12 Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Browser

12 Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Browser
12 Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Browser
Siapa yang tidak tahu Internet Explorer? Internet Explorer adalah peramban web yang dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, yaitu Microsoft yang merupakan salah satu peramban web 'senior'. Internet Explorer mulai dibuat dan dikembangkan pada era 90-an, tepatnya 99, ketika internet mulai banyak digemari oleh masyarakat.

Hingga saat ini, Internet Explorer masih bertahan dengan kualitas, dan telah memasuki versi ke-9, dan akan terus dikembangkan oleh Microsoft dengan fitur tambahan - serta kelebihan lainnya. Meskipun browser terbaik masih ditempati oleh mozilla firefox tetapi bukan berarti penjelajah internet menjadi browser terburuk karena mulai ditinggalkan oleh pengguna.
12 Kelebihan dan Kekurangan Internet Explorer Browser


Kelebihan dari Internet Explorer

1. Salah satu browser web 'senior' yang sudah akrab dengan pengguna

Internet Explorer adalah salah satu peramban web senior. Meskipun bukan browser web pertama yang dibuat, namun browser ini telah ada sejak tahun 1999, dan sangat populer pada waktu itu. Ini menyebabkan Internet Explorer menjadi salah satu browser web yang banyak digunakan oleh penggunanya hingga saat ini.

2. Tidak perlu mendownload, otomatis terinstall bagi user ber-OS Windows

Jika Anda ingin memiliki browser web seperti Chrome dan Mozilla, maka pengguna harus mengunduh juga menginstal browser terlebih dahulu. Namun untungnya pengguna tidak perlu repot menginstal Internet Explorer di komputer.

Bagi Anda yang memiliki komputer yang memiliki sistem operasi windows, maka Internet Explorer segera tersedia di komputer Anda. Jadi, bagi Anda yang ingin berselancar dan juga browsing, tidak perlu lagi mengunduh, atau menginstal browser lain.

3. Ini memiliki banyak fitur yang membantu meningkatkan kenyamanan browsing

Internet Explorer juga merupakan salah satu fitur browser web yang kaya. Fitur-fitur ini tentu saja akan meningkatkan kenyamanan bagi pengguna atau pengguna dalam browsing dan berselancar di dunia maya. Fitur-fitur ini adalah fitur standar, atau fitur default yang sudah ada dalam perangkat lunak Internet Explorer, yang bersifat opsional, sehingga Anda dapat menonaktifkannya jika Anda tidak membutuhkannya.

Berikut ini adalah beberapa fitur – fitur yang ada pada web browser milik Microsoft ini :


  • InPrivate Browsing
  • InPrivate Filtering
  • Delete Browsing History
  • Search box
  • Search Suggestions
  • Proteksi Preferensi User
  • Caret Browsing
  • Accelerators
  • Web Slices
  • Suggested Sites
  • Favorites Bar
  • Tab Grouping
  • Automatic Crash Recovery
  • SmartScreen Filter
  • Zooming

4. Tambahan add ons cukup banyak dan dukungan update add ons yang baik

Add ons merpakan fitur tambahan yang disediakan oleh pihak ketiga atau pihak ketiga, untuk lebih memaksimalkan dan juga mengoptimalkan fitur utama dari suatu web browser. Internet Explorer juga merupakan salah satu browser web dengan opsi add ons yang sangat banyak.

Dengan add-ons ini, Anda dapat meningkatkan kinerja dan juga utilitas browser Internet Explorer Anda. Beberapa contoh add-ons adalah:


  • Flash player
  • Pdf Reader
  • Internet Download Manager
  • Safe Search
  • AntiVirus
  • Firewall


Dan masih banyak lagi add ons yang bisa anda temukan, dan anda install ke dalam web browser Internet Explorer anda

5. Fitur bookmark pada Internet Explorer langsung terhubung ke dalam windows live

Untuk pengguna yang menggunakan surat elektronik atau email menggunakan domain Microsoft, yang merupakan email Live, maka Internet Explorer adalah browser yang tepat untuk Anda. fitur-fitur yang ada di browser Internet Explorer ini dapat terhubung langsung ke alamat email Anda yang menggunakan domain Microsoft.

Jadi ketika seorang pengguna ingin menandai dan menandai situs tertentu di browser Internet Explorer, bookmark akan memunculkan pemberitahuan di email pengguna Microsoft.

6. IE Versi 8, tampilannyaUI lebih baik dan menarik

Banyak yang mengatakan bahwa Internet Explorer adalah salah satu bowser yang memiliki desain yang buruk dan bukan pengguna frInternet Explorerndly. Dari segi desain, mungkin sangat jauh jika dibandingkan dengan browser lain, seperti Chrome atau Mozilla.

Namun ternyata Microsoft sudah terbiasa dengannya, dan mengembangkan Internet Explorer versi 8 dan juga versi 9, yang merupakan versi terbaru. Versi Internet Explorer terbaru memiliki antarmuka pengguna atau UI yang jauh lebih menarik dan lebih baik, sehingga mengurangi kritik terhadap tampilan Internet Explorer yang buruk.

7. Tersedia dalam bentuk juga versi mobile

Internet Explorer juga menyediakan versi seluler serta versi ponsel cerdas. Ini berlaku untuk smartphone yang memiliki sistem operasi windows phonr sebagai browser default, dan juga menjadi browser tambahan pada sistem operasi lain, seperti sistem operasi android.

Dengan versi Internet Explorer mobile ini, Internet Explorer adalah salah satu dari beberapa browser yang peka terhadap teknologi, dan mampu menyediakan akses bagi pengguna Internet ke mana saja dan di dalam perangkat apa saja, dan tentu saja dengan dukungan operasional yang baik dari Microsoft sendiri.

Kekurangan dari Internet Explorer

1. Membutuhkan resources yang besar, tidak seringan Google Chrome

Jika dilihat dari segi kekurangannya, salah satu kekurangan utama Internet Explorer adalah sumber daya atau sumber dayanya. Ya, Internet Explorer membutuhkan sumber daya atau sumber daya yang cukup besar. Ini menyebabkan Internet Explorer sering mengalami hang, lag dan lambat dalam browsing.

Internet Explorer yang lambat dalam merespon koneksi internet tidak hanya berasal dari kualitas koneksi internet yang ada, tetapi juga disebabkan oleh sifat Internet Explorer itu sendiri yang membutuhkan banyak sumber daya dalam bekerja.

2. Saat melakukan start awal dan tab baru terasa berat dan lambat

Ini merupakan dampak serta efek domino dari persyaratan sumber daya yang sangat besar dari Internet Explorer. Dengan tingginya permintaan sumber daya di Internet Explorer, maka ini tentu saja akan sangat berpengaruh ketika browser melakukan proses startup dan juga membuka tab baru.

Beberapa komputer dengan spesifikasi rendah mungkin sangat lambat dalam menanggapi, bahkan beberapa komputer dengan spesifikasi tinggi masih sering mengalami proses startup yang lambat dan juga pembukaan tab baru di Internet Explorer. Ini kemudian membuat Internet Explorer menjadi kurang kompetitif dengan browser ringan lainnya, seperti Mozilla dan Chrome.

3. Kadang-kadang tidak responsif dan tidak mendukung skrip tertentu

Internet Explorer juga memiliki kelemahan dan kelebihan lain, yang tidak responsif terhadap beberapa skrip yang digunakan di beberapa situs. Salah satu skrip yang kurang responsif adalah skrip CSS, yang merupakan salah satu skrip yang paling banyak digunakan di situs-situs di dunia.

Ini menghasilkan kesalahan dan kerusakan yang sering terjadi, atau kegagalan memuat situs yang menggunakan skrip CSS ketika kami menggunakan Internet Explorer sebagai browser kami.

4. Tampilan UI yang membingungkan, karena terlalu banyak command dan juga menu bar

Internet Explorer juga memiliki tampilan menubar dan juga toolbar ala Microsoft, yang menggunakan banyak toolbar dan juga menubar. Alih-alih membantu, memiliki menubar yang baik dan juga toolbar ini malah membuat pengguna menjadi bingung dan juga merasa tidak nyaman untuk melakukan browsing, karena browser ini menjadi sangat "ramai" kesan, sehingga terkadang membosankan.