12 Cara Memperbaiki VGA Card yang Artifak agar Bisa Digunakan Lagi

12 Cara Memperbaiki VGA Card yang Artifak agar Bisa Digunakan Lagi
12 Cara Memperbaiki VGA Card yang Artifak agar Bisa Digunakan Lagi
Pernahkah Anda memiliki kartu VGA artefak atau rusak? Kartu VGA yang rusak dapat memberikan tanda artefak pada layar komputer atau laptop yang Anda gunakan. Gambar artefak di sini mengacu pada keadaan di mana layar monitor di komputer Anda menunjukkan tanda-tanda visual yang aneh dan munculnya garis-garis pada layar monitor. Masalah ini sering ditemukan pada VGA yang sudah memiliki kondisi sangat rusak. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara memperbaiki kartu VGA artefak. Ada baiknya kita tahu apa itu kartu VGA.

Ini di era modern, VGA adalah tampilan grafis standar yang masih diikuti oleh sebagian besar produsen - produsen kartu grafis komputer. Juga harus diingat ketika jenis kartu VGA yang tersedia memiliki lebih banyak variasi bila dibandingkan dengan beberapa dekade yang lalu. Penggunaan VGA berkinerja tinggi diperlukan saat menggunakan komputer untuk memainkan video game dengan tampilan visual HD, serta melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan grafis baik itu 2D atau 3D.
12 Cara Memperbaiki VGA Card yang Artifak agar Bisa Digunakan Lagi

Fungsi VGA Card

Fungsi Kartu VGA atau yang dikenal dengan Kartu Grafis (graphics card) adalah salah satu perangkat keras (hardware) untuk menerjemahkan sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan informasi grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Array) adalah salah satu komponen penting dalam monitor sebagai perangkat keluaran komputer. VGA juga dapat membantu penggunanya untuk bermain video game dengan kualitas visual yang lebih baik atau membantu desainer grafis dalam menghasilkan karya yang lebih kreatif.

Saat ini kebanyakan kartu VGA di era modern telah menggunakan fitur chipset Graphic Accelarator yang merupakan tipe terbaru dari tipe kartu VGA. Chipset ini memiliki kemampuan untuk membantu mempercepat tampilan tiga dimensi (3D) pada tampilan grafis yang terintegrasi pada chipset yang dimilikinya.

Cara Memperbaiki VGA Card yang Artifak

Tentu saja jika Anda mengalami tampilan layar VGA artefak, Anda pasti tidak akan merasa nyaman melakukan aktivitas Anda di depan komputer. Ada banyak penyebab VGA memberikan tampilan visual hasil artefak. Tanda-tanda artefak VGA juga dapat dilihat melalui fitur VGA yang rusak.

Berikut langkah-langkahnya - langkah yang dapat membantu Anda memperbaiki artefak kartu VGA, sebelumnya jangan lupa lakukan cara VGA memeriksa laptop atau komputer tempat artefak kartu VGA dipasangkan. Jadi hanya hal-hal berikut yang harus Anda perhatikan.


  • Yang pertama harus anda lakukan adalah membuka semua baut dan heatsink dari papan kartu grafis anda.
  • Bersihkan debu – debu yang menempel pada papan kartu grafis anda dengan menggunakan kuas pembersih atau sejenisnya.
  • Coba perhatikan pasta yang menempel pada chip yang ada pada papan kartu grafis anda. Jika pasta tersebut telah habis, coba bersihkan dan tambahkan pasta yang baru pada papan tersebut. Ini akan membantu membuat sistem pendingin yang ada  pada papan VGA menjadi kembali seperti biasanya.
  • Jika sudah selesai pasang kembali kipas dan papan VGA pada motherboard komputer.
  • Kemudian silahkan nyalakan komputer anda untuk mengecek apakah VGA anda telah bekerja dengan normal. Jika VGA anda masih belum bekerja dengan baik (masih memunculkan tanda artifak), silahkan coba metode selanjutnya
Cara Alternatif Memperbaiki VGA Card yang Artifak

Dalam beberapa diskusi yang terdapat di internet, ada cara unik yang juga cukup ekstrim yang dapat membantu proses peningkatan kartu VGA artefak. Ini adalah cara alternatif menggunakan metode di mana Anda akan membersihkan papan VGA Card dengan menggunakan air sabun deterjen dan keringkan sepenuhnya kering. Sebelum pergi ke diskusi yang akan membahasnya ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan


  • Metode ini merupaan metode yang nantinya akan membersihkan komponen yang ada pada papan VGA card, termasuk membersihkan kotoran dan korosi pada kaki kaki pada komponen yang ada pada papan VGA.
  • Aman atau tidaknya metode ini tergantung pada proses pengeringan, akan tetapi sebelum dapat menyelesaikannya anda harus bisa memastikan bahwa seluruh komponen yang telah anda bersihkan menjadi benar – benar bersih sebelum anda melakukan pemasangan kembali.
  • Perlu untuk dipahami bahwa tidak semua kerusakan yang terjadi pada VGA card yang artifak dapat diperbaiki dengan menggunakan cara ini. Seringkali cara ini tidak memiliki keberhasilan yang tinggi, dan faktor keberuntungan juga memiliki peran yang penting dalam cara ini.
  • Cara ini sangat cocok untuk digunakan jika anda memilki VGA yang sudah sangat rusak ataupun tidak dapat berfungsi kembali sebagaimana mestinya.
Berikut langkah-langkahnya - langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan cara memperbaiki kartu VGA artefak

  • Sebelum mulai memperbaiki kartu VGA artefak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mulai membersihkan papan kartu VGA yang ingin Anda perbaiki. Sama seperti langkah sebelumnya, ini bisa dilakukan menggunakan sikat pembersih. Jangan lupa untuk mengeluarkan kipas dari heat sink-nya karena. Jika Anda tidak melepaskannya, bagian ini mungkin terendam dalam air sehingga dapat menyebabkan kerusakan.
  • Buka papan VGA dari setiap bagian, lalu rendam papan VGA yang sebelumnya dilepaskan ke dalam ember yang telah diisi dengan campuran air dan deterjen pembersih. Celupkan sampai semua bagian papan terendam.
  • Rendam selama kurang dari 15 menit.
  • Setelah selesai, bersihkan seluruh bagian papan VGA dengan menggosok permukaan yang kotor agar benar-benar bersih.
  • Setelah itu bilas papan VGA yang sudah dibersihkan tadi dengan menggunakan air bersih.
  • Jangan lupa untuk membersihkan kipas heat sink dari papan VGA dengan melakukan hal yang sama. Pastikan saja bahwa bagian pendingin kipas VGA terlepas dari komponen kipas pada papan VGA.
  • Setelah selesai bilas bagian heat sink dari kipas VGA yang sudah menggunakan air bersih.
  • Gunakan alat pengeringan untuk mengeringkan komponen seperti Hair Dryer atau sejenisnya. Jika Anda tidak memiliki alat itu, Anda bisa mengeringkannya dengan menjemurnya di bawah terik matahari. Keringkan sampai komponen benar-benar kering dan tidak ada lagi air yang tersisa.
  • Selama proses pengeringan melalui pengeringan, jangan lupa untuk menghentikan komponen kering ke bawah agar air di komponen tidak masuk ke VGA, DVI, port HDMI, dan bisa keluar dari komponen tadi. Jika Anda lupa, Anda akan berisiko merusak fungsi port pada komputer saat Anda menghubungkan port yang masih basah ini ke komputer.
  • Penting untuk diingat, dalam proses pengeringan dengan menggunakan hair dryer atau hot gun drive terutama untuk chipset VGA dan chip kotak hitam yang mengelilingi chipset VGA.
  • Setelah itu pastikan bahwa semua komponen benar-benar kering dan tidak ada lagi air yang tersisa, pasang kembali heatsink kipas di papan VGA. (Jangan lupa tambahkan thermal paste pada permukaan chipset VGA sebelum menginstalnya).
  • Setelah selesai, instal ulang perangkat yang dirilis sebelumnya di papan VGA dan jangan lupa untuk memeriksa kembali hasil perbaikan pada PC Anda.

Begitulah cara memperbaiki kartu VGA artefak. Sampai ketemu lagi di diskusi berikutnya.