14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows
14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows
Kekurangan dan kelebihan windows Microsoft yang paling dikenal masyarakat adalah harga mahal yang menjadi kekurangan, dan sangat mudah digunakan karena kelebihannya. Anda pasti sudah tahu tentang salah satu sistem operasi dari komputer yang satu ini. Ya, Microsoft Windows adalah salah satu pionir pengembangan sistem operasi terdepan di dunia dalam bidang komputer, yang bersaing dengan banyak sistem operasi lain, seperti Linux, Mac, dan Android. Saat ini, Microsoft Windows tampaknya telah diinstal pada berbagai komputer dan di berbagai belahan dunia, untuk banyak kepentingan.

Microsoft Windows memiliki karakteristik - karakteristik logo yang berbentuk jendela seperrti yang sedang terbang, dengan menggunakan warna dasar yang khas biru. Hingga saat ini, Microsoft Windows telah berada di banyak generas, dan yang terakhir, yang menurutnya akan menjadi generasi terakhir Microsoft Windows adalah Microsoft Windows 10, yang disebut-sebut sebagai sistem operasi Microsoft Windows terbaik.
14 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows


Sejarah Microsoft Windows

Microsoft Windows pertama kali diluncurkan pada tahun 1983, pada saat itu, Microsoft Windows meluncurkan MS-DOS yang dibuat kompatibel untuk PC yang dibuat oleh IBM, perusahaan teknologi komputer utama pada saat itu. Setelah Ms-DOS berhasil dikembangkan dan diluncurkan, maka Microsoft Windows mulai mengembangkan hasil penelitiannya, yang kemudian meluncurkan Windows generasi pertama, yaitu Microsoft Windows 1.0 pada 20 November 1985.

Microsoft Windows 1.0 dianggap memiliki banyak kekurangan dan juga keterbatasan, kemudian dikembangkan lagi menjadi Microsoft Windows versi 2, yang terdiri dari Microsoft Windows 2.x, Microsoft Windows 2.1x. Pada saat ini, sistem operasi Microsoft Windows dituntut oleh Macintosh, pesaingnya karena dianggap meniru desain. Oleh karena itu, Microsoft Windows kembali mengembangkan Microsoft Windows 3.0 berikutnya. Sistem operasi Microsoft Windows yang diluncurkan pada tahun 90an mendapat sukses besar, dengan penggunaan pengguna yang tinggi, yang membuat Microsoft Windows semangat untuk terus dikembangkan, hingga kini diklaim telah mencapai generasi terakhirnya, yaitu Microsoft Windows 10.0.

Kelebihan Microsoft Windows

Kelebihan windows microsoft yang tidak akan ditolak adalah kemudahan penggunaannya. Sebagai salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia, Microsoft Windows pasti memiliki banyak kelebihan. Keunggulan inilah yang kemudian membuat Microsoft Windows mampu bertahan dan menjadi salah satu sistem operasi terbesar di dunia, bersaing dengan MacOS. Apa kelebihan Microsoft Windows? Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Microsoft Windows:

1. Sistem dan juga interface yang user friendly / Mudah digunakan

Salah satu hal yang menyebabkan Microsoft Windows menjadi salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh banyak orang di dunia adalah karena sistem dan juga antarmuka yang ramah pengguna. Ini membuat banyak orang mudah mengoperasikan Microsoft Windows. Ini didukung oleh fitur yang memudahkan pengguna untuk menggunakan komputer. Selain itu, Microsoft Windows juga menyediakan berbagai alat yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menyelesaikan masalah - masalah yang terjadi di sistem operasi. Desain dan juga tampilan windows itu sendiri dianggap mudah dimengerti, dan juga memiliki banyak familiar di mata orang, sehingga menjadikan Microsoft Windows menjadi salah satu pengembang sistem operasi terbesar di dunia.

2. Pilihan aplikasi yang banyak dan berlimpah

Bagi Anda yang memiliki komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows, pastinya Anda tidak akan pernah mengalami masalah dalam pemilihan aplikasi. Ya, aplikasi yang kompatibel dengan Microsoft Windows berlimpah dan melimpah. Mulai dari aplikasi dasar, seperti pemutar lagu, hingga aplikasi superuser yang dapat membuat program juga tersedia di platform sistem operasi Microsoft Windows. Karena itu, dengan banyaknya dukungan aplikasi, baik gratis maupun berbayar, maka ini membuat Microsoft Windows memiliki banyak penggemar dan pengguna di seluruh dunia.

3. Memiliki fitur troubleshooting yang sangat membantu

Apakah Anda mengalami masalah dengan program dan juga aplikasi yang Anda jalankan? Atau mungkin perangkat keras Anda mengalami masalah dan juga gangguan dengan perangkat lunak driver? Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena Microsoft Windows memiliki fitur pemecahan masalah, yang akan memudahkan Anda dalam mencari masalah inti yang muncul saat Anda menjalankna suatu aplikasi. Dengan pemecahan masalah ini, Anda dapat membantu menyelesaikan masalah yang Anda alami, seperti mencari versi driver terbaru secara online, melakukan perbaikan korup, memeriksa kompatibilitas aplikasi, dan banyak lagi. Fitur ini juga merupakan salah satu kelebihan sistem operasi yang dimiliki oleh Microsoft Windows.

4. Mendukung banyak sistem partisi

Sistem partisi yang didukung oleh Microsoft Windows juga cenderung cukup banyak, seperti NTFS, exFat, FAT 32 dan banyak lagi. Ini memungkinkan Anda untuk menggunakan banyak sistem format partisi umum di pasar untuk digunakan dalam sistem operasi Microsoft Windows.

5. Kompatibel dengan aplikasi office

Salah satu hal yang membuat Microsoft Windows menjadi banyak digunakan di dunia adalah banyak sistem resmi pilihannya. Bahkan mereka yang menggunakan sistem operasi Mac OS juga ttap menginstal aplikasi Microsoft Office Windows. Ini menunjukkan bahwa kemampuan kantor yang dimiliki Microsoft Windows sangat baik dan juga sangat bermanfaat bagi pengguna. Hal ini menjadikan Microsoft Office sebagai aplikasi perkantoran yang banyak digunakan di kantor dan institusi secara luas, meskipun aplikasi berbayar dan juga memiliki harga yang cukup mahal.

6. Banyak programmer yang mengerti Microsoft Windows, jadi mudah dikembangkan dan juga ditingkatkan

Kelebihan lain dari Microsoft Windows adalah dukungan dari pengembang atau pengembang. Ini terkait erat dengan kesalahan pemecahan masalah atau kegagalan sistem lain yang muncul di Microsoft Windows. Jumlah programmer yang mengerti tentang Microsoft Windows untuk membuat pengembangan dan juga memperbaiki kesalahan dalam sistem operasi ini menjadi lebih mudah. Untuk programmer, Microsoft Windows cukup mudah dimengerti dalam hati, tidak seperti sistem operasi Mac OS yang cenderung sulit digunakan sebagai superuser.

7. Mendukung berbagai jenis perangkat keras jaringan komputer

Microsoft windows juga mendukung berbagai perangkat keras jaringan komputer sehingga Anda dapat menggunakan berbagai jenis jaringan komputer di komputer Anda.

Kekurangan Microsoft Windows

Walaupun memiliki banyak kelebihan, tetapi ternyata Microsoft Windows juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan Microsoft Windows:

1.Sistem operasi yang memiliki harga cukup tinggi untuk versi basic dan home

Kelemahan pertama dari sistem operasi Microsoft Windows adalah harganya. Ya, sistem operasi Microsoft Windows diatur dengan harga cukup tinggi untuk versi dasar dan juga rumah. Untuk versi tertinggi sistem operasi Microsoft Windows juga dijual dengan harga jutaan. Lisensi yang dianggap terlalu tinggi adalah salah satu kekurangan Microsoft Windows, yang dipicu banyak tindakan pembajakan sistem operasi Microsoft Windows di dunia.

2. Rentan terhadap serangan virus

Microsoft Windows juga dianggap sangat rentan terhadap gangguan virus. Ini membuat banyak komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows menjadi lebih sering diserang oleh virus jika dibandingkan dengan sistem operasi lain. Ini juga membuat perkembangan virus di sistem operasi Microsoft Windows menjadi meningkat dan banyak bermunculan, yang tentu saja akan sangat mengganggu kenyamanan para pengguna Microsoft Windows itu sendiri.

3. Keamanan yang mudah dihack

Kekurangan lain yang ada pada sistem operasi Microsoft Windows adalah keamanannya masih dianggap kurang baik. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah peretas yang mampu membuat versi bajakan dari sistem operasi Microsoft Windows ini dengan menggunakan crack. Hingga saat ini, Microsoft Windows masih belum bebas dari penindikan keamanan, yang merupakan proses pembajakan paling banyak dari sistem operasi Microsoft Windows. Kejadian ini dapat menyebabkan komputer sering hang dan bermasalah.

4. Terlalu Cepat Update

Kekurangan Microsoft Windows yang paling terasa adalah upgrade yang cukup cepat, bisa dibayangkan, mulai windows xp, windows 7, 8 dan sekarang adalah windows 10, apakah Anda siap untuk terus mengupgrade? belum tentu perangkat lunak yang Anda gunakan saat ini mendukung pengembangan sistem operasi windows.

5. Patch sana patch sini

Pernah mendengar paket layanan jangka di windows? Paket layanan ini adalah salah satu teknik "tambal sulam" Microsoft yang cukup menjengkelkan sebenarnya, jika Anda lupa mengunduh dan memasang, dapat dipastikan Anda akan mengalami masalah.

6. Menggunakan RAM Cukup Besar

Ram komputer yang akan digunakan untuk menginstal sistem operasi ini cukup besar, jadi Anda harus menyediakan cukup ram untuk menggunakannya. (Baca juga: Cara menjaga agar laptop tidak lambat)

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan sistem operasi Microsoft Windows. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda dan juga bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih.