14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server
14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server
Bagi Anda yang akrab dan juga akrab dengan sistem DBMS alias sistem manajemen basis data, maka Anda pasti juga sudah akrab dengan salah satu perangkat lunak raksasa teknologi besutan di dunia, yaitu Microsoft. Ya, Microsoft SQL adalah salah satu produk unggulan Microsoft dari manajemen database alias database, di mana ia menggunakan Transact SQL sebagai permintaan utamanya.

SQL sendiri merupakan singkatan dari Structures Query Language, yang merupakan jenis bahasa komputer atau query yang digunakan untuk mengakses data yang ada dan juga tersimbpan dalam database alias database. Saat ini, hampir semua sistem manajemen database DBMS atau sudah menggunakan bahasa SQL untuk membantu menghubungkan dan juga mengimplementasikan dari pengolahan dan juga manajemen database alias database.
14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft SQL Server

Sejarah dari SQL

SQL sendiri dipicu oleh ide dari peneliti IBM pada database atau database, yang membahas gagasan tentang pembuatan databse relasional, yang dibuat menjadi artikel ilmiah pada tahun 1970-an. Akhirnya, sistem ini akhirnya dikembangkan oleh IBM dengan nama Sequel, yang kemudian berubah menjadi SQL, digunakan hingga sekarang dan dikembangkan oleh berbagai vendor DBMS di dunia, salah satunya adalah Microsoft SQL.

Kelebihan Microsoft SQL Server

Saat ini server SQL telah dikembangkan dan juga dilunurkan lebih dari 7 generasi, yang sangat mudah untuk dignakan terutama pada komputer dengan sistem operasi windows, baik 32 dan 64 bit. Seperti kebanyakan vendor dan juga perangkat lunak dari DBMS, Microsft SQL Server memiliki beberapa kelebihan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Microsoft SQL Server:

1. Bekerja dengan sangat baik pada sistem operasi Windows

Kelebihan Microsoft SQL Server pertama tentu saja dapat bekerja dengan baik pada semua sistem operasi windows, mulai dari Windows Xp, VIsta, Seven, dan juga 8 versi yang berbeda. Ini tentu saja karena Microsoft SQL Server juga merupakan perangkat lunak DBMS yang dibuat dan dikembangkan oleh Microsoft sendiri, oleh karena itu Microsoft SQL Server sangat baik dan juga cocok bila digunakan dan juga diterapkan pada sistem operasi windows.

2. Mendukung banyak software database

Microsoft SQL Server juga memiliki kelebihan lain, yang mendukung banyak perangkat lunak database. Ini tentu akan membantu menyederhanakan pekerjaan Anda sebagai programmer untuk memproses database. Anda dapat menggunakan perangkat lunak database apa pun yang Anda inginkan dan gunakan, tanpa khawatir tidak kompatibel dengan perangkat lunak Microsoft SQL Server.

3. Dapat membuat clustering data

Microsoft SQL Server juga memiliki kelebihan lain yang cukup bagus, yang dapat membantu membuat kreasi pengelompokan data. Clustering data ini adalah salah satu hal yang dapat membantu menyederhanakan pekerjaan database atau manajemen basis data, sehingga data - data yang akan diolah menggunakan perangkat lunak Microsoft SQL Server akan lebih mudah untuk diimplementasikan, karena dapat dibagi menjadi beberapa cluster cluster.

4. Pengendalian dari sebuah database yang terpusat

Pengendalian database atau database menggunakan perangkat lunak Microsoft SQL Server juga akan terpusat. Ini berarti bahwa database akan dikelola dengan baik dan juga dikelola secara terpusat, sehingga tidak mungkin untuk miskomunikasi karena kesalahan dalam memproses dan mengimplementasikan database. Dengan menggunakan hanya satu komputer untuk melakukan pengolahan basis data, maka setiap kesalahan dapat diminamilisir.

5. Mudah untuk digunakan oleh client dan juga user

Microsoft SQL Server juga meurpakan salah satu perangkat lunak DBMS yang sangat mudah digunakan oleh pengguna. Pengguna dapat membuat pemrosesan databse dengan mudah ketika dibantu dengan perangkat lunak ini. Fitur lengkap dengan tombol sederhana dapat menyederhanakan penggunaan Microsoft SQL Server ini.

6. Memiliki fitur recovery dan juga restore data

Keuntungan lain dari Microsoft SQL Server adalah dapat melakukan pemulihan dan juga mengembalikan data. Jika ada beberapa data dari database atau database Anda yang mengalami kerusakan, maka Anda dapat melakukan proses pemulihan dan juga memulihkan data menggunakan perangkat lunak Microsoft SQL Server. Ini pada akhirnya dapat membantu memecahkan masalah data yang hilang atau mengalami kerusakan yang salah dari manajemen data yang dikenakan oleh pengguna.

7. Management password yang baik dan aman

Keamanan Microsoft SQL Server di ijuga sangat bagus. Ini akan mempengaruhi keamanan keamanan dari database dan server. Menggunakan kata sandi yang akan sulit diretas, Microsoft SQL Server akan membantu data dalam database Anda menjadi lebih aman dari tangan yang tidak bertanggung jawab.

8. Bisa digunakan di berbagai kalangan

Tidak hanya penggunaan satu perusahaan, Microsoft SQL Server juga dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Sekolah, akademi dan universitas, kafe internet, dan banyak lainnya yang dapat menggunakan Microsoft SQL Server. Bagi Anda yang akan membangun toko online, maka Microsoft SQL Server adalah salah satu perangkat lunak manajemen basis data yang sangat pas untuk Anda gunakan dalam membantu membangun sistem toko online Anda sendiri.

9. Dapat melakukan backup data

Keuntungan terakhir dari Microsoft SQL Server adalah untuk membuat cadangan data. Data yang diimplementasikan ke dalam suatu sistem melalui perangkat lunak Microsoft SQL Server dapat di-back up, sehingga dapat digunakan kembali ketika akan mengimplementasikan sistem yang sama atau serupa, dan juga untuk menjaga agar gangguan sistem dapat mengembalikan kembali berkat fitur backup data ini.

10. Kekuatan Microsoft di Bidang Software

Tidak bisa dipungkiri menggunakan produk Microsoft membuat kedamaian tersendiri bagi penggunanya. Bagaimana tidak, jika Anda menggunakan Microsoft SQL Server, Anda telah dimanjakan dengan OS windows, bahasa pemrograman. Net adalah mitra setia dari database ini.

Di balik kelebihan Microsoft SQL Server juga tersimpan beberapa kekurangan yang tidak bisa ditutupi dan akan terasa.

Kekurangan Microsoft SQL Server

Selain beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft SQL server, ternyata ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh SQL Server. Berikut ini adalah beberapa kelemahan dari Microsoft SQL Server:

1. Harga pembeliannya cukup tinggi

Harga jual produk perangkat lunak Microsoft cenderung tinggi dan mahal jika dibandingkan dengan perangkat lunak lain degnan. Ini memang salah satu hal yang wajar, karena Microsoft SQL Server adalah salah satu perangkat lunak paling kuat di bidang DBMS.

2. Tidak multi OS, hanya bisa digunakan pada sistem operasi yang dibuat oleh Microsoft

Kelemahan lain dari perangkat lunak Microsoft SQL Server berikutnya adalah hanya identik dengan sistem operasi Windows saja. Bagi Anda yang menggunakan sistem operasi Mac atau Linux dan Ubuntu, maka Anda hanya bisa menggigit jari, karena Microsoft SQL Server tidak mendukung multi-OS.

3. Sulit digunakan pada bahasa pemograman lain

Server SQL terkenal dengan bahasa pemrograman java .net. Jika Anda menggunakan bahasa pemrograman lain maka Anda harus bersiap-siap karena tidak cocok. Selain itu, DBMS ini juga membutuhkan fungsionalitas CPU yang cukup besar.

4. Tidak cocok untuk skala database besar 

Tidak sebagus kinerja Oracle, jika digunakan pada sistem berskala besar, basis data kinerja akan hilang jika dibandingkan dengan Oracle. Jadi jika Anda menjalankan sistem skala besar, kemungkinannya kurang cocok.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan perangkat lunak Microsoft SQL Server yang dibuat oleh Microsoft Corporation dalam membantu mengimplementasikan database. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua dan juga bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih.