15 Macam macam Software untuk Membuat Animasi 3D Terbaik

Macam macam Software 3D Animation. Software atau Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi adalah salah satu perangkat lunak wajib yang harus dimiliki oleh perancang. Namun, itu tidak berarti orang lain selain desainer profesional tidak boleh menggunakan perangkat lunak. Bagi Anda yang ingin membuat gambar atau desain tiga dimensi baik untuk tugas sekolah atau hanya proyek pribadi Anda, perangkat lunak tiga dimensi juga dapat digunakan tanpa harus menjadi profesional terlebih dahulu.

Ada banyak perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi yang dapat Anda gunakan di komputer pribadi atau laptop. Beberapa dari mereka dibayar, dan beberapa dari mereka dapat Anda gunakan secara gratis. Bagi Anda yang bingung tentang apakah atau tidak untuk mengetahui perangkat lunak tiga dimensi yang dapat Anda gunakan untuk memproses gambar atau gambar tiga dimensi, daftar jenis perangkat lunak 3D di bawah ini dapat membantu Anda untuk memilihnya.
15 Macam macam Software untuk Membuat Animasi 3D Terbaik


1. AutoCAD

AutoCAD adalah salah satu perangkat lunak desain yang populer di kalangan arsitek atau desainer interior. Perangkat lunak ini bahkan menjadi salah satu perangkat lunak yang harus dikontrol oleh para insinyur di semua profesi insinyur seperti insinyur arsitektur, insinyur sipil, listrik, aeronautika, dan sebagainya. Kata CAD berasal dari singkatan desain yang dibantu komputer, yang menunjukkan bahwa komputer digunakan sebagai alat untuk membuat desain tertentu. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Autodesk, oleh karena itu namanya adalah AutoCAD. AutoCAD, bisa dibilang perangkat gambar seperti pena gambar, meja gambar, dan sebagainya, diwujudkan dalam bentuk digital.

Beberapa kelebihan AutoCAD termasuk kepraktisan, kemudahan, dan kecepatan dalam menggambar dan mengedit sehingga gambar juga dapat dibuat lebih cepat. Selain itu, AutoCAD juga memiliki tingkat ketepatan atau akurasi yang sangat tinggi hingga sembilan digit digit. Gambar yang dicetak dengan AutoCAD akan benar-benar bersih dan rapi. Ada banyak ukuran skala untuk dipilih, dan ada begitu banyak ruang kerja untuk mencapai 1099 koordinat sehingga pengguna dapat membuat gambar yang sangat besar dan besar dalam ruang yang sama, tetapi dapat dicetak dari bagian dengan skala yang tepat. Hasil gambar aplikasi ini juga mudah direvisi tanpa perlu menggambar dari awal lagi. Pekerjaan AutoCAD dapat diterima atau dibuka dengan program aplikasi lain.

2. ArchiCAD

Seperti namanya, perangkat lunak ini adalah perangkat lunak CAD khusus yang dirancang untuk membuat gambar atau desain bidang arsitektur. Perintah yang ada dalam perangkat lunak ini termasuk elemen bangunan seperti kolom, balok, pelat, atap dan sebagainya. Dengan sistem ini, maka software ini sangat unggul ketika digunakan untuk membuat desain bangunan seperti rumah, ruangan, dan lain sebagainya. Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa perangkat lunak ini ditampilkan di bidang arsitektur, itu karena prasetel, atau pustaka yang ada dibuat mungkin sesuai dengan kebutuhan untuk mendesain bangunan. Selain itu, perangkat lunak ini juga mendukung objek parametrik sehingga memudahkan saat diperlukan proses perubahan bagian-bagian tertentu dari desain karena objek-objek lain akan menyesuaikan dengan otomatis.

Ada beberapa hal yang menjadikan perangkat lunak ini menjadi salah satu perangkat lunak yang sering digunakan untuk membuat desain arsitektur. Beberapa di antaranya termasuk kemudahan menciptakan dan mengedit desain lantai bangunan, kemudahan dalam membuat output baik dua dimensi atau tiga dimensi. Presentasi juga dapat dilakukan dengan mudah karena dilengkapi dengan penyaji yang baik untuk menghasilkan render output yang memenuhi kebutuhan penggunanya. Perangkat lunak ini juga mendukung bahasa GDL atau Bahasa Deskripsi Geometris, yang merupakan bahasa pemrograman khusus yang digunakan untuk membuat atau merancang objek dengan memanfaatkan bahasa kode, sehingga output output akan sangat kecil dan membuatnya lebih mudah untuk berkembang biak.

3. 3D Studio Max

Aplikasi yang satu ini banyak digunakan untuk membuat grafik vektor tiga dimensi dan animasi yang juga berasal dari Autodesk. Ini pernah dikembangkan oleh 3D Studio untuk DOS, untuk platform Win32. Karena diakuisisi oleh Autodeskt, perangkat lunak ini telah meluncurkan rilis rilis hingga versi 9.

Banyak desainer grafis, profesional pemodelan, dan pekerja di dunia desain menggunakan perangkat lunak ini untuk membantu pekerjaan mereka. Pekerjaan berkualitas baik, realisitk, dengan bayangan dan pencahayaan yang akurat menjadikan aplikasi ini sebagai salah satu pilihan teratas. Selain masalah pemodelan, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memproduksi atau membuat film animasi, rumah desain arsitektur, logo perusahaan, dan bagian lain. Film-film berkualitas dunia seperti The Matrix, X-Men, dan seterusnya menggunakan aplikasi ini untuk membuat film. Selain itu, aplikasi ini juga digunakan dalam pembuatan aplikasi game, salah satunya adalah Guitar Hero I dan II yang dirilis untuk konsol Playstation 2.

Ada banyak keuntungan yang ada di aplikasi ini, tetapi beberapa hal yang membuatnya menonjol di antara keunggulan lain dalam menciptakan objek virtual tiga dimensi yang realistis. Kemampuan memberi kesan material mendekati material asli seperti batu, tanah atau kayu juga menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini. Pengguna juga dapat memberikan efek khusus pada hasil akhir seperti efek cahaya atau bayangan, dan efek lainnya seperti api atau petir.

4. Google SketchUp

Perangkat lunak pengolah gambar tiga dimensi ini berasal dari salah satu perusahaan paling sukses di dunia, Google. Google SketchUp adalah perangkat lunak tiga dimensi yang dapat membuat gambar tiga dimensi dengan cepat dan praktis dan tidak memerlukan sumber daya berat untuk dijalankan. Perangkat lunak ini relatif mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan SketchUp, mulai dari membuat desain rumah, membuat desain bangunan bahkan hingga desain perkotaan.

SketchUp juga memiliki perpustakaan online di mana berbagai pengguna mengunduh atau berbagi desain yang mereka buat untuk orang lain, seperti tabel, kursi, bangunan, taman, tokoh binatang, dan sebagainya. Jadi jika model tertentu diperlukan dan tidak tersedia offline, pengguna dapat mencari di internet dan kemudian memasukkannya ke dalam proyek yang sedang mereka kerjakan.

Selain empat software di atas, macam macam software 3D yang lain adalah sebagai berikut:


  1. Reit Architecture
  2. Autodesk Maya
  3. Blender
  4. Autodesk 3Ds Max
  5. Cinema 4D
  6. Lightwave 3D
  7. Modo
  8. Nuke
  9. Autodesk Softimage
  10. Houdini
  11. Maxon Cinema 4D

Itulah beberapa macam macam software 3D yang dapat kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan pengolahan citra tiga dimensi dalam keseharianmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel