12 Bahaya Terlalu Lama Didepan Komputer

12 Bahaya Terlalu Lama Didepan Komputer
12 Bahaya Terlalu Lama Didepan Komputer
Penggunaan komputer saat ini sudah tersebar luas begitu digunakan. Salah satu tujuan yang sering digunakan dengan menggunakan komputer adalah bermain game. Ya, game komputer kini berkembang sangat pesat. MUlai dari game yang hanya didasarkan pada gambar resolusi rendah, hingga game dengan basis gambar 3D yang saat ini populer di kalangan penggemar permainan dan komputer.

Sebenarnya, bermain game bisa menghilangkan stres dan bisa memberikan hiburan yang bagus bagi siapa saja yang memainkannya. Namun, bermain game berlebihan alias terlalu lama tidak bagus. Berikut ini adalah beberapa bahaya bermain komputer terlalu lama:
12 Bahaya Terlalu Lama Didepan Komputer


1. Dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mata

Hal pertama yang bisa terjadi ketika bermain komputer terlalu lama adalah dapat menyebabkan munculnya gangguan kesehatan di mata. Biasanya, hal yang paling umum terjadi ketika seseorang terlalu tua dan juga sering bermain komputer adalah munculnya gejala mata minus, sehingga mengharuskan mereka untuk menggunakan kacamata minus. Ini sering terjadi, terutama pada anak-anak - anak-anak yang terlalu sering bermain komputer, sehingga lama kelamaan mereka akan mengalami gangguan pada mata dan menyebabkan mata mereka menjadi minus.

2. Tugas menjadi ditinggalkan

Bahaya lain bermain komputer terlalu lama adalah mengabaikan tugas, baik tugas di rumah, atau tugas yang berkaitan dengan pekerjaan kantor atau sekolah. Memainkan komputer terlalu lama akan membuat tugas tidak aktif, dan pada akhirnya Anda akan membuat tugas asal - karena waktu semakin tipis, dan juga kondisi fisik Anda semakin lelah.

3. Mata menjadi lelah

Selain meningkatkan risiko mata menjadi minus, bermain komputer terlalu lama juga bisa menyebabkan mata kita menjadi lebih lelah dan juga sakit. Biasanya ini terjadi karena kondisi layar komputer terlalu terang dan menyebabkan mata menjadi perih. Jika ini dilakukan terus menerus dan tidak dicari solusinya, maka mata akan cepat lelah, dan akan mempengaruhi kondisi fisik Anda.

4. Kepalanya menjadi pusing

Mereka yang terlalu lama bermain komputer juga dapat mengalami rasa sakit dan juga pusing di kepala mereka. Hal ini disebabkan faktor kelelahan yang dialami, sehingga dapat membuat sirkulasi daarah menjadi tidak terkontrol dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan otak kekurangan suplai oksigen, menyebabkan kepala merasa pusing dan tidak nyaman, terutama setelah terlalu lama bermain komputer.

5. Kurang bersosialisasi dengan lingkungan nyata

Bahaya lain dari bermain komputer terlalu lama adalah dari sudut pandang sosial. Ya, mereka yang terlalu lama bermain komputer akan selalu fokus pada apa yang dilakukan di komputer, jadi ini akan memakan waktu mereka dalam proses sosialisasi yang terjadi di dunia nyata. Mereka akan melewatkan obrolan ringan dan santai dengan keluarga, berolahraga dengan pusaran, dan juga berjalan di taman karena terlalu lama bermain komputer.

6. Seringkali tidak memperhatikan kesehatan

Kesehatan juga merupakan salah satu bahaya bermain komputer terlalu lama. Biasanya, mereka yang terlalu tua untuk bermain komputer, jarang memperhatikan kesehatannya. Ciri khasnya adalah mereka jarang membersihkan tubuh alias mandi, atau jadwal dan juga diet kacau. Selain itu, bermain komputer terlalu lama juga meningkatkan asupan camilan, yang jika dilakukan berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

7. Menjadi acuh tak acuh

Meski manfaat mempelajari ilmu komputer sangat banyak, kita harus hati-hati memaknainya. Acuh atau juga sering dikenal dengan istilah tidak peduli dengan lingkungan juga merupakan salah satu bahyaa bermain komputer terlalu lama. Ini karena orang yang bermain komputer hanya akan fokus pada apa yang mereka lakukan di komputer, dan tidak peduli dengan apa yang terjadi di sekitar mereka. Ini tentu saja juga akan mempengaruhi kehidupan sosial mereka di dunia nyata.

8. Lebih mementingkan komputer daripada kepentingan orang lain

Ini juga salah satu bahaya bermain komputer terlalu lama. Mereka akan lebih mementingkan komputer daripada kepentingan orang lain. Mirip dengan kondisi acuh tak acuh yang muncul, mereka yang terlalu lama bermain komputer akan lebih peduli dengan apa yang mereka lakukan di komputer, dibandingkan dengan yang lain.

9. Mengurangi kinerja dari komputer

Meskipun ram komputer Anda besar, komputer digunakan terlalu lama, terutama untuk kepentingan bermain dari waktu ke waktu akan menurunkan kinerjanya. Ini karena komputer itu sendiri memiliki batas operasional, yang ketika dinyalakan dan diforsir terus menerus akan menjadi sangat panas, dan juga berisiko merusak dan mengurangi kinerja komputer itu sendiri. Selain itu, komputer yang menjadi terlalu panas juga akan menjadi sangat lambat dan juga lambat dalam merespons, terutama ketika digunakan untuk bermain game terlalu lama.

10. Tingkatkan biaya operasional

Biaya operasional listrik juga pasti akan meningkat jika kita memutar komputer terlalu lama. Mengingat daya yang sangat besar yang dibutuhkan oleh komputer, sudah pasti ini akan menyebabkan biaya dan juga tagihan listrik menjadi lebih besar dan juga membengkak. Ini tentu saja akan menambah beban pengeluaran Anda setiap bulan, terutama jika Anda adalah tipe orang yang sering bermain komputer terlalu lama.

11. Radiasi panas dari komputer

Selain itu, masalah kesehatan lainnya juga bisa timbul dari radiasi. Komputer adalah serangkaian sistem yang bekerja dengan listrik dan akan menghasilkan panas. Jika digunakan terus menerus, maka komputer mungkin terlalu panas, dan panas dari komputer dapat menyebabkan radiasi jika kita dekat dengan komputer.

Itu bahaya bermain komputer terlalu lama. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan juga berguna bagi Anda semua yang terlalu sering bermain komputer dalam waktu lama.