16 Macam Software Editing Video PC dan Smartphone Android

16 Macam Software Editing Video PC dan Smartphone Android
16 Macam Software Editing Video PC dan Smartphone Android
Perangkat lunak pengeditan video adalah aplikasi yang harus dimiliki di setiap komputer orang kreatif (dalam hal videografi tentu saja), fenomena YouTubers saat ini merajalela, instagram, vidio.com, vimeo.com dan sejenisnya adalah mereka yang kreatif dalam membuat video unik yang disajikan sedemikian rupa sehingga menarik untuk dilihat tidak akan lepas dari peran editor video, meskipun ada beberapa video asli yang diunggah ke Youtube tanpa melalui proses editing terlebih dahulu.

Dalam artikel ini akan menyajikan beberapa perangkat lunak pemrosesan video dari banyak perangkat lunak yang tersedia di pasar, baik lisensi gratis atau lisensi berbayar termasuk pra-instal (diinstal pada sistem operasi secara default) dan sebagai bonus kecil menyajikan beberapa ulasan tentang Jenis Video Mengedit Perangkat Lunak untuk perangkat seluler (smartphone), mengikuti ulasannya:
Macam Software Editing Video PC dan Smartphone


Software Editing Video Gratis (Free Video Editing Software)

1. Lightworks

Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur pemrosesan video dasar, ternyata beberapa film produksi profesional ada yang menggunakan aplikasi ini lho, seperti film The King's Speech dan Road to Perdition. Namun, aplikasi ini cukup sederhana, untuk pengguna pemula tidak perlu lama (untuk begadang semalaman) untuk belajar menggunakan aplikasi ini. Sesuai dengan slogan "editor profesional untuk semua orang", Lightworks benar-benar dapat diperoleh oleh siapa pun secara gratis, benar-benar gratis, selain siapa pun dapat dengan mudah (meskipun "mudah" itu relatif) dalam mempelajari penggunaannya.

2. Editor Video VideoPad

Aplikasi ini sederhana, meskipun fitur yang tidak selengkap Lightworks, itu masih memenuhi syarat untuk mengedit video yang setara profesional sekalipun, dengan aplikasi ini pengguna dapat memproses video pada Hard Disk Drive, atau merekam video menggunakan camcorder yang terhubung ke komputer. Antarmuka yang sederhana membuat aplikasi ini menjadi pilihan pembuat konten untuk memproses video sederhana tetapi dengan hasil yang profesional.

3. Shotcut

Aplikasi ini tidak kalah sederhananya dengan VideoPad Video Editor, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan video profesional, kelebihan lain dari aplikasi ini adalah multi-platform, ada versi untuk sistem operasi Windows dan juga sistem operasi Linux walaupun ada sedikit perbedaan antarmuka jika aplikasi diinstal pada sistem operasi linux dengan sistem operasi windows, itu adil (menurut saya) karena Lingkungan Desktop dari dua sistem operasi juga berbeda, Windows menggunakan Desktop Environment Aero Desktop sementara Linux lainnya (Lubuntu menggunakan LXDE, KUBUNTU menggunakan KDE , Linux Mint menggunakan Cinnamon atau mungkin versi saat ini berbeda).

Software Pengolah Video Pre-Installed

1. iMovie

Aplikasi ini sebenarnya adalah kategori gratis, tetapi sesuai namanya (dengan awalan kecil i "i" yang identik dengan produk Apple seperti iOS, iPad, iPhone, dll.), Aplikasi ini didedikasikan untuk paket pengguna MacOS (Macintosh Operating System) di setiap produk Mac baru. Aplikasi ini memang sangat sangat berkualitas untuk editing video, produk Apple terkenal dengan kehandalannya dalam multimedia (terutama tampilan), saya pribadi sering membandingkan laptop (merek selain Apple) dengan kualitas tampilan yang dianggap baik dengan laptop Apple (MacBook Air). dan MacBookPro), memang perbedaannya sangat jauh (menurut saya). Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengguna dapat mulai mengedit pada perangkat iPad atau iPhone dan menyelesaikannya (rendering) di Mac

2. Windows Movie Maker

Seperti halnya iMovie, aplikasi ini juga gratis tetapi aplikasi ini dikhususkan untuk pengguna sistem operasi Windows, di era Windows XP (SP3) aplikasi ini telah dibundel dalam sistem operasi, tetapi sejak Windows 7 aplikasi ini dihapus karena dibangun -di aplikasi termasuk Windows 10, tetapi bagi Anda yang ingin menggunakannya, Anda dapat mengunduhnya secara terpisah dari situs resmi Microsoft (Windows Movie Maker pernah menjadi bagian dari paket Windows Live, tetapi saat ini dapat diunduh secara terpisah). Aplikasi ini adalah favorit saya karena sangat sederhana, mendukung pemrosesan dengan gambar, lagu (musik) dan video dengan drag-and-drop, menambahkan efek transisi, triming up untuk mengunggah editing ke Youtube dan Facebook.

Software Pengolah Video Berbayar (Paid Video Editing Software)

1. AVS Video Editor

AVS Video Editor adalah aplikasi Favorit saya karena mudah digunakan, video berkualitas baik (profesional), kaya fitur (transisi, efek video, suara, dukungan video blue-ray, multi-bahasa), mendukung berbagai format, serta pembagian yang mudah (langsung unggah media sosial Facebook, Flick dan MySpace). Pengembang aplikasi ini adalah Online Media Technologies, aplikasi ini juga memiliki aplikasi pendukung seperti perekam video dan sebagainya. Sayangnya aplikasi baru ini tersedia untuk pengguna Sistem Operasi Windows.

2. Adobe Premiere Pro

Aplikasi ini adalah output Adobe, Adobe sudah sangat terkenal dengan produk multimedianya (selain mendukung produk untuk pemrograman) seperti Photoshop untuk mengolah foto, Flash untuk animasi 2 dimensi dan banyak lagi. Adobe Premiere tersedia untuk pengguna Sistem Operasi Windows dan Sistem Operasi Macintosh (Apple). Aplikasi ini banyak digunakan oleh industri televisi (home production) untuk menghasilkan video berkualitas profesional dengan banyak variasi, untuk memberi efek pada video, Adobe menawarkan produk lain bernama After Effects yang dapat diintegrasikan dengan Premiere.

3. Final Cut Pro

Jika AVS Video Editor baru dapat digunakan pada platform Windows (sistem operasi), maka Final Cut Pro mengkhususkan untuk digunakan oleh komputer Mac. Tahukah Anda bahwa beberapa film seperti The Social Network dan The Girl with the Dragon Tatto dibuat dengan bantuan aplikasi ini? Ya, jika Anda adalah seorang pembuat film yang menggunakan komputer Mac, maka Final Cut Pro adalah pilihan terbaik untuk Anda.

Software Pengolah Video untuk Perangkat Mobile
Perangkat mobile sekarang hampir setara dengan komputer (PC) dalam hal fitur, sebut saja smartphone dengan sistem operasi Android yang saat ini mendominasi pasar smartphone mengalahkan popularitas iOS, Windows Phone, dan sistem operasi seluler lainnya (dalam hal jumlah pengguna), ponsel pintar kini dapat digunakan untuk aktivitas pengeditan video, daftar aplikasi gratis dan berbayar berikut untuk ponsel cerdas:


  • FilmoraGo
  • Viddy
  • AndoVid Video Editor
  • Andromedia Video Editor
  • Video Maker Pro
  • VidTrim Pro

Dan masih banyak lagi, meskipun kita bisa melakukan editing video di smartphone, tetapi keterbatasan seperti dimensi (ukuran) layar menajdi kendala tersendiri dalam aktivitas editing sehingga video pada smartphone umumnya hanya dilakukan untuk pengeditan sederhana saja.

Demikian pula, informasi tentang jenis perangkat lunak pemrosesan video yang berhasil dikumpulkan, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan referensi Anda.