12 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

12 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server
12 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server
Salah satu perangkat lunak yang merupakan vendor DBMS adalah MySQL. Bagi Anda yang sering melakukan pemrosesan dan juga manajemen Basis Data, tentu juga sudah sangat akrab dengan perangkat lunak DBMS yang satu ini. Ya, MySQL adalah salah satu jenis penyedia perangkat lunak vendor DBMS, yang saat ini banyak digunakan, terutama untuk melakukan manajemen dan pemrosesan basis data dalam suatu agensi atau perusahaan kecil. MySQL adalah salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menerapkan manajemen basis data dalam lingkup kecil

Sejarah dari MySQL

Untuk lebih memahami fungsi mengai dan kelebihan utama MySQL, maka ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu sejarah pembentukan MySQL. MySQL sendiri pertama kali dibuat dan juga dikembangkan pada tahun 1979, oleh seorang programmer bernama Michael Widenius yang berasal dari Swedia. Awalnya, MySQL dibuat dengan nama UNIREG, yang merupakan sistem pemrosesan basis data sederhana. Namun, ternyata sistem database Monty tidak cocok untuk diaplikaskan pada data dinamis. Pada akhirnya, perusahaan tempat Monty bekerja, TcX mengembangkan sistem baru yang disebut mSQL, yang merupakan salah satu alternatif pilihan penggunaan basis data.
12 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

Dengan beberapa kekurangan, seseorang tidak mendukung sistem pengindeksan, sehingga pada akhirnya, pada tahun 1995, meluncurlah hasil pengembangan yang dibuat Monty, yang diberi nama MySQL. Awalnya, dan sampai saat ini, MySQL dijual dalam dua bentuk, yang gratis dan juga berbayar. MySQL dijual secara gratis yang didedikasikan untuk usaha kecil dan juga implementasi yang sederhana, sedangkan untuk edisi enterprise, dapat diperoleh dengan membelinya.

Lalu apa saja Keuntungan dan Kerugian MySQL yang dapat dipertimbangkan untuk memilih database yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Kelebihan MySQL

Sebagai salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, MySQL memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelebihan DBMS MySQL:

1. Merupakan salah satu software yang portable

MySQL memiliki keuntungan pertama, yang merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang protable, perangkat lunak portabel berarti MySQL dapat dijalankan untuk memproses database multi platform. Sistem operasi Windows, Linux, Mac, dan sebagainya dapat menggunakan DBMS MySQL ini, jadi ini membuat MySQL lebih baik dalam hal efisiesnsi dan juga fungsionalitas yang lebih baik.

2. MySQL merupakan salah satu DBMS yang opensource

Keuntungan utama dari MySQL gratis. Ya, MySQL dengan versi paling dasar atau sederhana dijual dengan harga gratis, karena itu adalah perangkat lunak sumber terbuka. Namun, meskipun ini merupakan perangkat lunak opensource, MySQL sudah memiliki liosensi GPL, jadi tidak perlu diragukan kualitasnya. Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan lebih banyak fungsi daripada MySQL, Anda dapat membeli versi perusahaan, atau membeli kode sumber yang ditawarkan oleh MySQL dengan harga yang cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan Oracle.

3. Multi-User

Sama seperti program DBMS lainnya, meskipun itu adalah perangkat lunak open source, MySQL memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mendukung kepentingan mulstiuser, yang dapat dijalankan oleh banyak pengguna sekaligus tanpa perlu crash dan semacamnya.

4. Memiliki tipe data yang bervariasi

Tipe data yang ditawarkan oleh MySQL juga sangat bervariasi. beberapa tipe data yang ditawarkan oleh MySQL adalah integer, float, double, char, teks, tanggal, timestamp dan banyak lagi. Dengan berbagai tipe data yang didukung oleh MySQL, maka perangkat lunak ini adalah salah satu jenis perangkat lunak yang sangat berguna untuk kebutuhan DBMS.

5. Memilki fitur keamanan yang baik

Kelebihan lain dari MySQL adalah fitur keamanannya yang cukup baik, terutama dengan status open source-nya, alias gratis, fitur keamanan yang ditawarkan oleh software ini adalah sanga mumpuni.

6. Administrative tools yang lengkap

Alat administratif yang terdapat dalam perangkat lunak ini ternyata sudah cukup lengkap. Pengguna dan juga programmer dapat menggunakan MySQL dengan mudah, tanpa harus repot-repot mempelajari MySQL secara detail.

7. Struktur tabel yang lebih fleksibel

Struktur data yang dimiliki oleh MySQL juga dianggap lebih fleksibel dan juga mudah digunakan. Ini terutama untuk menangani tabel table alter.

8. Dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman

MySQL juga dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis bahasa pemrograman. Dengan begitu, MySQL dapat membantu pengembangan suatu sistem dengan mudah dan juga efektif, karena dapat diintegrasikan dengan berbagai macam bahasa pemrograman standar yang dapat digunakan dalam pembangunan suatu sistem.

9. Tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi

Salah satu hal menarik yang ada pada MySQL adalah spesifikasinya. Untuk dapat menjalankan program MySQL ini, tidak diperlukan spesifikasi minimum komputer yang tinggi, sehingga PC atau laptop masih dapat menggunakan perangkat lunak MySQL ini dengan baik tanpa menemui kendala dan masalah mengenai spesifikasinya.

10. RAM Kecil dapat menggunakannya

Ram komputer Anda kecil? jangan khawatir DBMS yang satu ini memiliki kelebihan yang bisa dipasang di ram yang relatif kecil jika dibandingkan dengan basis data lainnya. Tidak diragukan lagi, hanya dengan <1gb memori Anda dapat menggunakan DBMS ini.

Salah satu cara agar laptop tidak lambat saat Anda sedang belajar pemrograman adalah dengan menggunakan DBMS ini sebagai solusinya.

Kekurangan MySQL

Walaupun memiliki banyak kelebihan, terutama karena merupakan salah satu program atau perangkat lunak yang opensource, ternyata MySQL juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan MySQL:

1. Sulit untuk diaplikasikan pada intansi atau perusahan dengan database yang besar

Karena ini adalah salah satu jenis DBMS yang ramah untuk spesifikasi komputer, maka MySQL juga memiliki fitur yang tidak selengkap Oracle. Hal ini terkait dengan implementasi DBMS yang dilakukan, dimana MySQL tidak dapat atau meragukan kemampuannya untuk melakukan manajemen basis data degan data yang sangat besar. Jadi itu tidak cocok untuk diterapkan ke agensi atau perusahaan besar.

2. Support yang kurang

Dukungan teknis dari MySQL juga dianggap tidak baik. Ini mungkin terkait dengan negara open source yang dimiliki oleh MySQL. Hal ini membuat pengguna akan mengalami kesulitan dalam menghubungi pencarian dukungan teknis MySQL ketika dihadapkan dengan masalah atau masalah saat menggunakan software ini.

3. Tidak populer untuk aplikasi game dan mobile

Sayangnya DBMS mysql ini sangat kurang digunakan untuk aplikasi aplikasi Game dan Mobile. Jadi jika Anda ingin mengembangkan dua jenis aplikasi ini, MYSQL bukan teman yang tepat.

Nah itulah beberapa kelebihan MYSQL dan kekurangannya yang dapat anda jadikan referensi, jadi sesuaikan kebutuhan aplikasi anda dengan karakteristik DBMS untuk mendapatkan hasil maksimal.. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga bisa menambah wawasan semua. Terima kasih.