20 Aplikasi Pembuat Desain Stiker di HP Android dan PC

Membuat stiker sangat mudah - sangat mudah karena saya punya banyak aplikasi yang memudahkan Anda membuat stiker, baik secara instan (desain template sudah disediakan) atau rumit (dirancang sendiri dari awal).

Pengertian Stiker

Stiker adalah gambar yang kaku, awalnya mungkin itulah yang saya pahami tentang stiker, tetapi seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, istilah stiker tidak hanya digunakan dalam produk fisik tetapi juga dalam produk digital.
20 Aplikasi Pembuat Desain Stiker di HP Android dan PC


Jenis jenis Stiker

1. Stiker tempel yang di cetak

Ini adalah jenis stiker konvensional, "gambar lengket" mungkin begitu saya menyebutnya, desain grafis di cetak berikutnya pada kertas khusus sebelum didistribusikan, target distribusi media fisik seperti pada kaca depan mobil, sampul buku, Dan seterusnya.

2.  Stiker digital (biasanya di gunakan pada IM, Instant Messenger)

Inilah yang saya sebut penggunaan istilah stiker pada media non-fisik atau lebih tepatnya media digital, Anda tentu tidak asing dengan stiker BBM atau LINE, bahkan masih banyak IM yang menyediakan fitur stiker pada aplikasi.

Bahkan BlackBerry Messenger dan LINE Messenger memungkinkan pengguna untuk membuat stiker mereka sendiri untuk menuangkan kreativitas pengguna mereka, tetapi tetap saja, untuk membuat pengguna stiker harus menggunakan perangkat lunak grafis.

Perbedaannya adalah, stiker digital tidak perlu dicetak untuk didistribusikan, tetapi distribusi target juga merupakan media digital, biasanya ditambahkan ke IM sebagai fitur, berbeda dari ikon atau emotikon, stiker pada ukuran IM yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi.

Aplikasi Asli (diinstal di Komputer)

Aplikasi ini mengharuskan pengguna untuk menginstalnya pada komputer dengan sistem operasi tertentu tergantung pada dukungan, sistem operasi pada komputer umum yang digunakan adalah Windows, Linux, dan Mac.

Aplikasi pemrosesan bitmap / raster komersial (berbayar)

Beberapa contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat stiker ini dibayar, yang berarti bahwa pengguna diminta untuk membeli lisensi untuk menggunakannya secara legal, jika pengguna menggunakan perangkat lunak secara penuh tetapi tidak secara legal membeli lisensi yang berarti dia telah menggunakan "bajakan" " aplikasi. (Baca juga: Miscellaneous Multimedia Software)

1. Adobe Photoshop

Aplikasi pemrosesan bitmap / raster ini sudah sangat terkenal di kalangan desainer grafis profesional dan amatir, baik yang mahir dan pemula, juga topping 10 editor foto teratas di banyak ulasan oleh situs web terkemuka.

Aplikasi ini kaya fitur sehingga dimungkinkan untuk digunakan untuk menghasilkan berbagai macam produk grafis termasuk stiker, dengan Photoshop Anda dapat membuat stiker ukuran besar (dimensi) dengan resolusi tinggi dan Anda dapat mengekspor ke berbagai format gambar.

Aplikasi ini juga (sepengetahuan saya) tampaknya sudah menjadi standar bagi perusahaan yang bergerak di bidang grafis (sebut saja foto atau studio cetak), terutama untuk mengedit foto, tapi tentu saja karena aplikasi ini adalah aplikasi komersial (berbayar), Anda harus membeli lisensi untuk dapat menggunakan aplikasi ini secara bebas (versi lengkap) dan legal.

2. Corel PhotoPaint

Corel PhotoPaint sebenarnya bagian dari aplikasi CorelDRAW (kita akan membahasnya di poin berikutnya), dan memang sebagai nama Corel PhotoPaint ditujukan untuk pengguna yang berniat memanipulasi foto (bitmap / raster) ketika menggunakan CorelDRAW, karena memanipulasi foto tidak dapat dilakukan secara optimal oleh CorelDRAW, maka Corel PhotoPaint disertakan dalam paket instalasi CorelDRAW.

Meskipun Corel PhotoPaint masih dapat diandalkan seperti Phostoshop (tapi tentu saja tidak selengkap Photoshop), untuk membuat foto stiker Corel PhotoPaint memiliki fitur yang kuat, selain terintegrasi langsung dengan CorelDRAW, Corel PhotoPaint juga dapat dijalankan secara mandiri.

3. Corel PaintShop Pro

Jika Anda pernah menggunakan Corel PhotoPaint, antarmuka Corel PaintShop Pro akan sangat akrab, saya belum menemukan penjelasan resmi dari pengembang (Corel Corp) tetapi saya rasa Corel PaintShop Pro adalah versi Pro Corel PhotoPaint.

Masalah fitur tentu saja tidak perlu dipertanyakan lagi, Corel Corp tampaknya khusus dalam mengembangkan perangkat lunak untuk kebutuhan multimedia, sehingga Corel PaintShop Pro telah dilengkapi dengan segudang fitur untuk memudahkan dalam membuat desain grafis termasuk desain stiker.

Aplikasi pengolah bitmap gratis (freeware, beberapa bahkan open source)

4. GIMP

GIMP tidak pernah di gadang-gadang sebagai saingan (rival) Adobe Photoshop, tentu saja sangat "berani" mengingat reputasi Photoshop sebagai aplikasi komersial yang dibuat oleh Adobe Corp sedangkan GIMP adalah aplikasi gratis (freeware).

Namun, ketika Anda mencobanya, klaim tersebut bukan hanya omong kosong, bagi pecinta aplikasi gratis, GIMP benar-benar dapat mengandalkan pembuatan desain grafis yang hasilnya bersaing dengan hasil manipulasi dengan Photoshop, tetapi faktor pengguna tentu sangat menentukan.

5. Paint .NET

Mendengar nama aplikasi "Paint" awalnya saya sedikit di bawah perkiraan, karena saya langsung teringat aplikasi Windows bawaan dengan nama "Paint" yang memiliki fitur yang sangat terbatas (meskipun sistem operasi Windows 10 memiliki banyak kemajuan ).

Paint .NET dilengkapi dengan fitur-fitur yang jauh dari rating "Paint" saya, sambil menjaga antarmuka sederhana seperti Windows built-in Paint, fitur-fitur yang tersedia sangat lengkap untuk kegiatan manipulasi gambar termasuk desain stiker.

Aplikasi pemrosesan vektor komersial (berbayar)

6. CorelDRAW

Perangkat lunak ini sangat populer dan merupakan perangkat lunak favorit saya untuk memproses grafik vektor, dalam beberapa industri grafis juga kemampuan untuk menggunakan CorelDRAW menjadi salah satu persyaratan bagi karyawannya (terutama dalam desain).

7. Adobe Illustrator

Adobe memang terdepan dalam memproduksi perangkat lunak multimedia (sebenarnya perangkat lunak untuk pengembang ada, seperti Dreamweaver), Adobe Illustrator adalah perangkat lunak yang dimaksudkan untuk memproses grafik vektor seperti CorelDRAW.

Aplikasi pemrosesan vektor gratis (freeware, beberapa bahkan open source)

8. InkScape

Perangkat lunak ini (katanya) saingan CorelDRAW, artikel perangkat lunak ini memiliki fitur yang umumnya sama dengan CorelDRAW (beberapa lebih baik dari CorelDRAW) dan yang paling penting adalah perangkat lunak ini gratis.

9.Affinity Designer

Perangkat lunak ini gratis, tetapi cukup berkualitas untuk menghasilkan berbagai produk grafis, untuk menciptakan desain stiker, Affinity Designer dilengkapi dengan fitur-fitur hebat, tetapi sayangnya Affinity Designer saat ini dalam versi beta dan hanya tersedia untuk platform Mac.

10. DrawPlus

DrawPlus sebenarnya adalah perangkat lunak komersial, tetapi pengembang perangkat lunak ini menyediakan versi gratis untuk DrawPlus dengan nama DrawPlus Gratis, berbeda dari versi uji coba, versi gratis benar-benar gratis dan tidak dibatasi oleh periode tertentu selama produk tersebut masih didukung oleh " pengembang ".

Di dunia industri multimedia (grafis), software ini cukup diperhitungkan karena produk yang dihasilkan oleh perangkat lunak ini umumnya memiliki kualitas bersaing dengan produk yang dihasilkan oleh Photoshop (Photoshop tampaknya menjadi referensi / standar dalam industri grafis).

Untuk membuat desain stiker, perangkat lunak ini telah dilengkapi dengan berbagai template menarik yang menggambarkan berbagai objek seperti bangunan, kendaraan, dan lain sebagainya. Gambar yang dihasilkan memenuhi standar pencetakan (terutama pencetakan stiker).

11. Vektor

Perangkat lunak ini tersedia dalam berbagai dukungan platform, baik online (berbasis web) atau desktop (Windows, Linux) dan Mac serta Chromebook, fitur ini sangat berkualitas untuk digunakan dalam pembuatan ikon, grafis web, termasuk stiker.

13. Krita

Krita dalam klaim telah dikembangkan selama 10 tahun, software gratis dan open source ini dilengkapi dengan berbagai fitur menarik termasuk brush yang cocok untuk berbagai bidang pekerjaan, selain itu grafis yang dihasilkan kompatibel dengan berbagai jenis perangkat.

14. PaintTool SAI

Perangkat lunak ini secara umum sangat populer di kalangan desainer grafis Indonesia, dan dianggap sebagai alternatif terbaik untuk Photoshop, selain itu perangkat lunak bebas ini juga menyediakan versi portabel (tanpa pemasangan) dan hasil grafis anak muda Indonesia yang menggunakan perangkat lunak ini dengan benar - benar-benar bersaing dengan grafis yang menggunakan Photoshop.

15. Xara 3D

Ingin membuat desain 3 dimensi untuk stiker Anda menggunakan perangkat lunak "sederhana"? Xara 3D mungkin solusinya, dibandingkan dengan blender tentu Xara 3D lebih sederhana karena Xara 3D dirancang khusus untuk membuat desain 3 dimensi, bukan animasi 3 dimensi.

Aplikasi berbasis web (online, membutuhkan koneksi internet)

16. Sculptris

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, Anda harus mengakses situs web dan tentu saja memiliki akses internet yang berkualitas, Anda dapat langsung membuat desain stiker Anda dan menyimpannya ke dalam berbagai format file, tetapi biasanya browser web Anda harus memiliki plugin Adobe Flash Player.

17. SumoPaint

Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk keperluan pembuatan produk grafis termasuk stiker, SumoPaint yang dapat Anda gunakan secara gratis tetapi ada juga versi berbayar, dengan lebih banyak fitur tentu saja, untuk menjalankan software ini di Adobe Flash Player yang diperlukan di web browser.

18. SVG-Edit

SVG-Edit adalah perangkat lunak dengan fitur minimal, untuk Anda yang tidak membutuhkan desain yang rumit, software ini dapat menjadi pilihan terbaik, hanya saja Anda harus cukup puas dengan output yang dihasilkan karena sesuai dengan namanya, software ini hanya mendukung Format SVG.

19. Visualize

Perangkat lunak ini sangat cocok untuk membuat stiker dengan desain infografis dengan menyoroti aspek visual ekspresi seseorang, perangkat lunak ini gratis tetapi memiliki banyak fitur terutama template.

Aplikasi berbasis Mobile

20. Pixlr

Pixlr mengklaim sebagai "editor foto online paling populer di dunia", dan itu bukan tanpa alasan, karena perkembangan perangkat komunikasi, editor foto tidak hanya digunakan pada komputer, tetapi juga pada smartphone. (Baca juga: Cara Melihat Spesifikasi Komputer, Perangkat Keras Jaringan Komputer)

Pixlr dapat digunakan pada smartphone dengan sistem operasi iOS atau Android, Pixlr menawarkan lebih dari 600 efek gambar, overlay, border, crop, dan ukuran, serta fitur lain yang jika dibandingkan dengan Photoshop, fitur hampir identik.

Membuat stiker dengan aplikasi ini akan sangat "mudah", Anda dapat menyimpannya ke dalam format JPG / JPEG dan mencetaknya dengan dimensi dan resolusi tinggi.

Demikianlah pembahasan aplikasi untuk membuat stiker, semoga apa yang terkandung dalam artikel sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menambah wawasan dan referensi tentang perkembangan teknologi, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel