12 Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org

12 Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org
12 Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org
Ada berbagai kelebihan dan kekurangan OpenOffice.org, bagi sebagian orang OpenOffice mungkin tidak biasa, ini bukan tanpa alasan, banyak orang berasumsi bahwa untuk dapat melakukan aktivitas Office seperti mengetik, membuat tabel, menghitung untung dan rugi, dan jadi itu hanya bisa dilakukan dalam kreasi Microsoft Office yaitu Microsoft Office. Semua orang bahkan lebih akrab dengan Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, dll. Dibandingkan dengan mendengar istilah Open Office. Kali ini kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangan Open Office untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan Ms Office dan OpenOffice.org atau biasa disingkat dengan ooo.

Ada berbagai perangkat lunak yang disediakan untuk memproses data dan angka, OpenOffice.org adalah salah satunya. Sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk fungsi kantor, Open Office tentunya juga memiliki fungsi pengolah kata, penghitungan, menggambar, grafik, presentasi, pengolah data editor web, mengedit rumus dan sebagainya. Open Office dibuat untuk bersaing dengan pasar Microsoft Office dan menjadi alternatif lain ketika ada seseorang yang menginginkan satu set perangkat lunak perkantoran dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Di Open Office sendiri juga mendukung format standar dokumen terbuka yang dilengkapi dengan keberadaan .odt. Tidak hanya itu, OpenOffice juga dirancang untuk didukung oleh sistem operasi windows yang banyak digunakan oleh komputer dan laptop di seluruh dunia. Selain windows, OpenOffice juga mendukung GNU / LINUX. BSD Solaris, dan MAC OS X yang berarti semua orang dapat menggunakan perangkat lunak perkantoran ini dan dapat mengembangkan aplikasi sesuai keinginan pengguna.
12 Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org

Berikut ini akan sedikit dijelaskan mengenai beberapa fitur yang dimiliki perangkat lunak kantoran pada OpenOffice,


  1. OpenOffice.org Writer: Digunakan untuk menulis dan mengedit dokumen. Fungsinya hampir sama seperti Ms. Word pada Ms. Office. 
  2. OpenOffice.org Calc: Digunakan untuk pengolahan data angka, teks atau numeric. Formula-formula dapat diolah dengan baik seperti halnya jika di Ms. Office hal ini ditemui pada Ms Excel.
  3. OpenOffice.org Impress: Digunakan untuk membuat presentasi. Tampilan multimedia dan media interaktif presentasi ini biasanya digunakan untuk kantor, kegiatan akademisi maupun kegiatan usaha. Pada Ms. Office biasanya ditemukan pada Ms. Powerpoint. Kelebihan yang dimilikinya adalah dapat mempresentasikan tampilan lebih dari satu monitor dan pembuat presentasi secara kelompok dengan jumlah yang besar.
  4. OpenOffice.org Draw: Digunakan untuk membuat dan manipulasi gambar digital, utamanya gambar-gambar 2 dimensi yang biasanya digunakan untuk alur kerangka berpikir, symbol, dan memanipulasi gambar-gambar menjadi gambar tampilan 3 D. Program ini sama dengan program yang terdapat di Ms Office yakni Ms Visio. 
  5. OpenOffice.org Math: Digunakan untuk mengetikkan rumus-rumus matematika cengan cara mandiri dan hasil penulisannya juga dapat dimanfaatkan teksnya ke dalam aplikasi OpenOffice.org lainnya. Pada Ms. Office ini sama seperti Ms Equation Editor.
  6. OpenOffice.org Base: Digunakan untuk memanipulasi dan manajemen database. Hal yang sama dengan yang ada pada Ms Office yakni pada Ms Access. Jadi untuk memanipulasi dan menulis laporannya dapat dikerjakan dengan BASE tersebut. Ada berbagai macam database yang mendukung yakni MySQL, PostgreSQL, dan Ms Access.

Kelebihan atau Keunggulan OpenOffice.org:
Adapun beberapa kelebihan dari OpenOffice.org yang biasa disingkat dengan ooo jika dibandingkan dengan fitur yang dimiliki oleh Microsoft Office, hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Tersedianya Source Code

Kami telah melihat bahwa Microsoft Office adalah perangkat perkantoran yang tidak memiliki kode sumber tersedia secara gratis bagi penggunanya, yang berarti bahwa kode sumber di Ms Office tidak dapat fleksibel dan harus mengeluarkan uang untuk melisensikan penggunaan. Berbeda dengan ini, OpenOffice.org telah menyediakan kode sumber gratis dan fleksibel sesuai dengan lisensi GNU LGPL. Dalam hal perizinan, pengguna tidak perlu lagi menghabiskan satu sen untuk menggunakannya. Pengguna hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan tentang cara intalasi perangkat lunak perkantoran ini. Ketersediaan kode sumber ini juga merupakan keuntungan atau nilai tambah yang dimiliki oleh OpenOffice.org karena siapa pun tidak perlu bergantung pada perusahaan tertentu untuk dapat mengembangkan office suite mereka sendiri berdasarkan OpenOffice.org tentu saja masih menggunakan lisensi bekas.

2. Berjalan Di Banyak Platform

Seperti yang kita ketahui, pendahulu OpenOffice.org yaitu Microsoft Office hanya dapat beroperasi atau berjalan secara native pada sistem operasi Windows dan Macintosh. Ini berarti bahwa jika Anda adalah pengguna windows hari ini, Anda harus kehilangan Microsoft Office jika Anda ingin beralih ke Linux, UNIX, BSD atau sistem operasi lainnya. Sementara itu, di OpenOffice.org Anda masih akan dapat melihatnya meskipun Anda bergerak di sekitar sistem operasi baik sistem operasi Windows, Macintosh, LINUX, BSD Solaris, UNIX, dan sebagainya. Dengan menggunakan peranti lunak perkantoran OpenOffice.org ini Anda akan dapat menggunakan banyak sistem operasi pilihan sesuai dengan keinginan Anda.

3. Kompatibel Dengan Format Microsoft Office dan Format Office Lainnya

Menggunakan data OpenOffice.org memungkinkan kita untuk mengatur format penyimpanan ke apa yang kita inginkan. Ini karena ooo menyediakan banyak format penyimpanan dokumen. Jadi untuk pemrosesan data apa pun di OpenOffice.org masih akan terbuka dalam format kantor lainnya, salah satunya adalah Ms. Office, WordPerfect, Lotus, dan AutoCAD. Meskipun kompatibilitas yang dihasilkan oleh ooo saat dibuka di Ms Office masih kurang sempurna, OpenOffice.org masih terus mengembangkan dan menyempurnakan data yang diproses.

4. Format OpenDocument Yang Terbuka dan Fleksibel

Siapa pun dapat membaca dan menggunakan spesifikasi format dokumen yang ada di OpenOffice.org, ini berarti bahwa dari setiap aspek teknologi kami mungkin dapat mengamati dan membuka isi dokumen bahkan tanpa program OpenOffice.org diinstal dan berjalan pada kami laptop atau komputer. Beberapa pihak lain yang tertarik bahkan dapat menerapkan paket-paket kantor yang dapat membaca dan menyimpan dokumen ke format dokumen OpenDocument. Sekarang ada banyak program yang dapat membuka dan menyimpan format pekerjaan dalam bentuk OpenOffice.org.

5. Ekspor ke PDF dan Format Lainnya Dengan Sangat Mudah

Aktivitas ekspor dari dokumen ke PDF sering digunakan oleh semua orang, menggunakan OpenOffice.org dapat memungkinkan kami untuk mengekspor segala bentuk dokumen yang telah dibuat menjadi PDF atau Flash. Ekspor ke format lain ini juga memiliki cara yang sangat mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan atau program lain. Meskipun Ms Office juga memiliki fitur seperti ini, tetapi OpenOffice.org telah menyediakan fitur ekspor ke PDF bahkan ke format lain (tidak hanya terintegrasi dengan PDF saja).

6. Macro Dalam berbagai Bahasa Pemrograman

Fungsionalitas kantor telah dikembangkan dalam hal penggunaan Macro yang dibuat dengan berbagai bahasa pemrograman, seperti Phyton dan Javascript. Jangan berhenti di situ, dukungan bahasa lain juga akan terus bertambah.

7. Akses Database Yang Transparan dan Luas

OpenOffice.org dapat mendukung berbagai macam basis data. Dengan dukungan dari berbagai driver asli, ODBC dan JDBC, pengguna juga dapat menghubungkan OpenOffice.org dengan berbagai atau hampir semua sistem database populer yang sudah ada di dunia. Cukup menarik bukan?!

8. Sangat Customizeable

Tampilan yang ditawarkan oleh OpenOffice.org memang berbeda, ini karena pengguna dapat dengan sebanyak mengatur tata letak dan mengedit file konfigurasi XML. Pengguna dapat mengubah sebagian besar antarmuka pengguna OpenOffice.org misalnya dengan mengubah tampilan bilah menu default, atau hanya ingin menampilkan satu atau dua menu, atau juga ingin mengubah ikon default. Hal seperti ini akan sangat mudah dilakukan oleh pengguna OpenOffice.org sendiri.

9. Wizard Untuk Konversi Dokumen Office Ms

Memiliki satu folder yang berisi banyak dokumen Ms Office yang berisi file Word, Excel atau Powerpoint dan Anda ingin mengonversinya ke format OpenOffice.org? Ini sangat mudah dilakukan, Anda cukup mengakses menu converter dokumen File Wizard. Dengan begitu Anda akan dengan mudah dan cepat melakukan proses konversi, yang dipandu hingga proses selesai. (Baca juga: Cara Membuat Akun Microsoft)

10. User Interface yang Konsisten Antar Komponen

Program OpenOffice.org memiliki arsitektur yang sangat baik dan dalam pengembangan sistem komponennya juga tidak perlu lagi diragukan. Kita dapat mencatat dari penulis antarmuka pengguna, Clac, Impress dan komponen lain yang sangat konsisten. Pengguna sendiri juga dapat membangun makro untuk memanggil komponen tertentu dari OpenOffice.org.

Kekurangan atau Kerugian dari OpenOffice.org:

1. Rakus Dengan Daya Komputer

OpenOffcie.org agak rakus dalam penggunaan kekuatan komputer. Intinya adalah, openoffice.org selalu membutuhkan spesifikasi yang cukup tinggi untuk dapat menjalankan perangkat lunak ini.

2. OpenOffice Tidak Mampu Membuka File di Office Word Dengan Baik

Kekurangan yang satu ini cukup sering ditemui ketika pengguna OpenOffice.org menyimpan file dan ingin membukanya di Ms Word. Apa yang terjadi adalah dokumen yang diketik atau berantakan, yah inilah yang OpenOffice.org masih kembangkan untuk benar-benar bagus dalam mengkustomisasi file yang disimpan untuk dibuka di Ms Word. Begitu juga ketika OpenOffice.org membuka file dari Ms. Word, biasanya masih sering ada data yang tidak dapat dibuka atau dengan kata lain dokumen yang bisa dibuka masih terbatas, penampilannya juga tidak selalu sama tergantung penggunaan Ms Office-nya.

Kesimpulan:

Bagi pengguna yang lebih sering menggunakan Ms. Office pasti akan cepat beradaptasi dengan fitur yang ditawarkan oleh OpenOffice.org. Selain biaya hampir tidak ada biaya atau termasuk dalam jenis Perangkat Lunak Kode Sumber Terbuka, pengguna juga telah dapat menghasilkan dokumen sebagus yang diproduksi oleh Ms. Office yang sebenarnya berbayar cukup mahal karena lisensi kode sumbernya adalah tidak gratis. Pada perangkat lunak perkantoran OpenOffice.org juga dapat menyesuaikan dan menyimpan file sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna. File-file doc seperti pada Ms. Word juga bisa dalam format format melalui OpenOffice.org Writer ketika akan menyimpan dokumen. Cukup mudah dan menguntungkan bukan jika digunakan untuk pemula dan ingin mencari perangkat lunak open source.