20 Kelebihan dan Kekurangan, Kegunaan Serta Manfaat Adobe Photoshop

20 Kelebihan dan Kekurangan, Kegunaan Serta Manfaat Adobe Photoshop
20 Kelebihan dan Kekurangan, Kegunaan Serta Manfaat Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah salah satu perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan Adobe Systems. Aplikasi ini dikhususkan untuk menangani pengeditan foto atau gambar, seperti menambahkan efek dan sebagainya. Sejumlah besar perusahaan atau fotografer digital yang menggunakan aplikasi ini berkontribusi pada aplikasi terkenal ini sebagai pemimpin pasar dalam masalah pengeditan gambar. Dengan pembaruan aplikasi Adobe Software yang ditingkatkan, Adobe Phosotop kini lebih maju dengan beragam fitur, meskipun pada awalnya dirancang untuk hanya mengedit gambar berbasis kertas. Apa kelebihan dan kekurangan Photoshop sampai ia menjadi pemimpin pasar saat ini?

Tentang Adobe Photoshop

Sebelumnya mari kita bahas sekilas tentang Adobe Photoshop itu sendiri. Adobe Photoshop bersama dengan teman-teman lain seperti Adobe Lightroom, Adobe InDesign, dan sebagainya, adalah salah satu opsi pengeditan gambar profesional yang sangat memenuhi syarat untuk pekerjaan Anda sebagai fotografer profesional atau desainer, atau hanya hobi untuk mengedit-edit foto saja . Hingga saat ini, ada banyak jenis aplikasi Photoshop yang diproduksi oleh Adobe Systems, seperti Photoshop Express, Photoshop Elements, Photoshop Touch, dan lain sebagainya.

20 Kelebihan dan Kekurangan, Kegunaan Serta Manfaat Adobe Photoshop

Sejak awal dirilis pada 19 Februari 1990, atau sekitar 27 tahun yang lalu setelah diciptakan oleh Thomas dan John Knoll pada tahun 1988, Adobe Photoshop atau biasa disebut Photoshop sendiri telah merilis berbagai versi dengan fitur yang berbeda tetapi tren semakin dari rilis sebelumnya. . Sistem operasi yang memasarkan aplikasi ini adalah macOS dan Windows dalam arsitektur 32 bit atau 64 bit, jadi untuk para penggemar Linux mungkin tidak akan menemukan aplikasi Photoshop untuk mereka. Meski begitu, penggemar Linux masih bisa melakukan pengeditan foto dengan aplikasi lain.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Photoshop:

Kelebihan Adobe Photoshop

1. Ada banyak alat desain yang bisa digunakan

Adobe Photosop umumnya menawarkan berbagai alat pengeditan yang cocok untuk web atau perangkat. Penampilan awal relatif mudah dipelajari secara mandiri sehingga orang dapat dengan bebas mulai belajar mengedit foto mereka sendiri, meskipun paga sebelumnya mungkin membingungkan orang lain. Dengan alat pengeditan yang hebat, Anda dapat dengan mudah dan bebas membuat pengeditan foto secara bebas dan kreatif seperti yang Anda inginkan. (Baca juga: Fungsi Alat Freehand)

2. Sangat berguna untuk mengoreksi atau memanipulasi foto

Ada begitu banyak (bisa tidak terbatas, tergantung pada kreativitas Anda) jenis pengeditan atau manipulasi foto yang dapat Anda lakukan di Photoshop karena banyaknya alat yang tersedia. Apakah Anda ingin membuat satu gambar dengan tumpang tindih gambar lain, atau ingin menghapus warna tertentu dari gambar Anda untuk menghasilkan efek seleksi yang unik, atau manipulasi lain, segala sesuatu yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan Photoshop. (Baca juga: Aplikasi Membuat Stiker)

3. Dapat mengedit lebih dari sekedar foto

Dalam versi terbaru Photosop, Anda dapat menambahkan dan mengedit video menggunakan alat apa pun yang Anda inginkan agar video Anda terlihat lebih elegan. Anda dapat mengedit video dengan cepat dan atau di perjalanan.

4. Persediaan gambar default pada library yang mempermudah untuk melakukan proses manipulasi

Dalam beberapa kasus, dan mungkin ini sering terjadi, untuk membuat foto terlihat seperti apa yang ada di pikiran Anda, diperlukan beberapa gambar khusus untuk ditambahkan ke foto yang Anda edit. Menghadapi ini, sesuatu yang sering menjadi kendala adalah bahwa Anda harus menemukan foto yang sesuai di internet, atau di tempat lain sehingga Anda dapat menambahkannya ke gambar yang Anda edit. Ada pilihan lain, yaitu membuat sendiri, tetapi tentu saja ini akan memakan banyak waktu.

Nah, untuk mengatasi masalah di atas, Photoshop menyediakan pustaka gambar yang bisa Anda pilih untuk memamuu melakukan editing gambar, tanpa perlu menyita banyak waktu. Tapi memang, tidak semua gambar bisa tersedia karena keterbatasan ruang dan sebagainya. Tapi tetap, ini akan membantu Anda terutama jika Anda tidak perlu mencari ikon aneh.

5. Mampu digunakan untuk membuat tulisan dengan efek tertentu

Ketersediaan alat yang ada di Photoshop memungkinkan Anda untuk mengedit atau membuat posting dengan efek-efek tertentu. Misalnya, Photoshop dapat mengubah bentuk tulisan menjadi berbeda sesuai dengan kreativitas yang Anda miliki. Beberapa bentuk efek termasuk membuat tulisan Anda menjadi miring, tebal, atau bergaris bawah. Ini tentu sangat mudah jika Anda ingin membuat logo yang membutuhkan bentuk tulisan yang unik.

Selain kelebihan di atas, beberapa kelebihan Photoshop lainnya antara lain:


  1. Mampu digunakan untuk membuat tekstur dan material yang beragam dengan cepat
  2. Mampu digunakan untuk memproses file-file web menjadi lebih kecil atau dinamis dan lain sebagainya
  3. Mampu menghasilkan gambar dengan hasil yang memuaskan
  4. Memilki fasilitas untuk editing lebih lengkap di banding program serupa yang lain
  5. Editing efek tidak terbatas, meskipun sudah banyak efek yang di miliki namun bisa juga di tambah lagi.
  6. Penyimpanan dapat menggunakan berbagai format.
Kelemahan Adobe Photoshop


1. Hanya dapat membuat gambar statis

Kelemahan ini terutama terlihat dari versi Photoshop lama. Adobe Photoshop versi sebelumnya hanya dapat membuat gambar statis.

2. Harganya mahal

Sebenarnya ini termasuk sesuatu yang logis terjadi. Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Photosop, tentu harganya juga akan mahal. Namun bagi sebagian orang, harga yang ditawarkan terlalu tinggi sehingga bisa menjadi kekurangan tersendiri.

3. Membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi

Sebenarnya ini termasuk sesuatu yang logis terjadi. Dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh Photosop, tentu membutuhkan spesifikasi komputer yang juga tinggi. Tetapi bagi sebagian orang ini akan menghambat fleksibilitas dalam melakukan proses editing karena tidak dapat dilakukan pada komputer manapun, sehingga bisa menjadi kekurangan tersendiri.

4.  Layer bejibun

Terlalu banyak layer yang digunakan sehingga bisa membingunngkan pengguna, terutama yang masih awam dan tidak begitu mengerti tentang layer. Ini dapat menghambat pengoperasian Photoshop oleh orang awam.

5. Buat desain majalah atau browsur kurang baik

Kurang bisa diandalkan dalam membuat majalah atau brosur. Photoshop dapat digunakan untuk mendesain majalah atau brosur, tetapi dalam pembuatan majalah dan brosur hasilnya akan kurang bagus karena terlalu banyak menulis sedangkan Photosop tidak bisa sempurna dalam pembuatan paragraf karena tidak dirancang untuk melakukannya.

6. Ukuran file besar

Ukuran file penyimpanan membesar dengan jumlah lapisan yang digunakan. Dengan kata lain, semakin canggih proses pengeditan yang Anda lakukan, semakin besar ukuran file dari gambar yang diedit yang Anda hasilkan. Jika Anda memiliki jumlah penyimpanan yang terbatas, tentu saja itu akan menjadi kendala.

7. User interface berubah-ubah

Bagi sebagian orang, tampilan program atau antarmuka pengguna dapat membuat orang menjadi bingung dan harus menyesuaikan kembali terutama dengan pembaruan yang terus berbeda.

8. Update tapi bug masih ada

Tidak setiap pembaruan program benar-benar diperbaiki. Terkadang ada pembaruan yang belum pernah dirilis untuk menyelesaikan bug tertentu, tetapi bug tersebut muncul di komputer Anda. Sungguh menyebalkan?

Itulah beberapa kelebihdan dan kekurangan Photoshop yang dapat kamu ketahui. Photoshop memang merupakan salah satu program yang keren, akan tetapi perbaikan tetap akan selalu diperlukan untuk membuat Photoshop mempertahankan status market leader yang dimilikinya.