komputer adalah alat yang sangat penting bagi masyarakat modern saat ini. Semua jenis pekerjaan membutuhkan bantuan dari komputer. Dengan komputer, pekerjaan yang semula bekerja secara manual dan memakan waktu lama dapat diselesaikan dengan cepat. Performa komputer itu sendiri ditentukan dari spesifikasi dan kecanggihan yang terkandung dalam fungsi masing-masing komponen komputer.

Berbagai merek dan spesifikasi yang beredar di pasar internasional kini menawarkan keunggulan masing-masing. Tidak diragukan jika ada persaingan antar perusahaan dalam menggunakan komputer tercanggih. Ini karena pabrikan berskala internasional selalu bersaing untuk membuat bahkan berinovasi untuk menciptakan komputer tercanggih di dunia.

Mengapa Komputer dapat Dikatakan Canggih?

Komputer dapat dikatakan canggih jika memiliki spesifikasi besar dan memiliki kecepatan tinggi dalam kinerjanya. Semua perusahaan bisnis dalam skala global bersaing satu sama lain dengan komputer paling canggih untuk meningkatkan produksi produk berkualitas tinggi. Teknologi berkembang dengan munculnya berbagai komputer canggih dari berbagai merek yang menawarkan spesifikasi masing-masing. Termasuk juga dalam perkembangan jaringan komputer dari waktu ke waktu semakin meluas dan hampir dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat.
11 Super Komputer Tercanggih di Dunia

Lalu apa yang menyebabkan komponen yang dikomposisikan pada komputer menjadikan komputer sebagai produk tercanggih? Ketika sebuah komputer dapat melakukan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh komputer secara umum maka komputer dapat dianggap sebagai komputer paling canggih.

Jenis – Jenis Komputer Paling Canggih di Dunia

Komputer yang canggih tentu dapat melakukan pekerjaan yang belum pernah dilakukan oleh komputer biasa. Selain itu, komputer paling canggih telah dipastikan memiliki kinerja yang lebih cepat dengan kinerja yang lebih baik. Berikut ini adalah jenis komputer paling canggih saat ini:

1. Komputer Quantum
komputer kuantum Komputer kuantum adalah komputer super yang dapat menyelesaikan perintah atau tugas dari pengguna dalam waktu yang sangat singkat sepersekian detik. Masalah matematika juga dapat diselesaikan dengan waktu yang sama.
11 Super Komputer Tercanggih di Dunia


Ini karena komputer kuantum memiliki tingkat kecepatan tinggi di mana kecepatannya mencapai 3.600 kali lebih cepat daripada kinerja komputer biasa.

Selain itu, prosesor yang terdapat pada komputer kuantum menggunakan D-Wafe Dua prosesor yang dapat menunjukkan pemanfaatan efek. Pemanfaatan efek ini lebih dikenal sebagai julukan terowongan kuantum. Inilah kelebihan komputer kuantum:


  • Komputer kuantum merupakan jenis super komputer yang menerapkan prinsip fisika kuantum
  • Komputer Kuantum di install fasilitas NASA atau Badan Antariksa Amerika Serikat
  • Google NASA mengggunakan komputer kuantum bersamaan dengan diinstallnya fasilitas NASA sebelumnya.
  • Komputer ini menggunakan GuBits atau lebih dikenal dengan Quantum Bits
  • Komputer ini menggunakan D-Wafe Two pada pemakaian prosesornya
2. Komputer Sequoia


Jenis komputer ini adalah komputer super yang memiliki kecepatan dalam menghitung data. Bahkan setelah komputer sequoia ini berhasil mencapai kecepatan pemrosesan hingga 16,32 petaflop / s.
11 Super Komputer Tercanggih di Dunia


Komputer jenis ini dianggap komputer tercepat di dunia. Sequoia adalah salah satu komputer super yang pengembangannya berada di bawah naungan IBM.

Selain itu, platform sequoia ini adalah BlueGene / Q termasuk dalam kategori komputer super tercanggih di dunia saat ini. Berikut spesifikasi dari komputer sequoia ini:

  • Komputer sequoia mempunyai 1.6 juta 16 inti prosesor
  • Komputer sequoia mempunyai kecepatan yang sangat tinggi mencapai 17.2 petaflop/s
  • Komputer sequoia merupakan salah satu super komputer yang dimiliki oleh IBM dengan platform BlueGene/Q

3. K Komputer
Komputer K adalah komputer super yang dikembangkan oleh perusahaan Teknologi Fujitsu di bawah naungan Advanced Institute for Computational Science, REKEN Kobe Jepang. Semua komponen dan perangkat komputer K juga dibuat di Jepang.
11 Super Komputer Tercanggih di Dunia


K Komputer ini bahkan telah dinobatkan sebagai komputer tercepat sebelum dirilisnya sequoia komputer. Spesifikasi Komputer K berikut ini:

  • K Komputer menggunakan prosesor dengan tipe SPARC64 VIIIfx 2.0 GHz 8-core sebanyak 68.544 unit dimana penempatannya berada di 672 lemari penyimpan.
  • Terdapat 96 titik komputasi serta tambahan titik IO sejumlah 6 buah pada tiap lemari penyimpanan
  • K Komputer mempunyai jumlah memori pada tiap titik komputasi mencapai 16 GB
  • K Komputer mempunyai keseluruhan prosesor yang berjumlah 548.352 inti.
  • Dalam hal kecepatan, K Komputer dapat melakukan pemprosesan data dengan tingkat kecepatan 8,162 petaflops atau 8,162 kalkulasi quadrilion tiap detiknya dengan tingkat efisiensi mencapai 93 persen.
  • Jumlah daya listrk yang diperlukan untuk mengoperasikan K Komputer ini mencapai 9,89 Mega Watt dengan kalkulasi rata- rata mencapai 4,3 Mega Watt.
4. Tianhe 1 A
Jenis komputer ini adalah komputer super yang berlisensi untuk berada di China. Tianhe 1 A adalah komputer super yang diletakkan di Pusat Super Komputer Nasional di bagian Tianjin Cina. Semua jenis perangkat atau komponen dari jenis komputer super ini dibuat di Cina di mana pembangunan proyek menelan biaya hingga 88 juta dolar AS.


Meskipun pernah dinobatkan sebagai komputer super tercepat di dunia tetapi pada Juni 2011 reputasi ini diambil alih oleh K Computer buatan Jepang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komputer super Tianhe 1 A dan spesifikasinya:

  • Tianhe 1 A mempunyai tingkat kecepatan mencapai dua ribu triliun dengan kalkulasi tiap detiknya.
  • Komputer Tianhe 1 A mempunyai kecepatan dalam mencatat dengan kalkulasi 2,6 petaflop/s.
  • Tianhe 1 A menggunakan prosesor yang dilengkapi dengan 14.336 unit prosesor Xeon X5670 dan 7.168 Nvidia Tela M2050 pemproses grafis.
  • Terdapat 112 lemari komputer, 12 lemari penyimpanan, 6 lemari komunikasi, serta 8 lemari I/O sebagai media penyimpanan sistem komputernya.
  • Terdapat 4 frame pada setiap tiap satu lemari dimana didalamnya masing-masing mempunyai 8 kipas serta 16 por papan pengalih.
  • Komputer Tianhe 1 A mempunyai memori penyimpanan untuk sistemnya sebesar 2 petabytes dengan total memori secara keseluruhan mencapai 262 Terabyte.
5. Titan Computer

Jenis komputer ini adalah komputer super yang dirancang di bawah naungan Amerika Serikat. Seperti yang kita tahu bahwa kemampuan supercomputer dalam hal kecepatan yang dapat diukur dari unit petaflops dalam sistem kerja.

Unit petaflops ini merupakan kemampuan CPU (Central Processing Unit) untuk melakukan pemrosesan data sebanyak seribu triliun floating point setiap detik.

Untuk desain dan ukuran super komputer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer yang dirancang pada era 1960-an. Yang membedakan kecepatan kineja dan kemampuan itu tidak bisa dilakukan oleh komputer generasi sebelumnya. Berikut spesifikasi Titan Computer:

  • Titan Computer menggunakan prosesor dengan total 561.000 processor Opteron 6274 16-core 2.2 GHz
  • Selain penggunaan prosesor yang canggih, Titan computer juga dilengkapi dengan NVIDIA GPU
  • Kecepatan kerja dari titan computer ini dapat menyelesaikan pekerjaannya hingga 17.6 petaflops per detik
6. Mira Computer

Mira adalah jenis komputer super yang dirakit oleh IBM sendiri dalam seluruh proses penyelesaian produksinya. Komputer Mira disimpan di Argine National Laboratory, AS. Mira adalah salah satu produk yang dibuat oleh IBM yang dengan versi kompiler Blue Gene berbasis super.

Dalam hal kecepatan, Mira adalah salah satu produk IBM yang memiliki kecepatan lebih baik dibandingkan dengan merek yang diciptakan sebelumnya. Berikut spesifikasinya:

  • Mira computer mempunyai kecepatan dari CPU (Central Processing Unit) mencapai 8,6 petaflops.
  • Mira computer menggunakan platform Blue Gene/Q milik IBM.
  • Mira computer mempunyai inti prosesor sebanyak 786.000 core

7. Jaguar Computer
Jaguar adalah salah satu komputer super yang dibuat oleh Cray di perusahaan komputer super terkenal di Amerika Serikat. Tempat pembuatan atau produksi terletak di labaratorium Oak Ridge di Oak Ridge, Tennessee, Amerika Serikat.

  • Kecepatan super komputer ini tidak diragukan lagi, bahkan pada bulan November hingga Juni 2010, Jaguar Komputer ini dinamakan komputer super tercepat di dunia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang komputer Jaguar, ikuti spesifikasi
  • Jaguar komputer mempunyai kecepatan dalam memproses penyelesaian kerja dengan kecepatan mencapai 1,75 petaflops
  • Sistem operasi (OS) yang digunakan pada super komputer ini yaitu Cray Linux Environment
  • Prosesor yang tedapat pada Jaguar Computer yakni X860-Base AMD Opteron yang berjumlah 224.256 unit
  • Jaguar komputer mempunyai memory sebesar 8 GB dengan besaran penyimpanan mencapai 10 petabytes
  • Besaran dari keseluruhan memory yang digunakan pada jagur computer secara keseluruhan mencapai 360 TB.

8. IBM Roadrunner
IBM Roadrunner adalah salah satu jenis superkomputer yang dikembangkan di bawah lisensi IBM di Los Alamos National Laboratory, New Mexico, AS. Pengembangan komputer super dengan label IBM Roadrunner menghabiskan biaya produksi mencapai 133 juta dolar AS.

Kecepatan super komputer ini berhasil mencapai kecepatan tertinggi pada November 2008 yaitu 1.456 petaflops. Selain itu, desain komputer super ini cukup unik karena menggunakan desain prosesor hybrid yang melibatkan 2 prosesor sekaligus.

Kedua prosesor tersebut adalah IBM Power X Cell 8i dari 12.960 unit dan AMD Opteron dual-core sebanyak 6.480 unit. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang IBM Roadrunner, berikut spesifikasi:

  • Sistem Operasi atau OS yang digunakan oleh IBM Roadrunner adalah Red Hat Entreprise Linux.
  • IBM Roadrunner dirancang dengan unik, dibuktikan dengan adanya processor hybrid didalamnya.
  • Terdapat dua macam prosesor dengan jumlah unit yang banyak pada masing – masing prosesor.
9. Blue Gene Computer
Blue Gene computer adalah proyek teknologi arsitektu yang menghasilkan berbagai komputer super canggih di dunia. Dalam pengembangan produksinya, Blue Gene melibatkan IBM.

Komputer super dikembangkan di Lawrence Livermore National Laboratory, Departemen Energi AS dan Akademi. Dalam proses pengembangan, komputer super dibagi menjadi 4 proyek pengembangan:

  • Pengembangan pertama yakni Blue Gene/L yang dikembangkan di Labolatorium Nasional Lawrence Livermore
  • Pengembangan kedua yakni Blue Gene/C yang merupakan proyek turunan dari pengembangan proyek pertama
  • Pengembangan ke tiga yakni Blue Gene/P yang pengembangannya dilakukan secara berkerja sama dengan pihak IBM di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore dan Laboratorium Argonne
  • Pengembangan ke empat yakni Blue Gene/Q yang pengembangannya dilakukan dari hasil proyek sebelumnya.
Blue Gene is a super computer whose development involves IBM and its development on several parts of each project. Even the benefits of Blue Gene do not be underestimated but claim to be the most sophisticated in terms of speed. This is because Blue Gene can only reach maximum speed at 500 teraflops only.

10. Super MUC
Super MUC adalah jenis komputer super yang diproduksi di Jerman di mana proses pengembangan produksi dilakukan di Leibniz Rechentrum, Munich, Jerman. Super MUC adalah produk teknologi yang mengimplementasikan beberapa program unggulan bahkan dalam klaim sebagai komputer super yang memiliki kecepatan tertinggi di Eropa.

Dalam proses pembuatannya, Suer Computer MUC juga menggunakan teknologi terbaru yang dibuat oleh IBM. Untuk detail lebih lanjut tentang Super MUC ini, berikut spesifikasi:

  • Prosesor yang digunakan pada Super MUC adalah Intel Xeon Sandy Bridge-EP yang berjumlah 18.432 unit
  • Super MUC akan dijalankan menggunakan server IBM System x iDataPlex
  • Super MUC menggunakan teknologi terbaru yang dibuat oleh IBM yakni Aquasar, dimana alat tersebut akan mendinginkan prosesor hanya dengan menggunakan air sebagai medianya.
  • Kecepatan yang dimiliki oleh Super MUC dapat mencapai 3 petaflops

11. Dawning Nebulae Computer
Dawning Nebulai adalah salah satu jenis komputer super yang perkembangannya dilakukan di Cina. Bahkan Dawning Nebulai juga telah dioperasikan oleh National Supercomputing Center di Shenzhen atau lebih dikenall dengan julukan NSCS.


Sedangkan proses produksi Dawning Nebulai Computer dilakukan pada tahun 2010. Berikut spesifikasi Dawning Nebulai

  • Prosesor yang digunakan pada Dawning Nebulai yakni Dawning TC3600 Blade System, Xeon X5650 6C 2.66GHz, Infiniband QDR, NVIDIA 2050 dengan jumlah inti prosesor mencapai 120640 unit.
  • Untuk mengoperasikan super komputer ini membutuhkan daya mencapai 2,6 juta watt.
  • OS atau sistem operasi yang digunakan oleh Dawning Nebulai adalah Linux