15 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding Paling Ampuh

15 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding Paling Ampuh
15 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding Paling Ampuh
Not Responding adalah Kejadian di mana aplikasi berhenti merespons setiap perintah dan acara yang dilakukan oleh Pengguna, sehingga perintah keyboard atau mouse tidak dapat berfungsi, biasanya ditandai dengan teks "Tidak Menanggapi" tertanam dalam aplikasi bar judul, meskipun kadang-kadang tidak menanggapi juga terjadi tanpa indikasi apa pun di layar. Begitu juga dengan Firefox, aplikasi browser web yang bisa mengalami kondisi ini merespons.

Dalam artikel ini akan dibahas hal apa saja yang membuat Firefox mengalami not responding, beserta cara mengatasi not responding pada Mozilla Firefox , sebagai berikut ::

15 Cara Mengatasi Mozilla Firefox Not Responding Paling Ampuh


1. Unresponsive Script

Skrip web, serta skrip bahasa pemrograman umum, dapat mengalami masalah saat dijalankan. Dengan begitu, ketika firefox menjalankan web yang memiliki skrip yang bermasalah, firefox dapat crash dan tidak merespons, dengan begitu aktivitas firefox menjadi terhambat.

2. Menutup Tab yang tidak dibutuhkan

Tab yang bertumpuk menambahkan banyak sumber daya memori yang digunakan oleh Firefox, jadi sebaiknya jangan gunakan tab yang tidak digunakan agar tidak menambah jumlah memori RAM yang digunakan oleh Firefox.

3. Kurangi Multitasking

Firefox adalah aplikasi browser web yang menggunakan sumber daya memori yang cukup tinggi, hal ini sejalan dengan kecanggihan perenderan web. Untuk itu, penggunaan multitasking yang tinggi bersama dengan aplikasi lain dapat mengakibatkan kinerja kadaluwarsa firefox bahkan tidak merespons. Untuk itu kurangi aplikasi yang tidak digunakan.

4. Nonaktifkan Addons Firefox

Add Ons adalah applet yang berfungsi untuk menambah fungsionalitas Firefox. Sayangnya pemasangan addons yang korrupt, atau addons yang tidak kompatibel yang dipasang dengan versi Firefox dapat menyebabkan sistem Firefox tidak stabil. Untuk menonaktifkan addons cara mengklik ikon Pengaturan di Firefox, kemudian klik Addons, Pilih Section Extensions, kemudian di panel kanan pilih Addons yang dianggap memberatkan dan klik tombol Disable, kemudian restart Firefox untuk melihat perubahan.

5. Nonaktifkan Tema Firefox

Tema Firefox juga dapat menyebabkan masalah ketika penggunaan tema ini rusak atau tidak cocok dengan versi Firefox saat ini. Untuk menonaktifkannya seperti titik di atas, cukup pilih Bagian, pilih Tema, bukan Ekstensi.

6. Membersihkan Cache dan Temporary Files

Cache Firefox dan file sementara yang terakumulasi dapat menyebabkan aktivitas browsing yang terhambat, bahkan tidak merespons. Untuk itu, bersihkan cache dan file temporer harus dilakukan jika pengalaman Firefox tidak merespons. Klik ikon Pengaturan di Firefox, lalu klik bagian Privasi, klik Hapus Riwayat Anda, pada rentang waktu untuk menghapus klik Semuanya, dan klik Bersihkan Sekarang.

7. Menutup paksa Firefox

Firefox yang belum ditanggapi dapat ditutup dengan menghentikan proses yang dapat dieksekusi menggunakan alat Task Manager, dengan membuka Task Manager melalui kombinasi keyboard CTRL + ALT + DELETE, cari proses firefox.exe, dan klik End Task untuk menutup firefox. Kemudian buka kembali program Firefox melalui desktop atau start menu, biasanya Firefox secara otomatis akan membuka Tab yang belum ditutup sebelumnya.

8. Mengatur Limit Cache Memori

Sama seperti aplikasi grafis seperti Photoshop atau GIMP alternatf yang menggunakan cache memoru untuk membantu pemrosesan gambar dan rendering, Firefox juga menggunakan memori cache untuk memuat halaman web pada penyimpanan sementara. Nah, untuk stabilitas Firefox yang lebih baik, memori cache perlu diatur dan ditingkatkan. Caranya: pada jenis bilah alamat: about: config, lalu ketik lagi: browser.cache.memory.capacity, di panel kanan klik New> Integer, ketik browser.cache.memory.capacity, lalu tekan enter. Ketika muncul prompt: 2048 (sama dengan 2 MB), kemudian Restart Firefox.

9. Menginstal Addons untuk Speed Up Firefox

Di situs addons pusat firefox, sudah tersedia banyak add-on, terutama add-on yang berfungsi untuk men-tweak Firefox. Add-on firefox untuk Tweak dapat diinstal untuk mendapatkan performa terbaik Firefox dengan mengutak-atik dan menyetel konfigurasi internal Firefox dengan add-on tersebut. Ada banyak add-ons tweak Firefox, salah satunya adalah Speedy Fox.

10. Menonaktifkan fitur Hardware Acceleration

Akselerasi perangkat keras berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat keras PC dengan mengutak-atik jam pada perangkat keras kecepatan, umumnya pada kinerja grafis. Namun, tidak semua perangkat keras PC dan arsitek laptop dapat mendukung fitur Firefox ini, sehingga perlu dinonaktifkan. Cara mengklik ikon Pengaturan di Firefox, kemudian klik bagian Umum, di bawah Kinerja, periksa percepatan Gunakan perangkat keras bila tersedia. Kemudian setelah selesai restart Firefox dan lakukan tes ulang Firefox.

11. Membuat Profile Baru

Masalah dengan profil firefox dapat menyebabkan firefox macet. Masalah dengan profil ini biasanya karena file korup atau infeksi virus. Untuk melakukan perbaikan dapat dilakukan kembali membuat profil untuk mendapatkan pengaturan Firefox yang benar-benar fresh.

12. Menginstal Ulang Firefox

Profil dan file sistem Firefox yang bermasalah, bisa jadi penyebab ketidakstabilan aplikasi Firefox dan berakibat tidak merespons sistem. Untuk memperbaiki hal ini dapat menginstal ulang aplikasi Firefox, untuk mendapatkan sistem Firefox yang baru, tentu saja menginstal versi terbaru Firefox melalui situs resminya.

13. Upgrade RAM

Menambah atau meningkatkan jumlah memori ke ukuran yang lebih besar meningkatkan kinerja Firefox dan membuat firefox lebih stabil. Umumnya upgrade memori dilakukan dengan menambahkan 2x jumlah memori yang sudah ada. Selain aplikasi firefox yang lebih stabil, upgrade memori juga dapat mencegah Firefox dengan mudah crash dan tidak merespons.

14. Selalu Update Firefox

Jarang diperbarui Firefox juga dapat memicu masalah stabilitas kinerja. Untuk itu diperlukan pembaruan rutin untuk mendapatkan kinerja terbaik dari aplikasi Firefox ini, selain itu juga untuk menutup berbagai kerentanan dan bug yang ada pada versi yang saat ini diinstal.

15. Fragmentasi Disk

Fragmentasi disk dapat menyebabkan file sistem dan windows menjadi tidak stabil karena proses membaca / menulis file sistem membutuhkan penundaan yang lebih lama karena fragmentasi file sistem, termasuk fragmentasi sistem Firefox. Oleh karena itu lakukan fragmentasi disk secara rutin untuk mencegah kesalahan.