17 Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Windows Phone

17 Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Windows Phone
17 Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Windows Phone
Ponsel pintar saat ini telah mendominasi dunia seluler. Tidak aneh karena dengan semua kecanggihan fitur dan aplikasi yang tertanam di dalamnya, smartphone telah jauh melebihi harapan yang diharapkan dari alat komunikasi. Ruang lingkup kerja smartphone bahkan telah menutupi pemenuhan kebutuhan pengguna sehari-hari, termasuk dalam hal hiburan. Bukan hanya sebagai alat komunikasi lagi.

Seperti yang kita ketahui, ada tiga sistem operasi (OS) smartphone di dunia yang bersaing dengan semua kelebihan yang ditawarkannya, sistem operasi iOS dari Apple, Android dari Google, dan Windows Phone dari Microsoft. Smartphone dengan sistem operasi Android adalah yang paling banyak digunakan di pasar. Bahkan, orang sering mengidentifikasi smartphone sebagai Android. Namun sebenarnya sistem operasi lain seperti Windows Phone tidak kalah hebat dengan OS Android.
17 Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Operasi Windows Phone

Tidak seperti iOS dari apel secara eksklusif dengan harga jual yang cukup mahal, ponsel pintar dengan Windows Phone dapat diperoleh dengan harga yang kompetitif dan dengan berbagai keunggulan yang membuatnya lebih unggul daripada OS Android. Berikut ini akan menguraikan manfaat dari Windows Phone.

Kelebihan Windows Phone

1. Fitur Cortana

Cortana adalah asisten virtual yang hanya Anda temui di Windows Phone. Anda mungkin cukup akrab dengan Google Now dari Android atau Siri dari iOS. Cortana pada klaim lebih unggul dari dua assitents virtual. Google Asisten atau Siri hanya akan menjawab perintah suara Anda dengan memberikan hasil mesin pencari, tetapi Cortana akan langsung memberikan jawaban akurat dari perintah suara Anda.

Cortana bahkan dapat dipesan untuk mengisi daya baterai ponsel, dan memesan pizza domino. Virtual asistent juga bisa menjadi 'teman' Anda yang akan membaca berita, bernyanyi, untuk memprediksi hasil dari permainan untuk Anda. Keren bukan?

2. Fitur Hub Sosial

Sama seperti Cortana, Anda juga hanya bisa mendapatkan fitur ini di Windows Phone. Dengan fitur hub sosial ini, Anda dapat melakukan panggilan, mengirim email, dan melihat pembaruan sosial (facebook, twitter, linkendIn) orang-orang dalam daftar kontak Anda. Jadi Anda tidak perlu repot membuka banyak aplikasi untuk melakukannya, hanya perlu membuka satu aplikasi saja. Sangat efisien menurut saya.

Anda dapat mengatur dalam daftar kontak Anda siapa saja yang ingin pembaruan sosial muncul, dan pembaruan sosial apa yang ditimbulkannya. Anda juga dapat memperbaiki pembaruan, Anda dapat memilih informasi yang benar-benar ingin Anda lihat.

3. Tampilan Live Tiles

Windows Phone menggunakan antarmuka Lives Tiles yang menjadi ciri khasnya. Ubin tampilan Lives dalam bentuk kotak yang berisi informasi aplikasi untuk membuat homescreen Windows Phone terlihat dinamis, informatif, dan keren. Anda dapat mengatur ukuran ubin hidup ini sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Selain itu, apa yang ditampilkan di ubin langsung juga dapat dipilih.

4.  User interface Unik

Windows Phone memiliki Antarmuka Pengguna yang berbeda dari iOS atau android (Android UI sebenarnya sangat mirip dengan iOS). Tampilan antarmuka Windows Phone terkesan sangat simpel namun nyaman untuk digunakan. Antarmuka ponsel windows juga sangat responsif. Keuntungan lain tentang antarmuka, jika Anda menggunakan PC / Laptop dengan Sistem Operasi Windows, Anda akan merasa nyaman dan terbiasa saat menggunakan ponsel Windows.

5. Fitur Live Lock Screen

Anda dapat menyesuaikan pada Kunci Layar atau tombol Windows Phone 8.1 dan tombol atas. Memang Anda juga bisa melakukannya di Android, tetapi terbatas pada beberapa aplikasi saja. Dengan fitur Live Lock Screen Di Windows Phone, Anda dapat mengatur layar kunci sehingga bahkan ketika layar terkunci Anda dapat melihat album foto baik dari facebook atau reddit. Anda bahkan dapat melihat ramalan cuaca.

6. Hemat daya

Meskipun menggunakan antarmuka Dynamic Lives Tiles, Windows Phone tetap hemat daya. Fitur penghemat baterai yang dimiliki oleh Windows Phone juga lebih efisien daripada fitur serupa di android. Fitur ini akan secara otomatis mematikan aplikasi dan bacground yang tidak digunakan, sehingga penggunaan baterai lebih efisien. Selain itu fitur ini juga menampilkan perkiraan daya baterai.

7. Booting lebih cepat

Dibandingkan dengan perangkat Android atau iOS, waktu yang dibutuhkan untuk memulai Windows Phone relatif lebih cepat. Waktu booting Windows Phone hanya sekitar 8 detik, sementara Android atau iOS membutuhkan waktu sekitar 30 detik untuk boot.

8. Keamanan lebih baik

Karena tidak open source seperti android, keamanan Windows Phone lebih aman. Tidak rentan terhadap penyisipan malware. Selain itu, keamanan sistem Operasi Windows Phone sendiri sangat bagus. Hingga saat ini, Windows Phone mengklaim sebagai smartphone keamanan terbaik.

9. Aplikasi khusus

Beberapa aplikasi khusus seperti XBOx hanya akan tersedia di Windows Phone. Jadi jika Anda penggemar game XBOX, Anda akan merasa dimanjakan saat menggunakan smartphone Lumia dengan Windows Phone os. Selain itu masih ada beberapa aplikasi lain yang hanya bisa Anda dapatkan dari Lumia, seperti Lumia Selfie dan Lumia panorama.

10. Built in Microsoft Office

Microsoft Office adalah aplikasi pengeditan kata dan angka yang sangat umum digunakan. Memang Anda juga bisa mendapatkannya di android, tetapi di Windows Phone, aplikasi ini adalah aplikasi bawaan, bukan aplikasi default. Sehingga yang di gunakan dan fitur yang dimilikinya akan lebih baik, lebih kaya, dan lebih responsif.

Kekurangan Windows Phone
Dengan berbagai keunggulan yang telah disebutkan di atas, Windows Phone sangat direkomendasikan untuk digunakan. Namun, tentu saja Android dan iOS memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Windows Phone. Inilah kelemahan Windows Phone dibandingkan dengan Android atau iOS.


  1. Ketersediaan aplikasi pada windows phone bisa dibilang minim.Android memiliki jauh lebih banyak pilihan aplikasi yang bisa anda dapatkan pada marketplacenya. Bukan hal yang aneh, mengingat Android berfifat open source. 
  2. Satu lagi kekurangan Windows Phone karena tidak bersifat open source adalah, kebanyakan aplikasi pada marketplacenya berbayar. Anda diharuskan membli lisensi aplikasi untuk bisa memasangnya. Tidak seperti pada Android yang kebanyakan aplikasinya dapat diunduh secara gratis.
  3. Windows Phone juga tidak mendukung marketplace pihak ketiga. Sehingga jika ingin mengunduh aplikasi, anda mau tidak mau harus mengunduhnya dari Microsoft.
  4. Banyak fitur aplikasi pihak ketiga, seperti BBM dipangkas fitur-fiturnya. Hal ini disebabkan terlalu ketatnya Microsoft, sehingga vendor aplikasi tersebut tidak bisa banyak bereksperimen.
  5. Untuk tampilan, anda tidak akan bisa melakukan banyak kustomisasi, selain warna dan ukuran Tile. Misalkan wallpaper, anda tidak bisa menggantinya dengan foto anda seperti pada android.
  6. Mengenai Koneksi, pada windows phone 8 kebawah tidak support Bluetooth (baca: fungsi bluetooth pada komputer). Selain itu untuk dapat menghubungkan smartphone anda ke PC/ Laptop, anda harus menginstall Zune terlebih dahulu.
  7. Terakhir, seperti yang telah kita ketahui, penggunaan Windows Phone kalah populer dibandingkan dengan android. Pengguna Windows Phone hanya 3% dari pengguna smartphone di dunia.

Sekian artikel tentang kelebihan dan kekurangan Windows Phone ini. Windows Phone memiliki banyak kelebihan seperti fitur Cortana, Lives Tiles, Social Hub, booting lebih cepat, penghematan daya, dan keamanan yang lebih aman. Tetapi Windows Phone juga memiliki kelemahan, karena tidak open source. Sehingga aplikasi ini tidak sebanyak android, dan paling berbayar.

Semoga artikel ini bisa memberi Anda informasi yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya jika menurut Anda artikel ini bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa membaca kelebihan dan kekurangan OS Android. Itu saja dan terima kasih.