15 Fungsi Software Pengolah Kata dan Apa saja Program Pengolah Kata

15 Fungsi Software Pengolah Kata dan Apa saja Program Pengolah Kata
15 Fungsi Software Pengolah Kata dan Apa saja Program Pengolah Kata
Fungsi Software Pengolah Kata dan Contoh Apa saja Program Pengolah Kata. Software atau Perangkat lunak pengolah kata atau disebut juga pengolah kata adalah aplikasi yang diaktifkan untuk membantu pekerjaan manusia terkait dengan persiapan dokumen, dan juga diaktifkan untuk melakukan pemformatan, dan mengedit dokumen. Hasil yang sering dari aplikasi pengolah kata ini adalah dokumen seperti surat lamaran pekerjaan, surat pengunduran diri, proposal, naskah pidato, dan sebagainya.

Sebelum aplikasi pengolah kata muncul, dulu ada mesin tik manual, tentu saja dengan mesin tik ini masih bisa rapi, formal, dan menerapkan standar untuk semua dokumen resmi, tetapi kelemahan mesin ketik manual tidak bisa melakukan penyuntingan pada dokumen.
15 Fungsi Software Pengolah Kata dan Apa saja Program Pengolah Kata

Dari masalah-masalah ini muncul inovasi untuk membuat aplikasi pengolah kata lebih user friendly bagi pengguna.

Fungsi Software Pengolah Kata

Sejarah pembentukan aplikasi pengolah kata yang timbul dari keresahan mesin tik pengguna manual. Saat itu perkembangan aplikasi pengolah kata juga berangsur mulai dari aplikasi pengolah kata grafis pertama yaitu Bravos, dan kemudian 3 tahun kemudian muncul produk pengolah kata baru dari Microsoft bernama Microsoft Word. Saat itu Microsoft Word dibuat untuk bekerja dengan baik pada perangkat PC IBM yang memiliki sistem operasi Windows.

Pada sistem operasi DOS pada waktu itu dapat menggunakan aplikasi pengolah kata seperti WordStar dan WordPerfect.

Secara umum, aplikasi pengola kata yang ada sekarang ini mempunyai fungsi sebagai berikut :


  1. Membuat sebuah dokumen.
  2. Menyunting dan melakukan pemformatan pada dokumen.
  3. Mencetak dokumen.
  4. Membuat Cover.
  5. Memberikan hiasan/bingkai pada sebuah dokumen.
  6. Mengarsipkan sebuah tulisan.
  7. Penulisan digital.
  8. Dan lain sebagainya.

Saat ini aplikasi pengolah kata telah banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, misalnya di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, keuangan, pemerintahan, dan sebagainya

Contoh-contoh program aplikasi pengolah kata

1. Microsoft Office Word
Microsoft Office Word atau yang lebih baru kita dapat memanggil Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang menjadi andalan Microsoft. Microsoft Word pertama kali datang dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Setelah Xenix Microsoft Word dikembangkan lagi untuk berbagai sistem operasi seperti DOS, Macintosh, SCO Unix, OS / 2, dan Microsoft Windows. Lalu sampai sekarang Microsoft Word hanya dikenal sebagai Word saja.

Aplikasi Word memiliki konsep WYSIWYG, atau 'Apa yang Anda Lihat adalah Apa yang Anda Dapatkan', yang berarti menggambarkan sistem di mana konten yang diedit dapat terlihat sama persis dengan hasil akhir.

2. WordStar
WordStar adalah aplikasi pengolah kata yang diterbitkan oleh MicroPro International. WordStar pertama kali dibuat untuk sistem operasi CP / M dan kemudian digunakan kembali untuk sistem operasi DOS. Pada awal pengembangan sistem operasi DOS, aplikasi WordStar sangat populer.

3. WordPerfect
WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata yang diterbitkan oleh Corel untuk digunakan pada perangkat komputer pribadi.

WordPerfect dikembangkan di Universitas Brigham Young untuk keperluan komputer data mini. Aplikasi ini lebih maju daripada WordStar meski pada akhirnya dikalahkan oleh produk Microsoft Word. Awalnya Wordperfect telah digunakan oleh banyak platform, seperti MAC OS, Linux, Apple II, dan sebagainya.

4. StarWriter
StarWriter diperkenalkan sebagai aplikasi pengolah kata multi-platform, dapat digunakan di berbagai platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Unix. Aplikasi ini dikembangkan oleh Oracle Corp. StarWriter adalah salah satu paket aplikasi dari StarOffice.

StarWriter pertama kali digunakan pada sistem operasi DOS.

5. Open Office Writer
Open Office Writer adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang termasuk dalam komponen paket di OpenOffice.org. Open Office Writer dapat membaca dan mengedit dokumen di .doc, .odt, .rtf, dan dapat mengekspornya ke file .pdf.

Meskipun open source, aplikasi ini memiliki fitur pengolah kata modern, seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles dan format, Frame Teks dan Menghubungkan, Daftar Isi, Pengindeksan, referensi Bibliografi, Ilustrasi, dan Tabel.

6. Abi Word
Abi Word adalah aplikasi pengolah kata yang mendukung banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, QNX, Solaris, dan FreeBSD. Aplikasi pengolah kata Abi Word mampu membaca dan mengedit jenis-jenis dokumen standar yang ada di dokumen Open Office, Microsoft Word, Word Perfect, Rich Text Format (rtf), HTML, dan lain-lain. Dalam aplikasi Abi Word juga tersedia fasilitas seperti opsi tata letak dokumen lanjutan yang memungkinkan untuk membuat dokumen dapat tampil lebih profesional dan elegan.

Abi Word tersedia dalam banyak bahasa, mendukung lebih dari 30 bahasa. Kata Abi memiliki kemiripan dengan kata Microsoft yang memiliki fitur gabungan surat yang dapat melakukan automasisasi pekerjaan untuk memuat surat.

Satu keuntungan dari kata abi ini adalah ukuran programnya yang sangat kecil dan hemat sumber daya untuk menjalankan aplikasi ini. Sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam kebutuhan komputer skala menengah ke bawah.

7. KWord
Kword adalah salah satu aplikasi pengolah kata gratis, dan merupakan proyek KOffice yang bekerja di lingkungan Desktop Environment. Kword dirancang untuk digunakan pada banyak platform sistem operasi, kword dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Macintosh. Perkembangan Kwrod terjadi pada awal 1998 dengan frame yang dibuat oleh FrameMarker, hingga pada awal tahun 2000-an, Kword menjadi kurang terpelihara dan akhirnya tidak lagi digunakan oleh pengguna.

Semua fitur yang ada di Kword sama seperti yang ada pada program aplikasi pengolah kata lainnya, sayangnya aplikasi ini masih kurang populer dengan produk pengolah kata yang dimiliki oleh Microsoft.

Yaitu fungsi dan setiap contoh aplikasi pengolah kata, semoga informasi ringan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca