18 Kelebihan dan Kekurangan Opera Browser

18 Kelebihan dan Kekurangan Opera Browser
18 Kelebihan dan Kekurangan Opera Browser
Opera Browser adalah salah satu browser web yang cukup populer di kalangan pengguna internet di Indonesia dan di dunia. Browser Opera adalah browser web yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Opera, dan faktanya Opera Browser adalah browser yang memiliki rating tertinggi di antara browser lainnya. Browser Opera adalah browser terbaik dan telah menjadi favorit bagi pengguna.

Selain komputer dan desktop, kami juga memiliki browser web yang disebut opera mini dan juga opera seluler, yang merupakan versi sederhana dan sederhana dari Opera Browser untuk kepentingan ponsel pintar dan ponsel. Opera Browser memiliki banyak kelebihan, sehingga membuat browser web yang satu ini banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Berikut ini beberapa kelebihan dan juga keunggulan Opera Browser.
Kelebihan dan Kekurangan Opera Browser


Kelebihan dari Browser Opera

1. Resource memory yang kecil, sehingga ringan dan lebih cepat saat melakukan startup

Browser Opera adalah salah satu browser dengan sumber daya yang sangat ringan. Mirip dengan Google Chrome, Opera menawarkan pengalaman Internet dengan proses startup yang cepat, serta konsumsi memori yang lebih kecil dibandingkan dengan beberapa jenis browser lainnya.

Sangat cocok untuk diterapkan dan dipasang pada komputer dengan spesifikasi rendah, termasuk juga sangat cocok untuk diterapkan pada ponsel yang tidak menggunakan platform java atau yang tidak menggunakan sistem operasi. Dengan kelebihan yang satu ini tidak akan mengganggu kinerja komputer yang memiliki spesifikasi rendah, termasuk komputer RAM.

2. Memiliki opsi untuk menggunakan bahasa Indonesia, dengan kosa kata yang cukup baik

Opera Browser memiliki kelebihan bagi Anda yang tidak bisa mengerti bahasa Inggris dengan baik. Browser Opera memiliki pilihan untuk menggunakan bahasa Indonesia dalam pemilihan menunya, sehingga pengguna tidak perlu bingung tentang arti dari setiap menu yang terdapat di dalam opera browser.

3. Memiliki kecepatan loading dan render cepat dibandingkan dengan browser lain

Salah satu keistimewaan yang dioperasikan oleh mini opera adalah kecepatan pemrosesan situs cepat, rendering dan pemuatan. Dibandingkan browser lain, Opera Mini adalah salah satu peramban tercepat, dan memiliki peringkat tertinggi dalam hal utilitas dan fungsionalitas dibandingkan dengan peramban lain.

4. Memiliki fitur keamanan yang lengkap

Bagi Anda yang membutuhkan rasa aman saat browsing dan berselancar di internet, maka pengguna dapat menggunakan Opera Browser. Opera Browser memiliki banyak fitur keamanan, termasuk dan terlindung dari virus dan malware yang juga memiliki manajemen penggunaan data yang dapat dikelola.

Pengguna dapat mengatur apakah Anda akan memuat semua halaman situs atau tidak dengan menggunakan Browser Opera. Ini juga dapat menjaga keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk browsing serta data terkait.

5. Terintegrasi dengan IRC (Internet Relay Chat)

Browser Opera juga merpakan salah satu browser yang terintegrasi dengan fitur obrolan populer untuk digunakan.

6. Terintegrasi dengan RSS Reader

Untuk pengguna yang sering mencari informasi dari situs portal berita dan juga blog rekan dan rekan, maka opera browser adalah pilihan yang tepat. Browser Opera memiliki fitur integrasi ke pembaca RSS. Dengan begitu, Anda bisa membaca berita dan headline dengan cepat juga dengan mudah, tanpa perlu repot membuka situs dan juga menghubungkan portal berita atau blog.

7. Terintegrasi dengan server dan situs Bit Torrent

Bagi Anda yang suka mengunduh konten, mungkin Anda sering menggunakan server bit torrent untuk melakukan proses pengunduhan. Browser Opera memiliki fitur yang terintegrasi dengan server Bit Torrent. Anda tidak perlu repot masuk ke situs, dan mengunduh dari situs, karena Anda dapat melakukannya hanya dengan menggunakan Opera Browser.

8. Proses pemblokiran situs lebih mudah dan juga praktis

Apakah Anda ingin memblokir situs yang menurut Anda sangat mengganggu dan tidak pantas? Opera dapat melakukannya dengan satu klik. Proses pemblokiran pada halaman situs web dan situs web menjadi sangat mudah dengan menggunakan browser opera. Anda hanya perlu mengklik kanan pada halaman yang ingin Anda blokir, lalu pilih apakah memblokir halaman ini.

9. Memiliki add-on tambahan mesin pencari populer

Mesin pencari adalah salah satu perangkat lunak paling populer yang digunakan. Mesin pencari digunakan untuk mencari berbagai informasi dan konten di internet. Opera Browser juga menyediakan opsi add ons search engine yang akan digunakan oleh usernya, mulai dari Google, Bing, dan juga Yahoo secara default.

10. Fitur perlindungan anti penipuan

Anti penipuan adalah fitur lain yang berguna di Opea Browser. Anti Fraud Protection memungkinkan Opera Browser untuk mencegah pembajakan data pribadi dan pengguna Anda, seperti nama, alamat, nomor telepon, nomor kartu identitas, nomor kartu kredit, dan sebagainya. Jadi Opera opera adalah salah satu browser paling aman untuk transaksi yang Anda lakukan, trutama menggunakan kartu kredit dan rekening bank.

11. Ada fitur pemulihan sesi

Ketika Opera Browser Anda mengeluarkan masalah, seperti crash dan hang, maka Anda tidak perlu khawatir situs yang Anda buka akan hilang. Opera Browser memiliki fitur Restore Session, yang akan menampilkan situs terakhir yang Anda kunjungi sebelum Opera Browse jatuh.

12. Fitur speed dial untuk situs web favorit Anda

Tidak perlu repot repot untuk masuk ke halaman situs favorit Anda. Opera Browser memiliki fitur panggilan cepat. Fitur Speed ​​Dial akan menampilkan halaman-halaman situs dan situs web yang menjadi favorit Anda. Anda cukup mengklik halaman pada panggilan cepat, dan opera akan menampilkan situs untuk Anda. sangat praktis dan sangat membantu bagi anda yang sering berkunjung ke suatu situs.

13. Memiliki komunitas sendiri untuk pemecahan masalah dan diskusi

Terkadang dukungan untuk perangkat lunak diperlukan, terutama dari penggunaan wijen. Browser Opera adalah salah satu browser yang memiliki jaringan kompunitas yang luas. Anda dapat mencari pemecahan masalah atau pemecahan masalah dengan berdiskusi dengan sesama pengguna opera di Indonesia tentunya.

14. Multi platform, dapat digunakan di ponsel apa pun dalam bentuk opera mini dan juga opera seluler
Browser Opera adalah salah satu browser paling legendaris. Dari era ponsel yang tidak menggunakan OS, seperti ponsel Nokia dan Sony Ericsson di era 2000-an, Opera sudah mendukung mobile browser dengan nama Opera Mini dan Opera Mobile.

Browser Opera adalah salah satu browser, dan mungkin satu-satunya browser yang sangat ramah untuk berbagai platform, mulai dari sistem operasi di desktop, smartphone, bahkan ke ponsel biasa yang sama sekali tidak memiliki sistem operasi.

Kekurangan dari Browser Opera
Meskipun memiliki banyak kelebihan dan juga keunggulan, namun demikian, nyatanya Opera Browser jga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan dari Opera Browser? Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari Opera Browser :


  1. Tidak daoat melihat info halaman yang sedang diakses
  2. Tidak dapat merubah shortcut key
  3. Tidak dapat menghilangkan efek visual pada situs
  4. Terkadang, apabila jumlah history dan juga bookmark terlalu banyak, menjadi agak sedikit lambat